Dear Mental Illness Survivor, Please Jangan Pernah Menganggap Dirimu Gila. Kamu Hanya Sedang Berjuang Agar Mentalmu Sehat Kembali

Selalu berpikir positif, percayalah bahwa kamu tidak sendirian :)

Sebenarnya saat memikirkan topik ini, aku pikir ini terlalu berat atau mungkin terlalu sensitif buat beberapa pihak. Tapi aku mau menegaskan dan mau merubah pola pikir serta cara pandang masyarakat mengenai mental health yang biasa dikatakan jika kamu udah terganggu mental healthnya berarti kamu gila. Padahal kenyataannya kamu normal dan mental health terganggu itu normal.

Advertisement

Kenapa banyak orang yang berpikir demikian? Karena banyak banget masyarakat yang melihat orang yang sudah terganggu mentalnya itu orang gila, entah mereka yang sudah tidak memiliki niat untuk hidup berperilaku yang tidak seperti biasanya. Maka dari itu, aku mau memberi pemahaman kepada masyarakat agar mereka lebih terbuka bahwa mental health dan mental illness itu berbeda. Lebih tepatnya sangat berbeda konteksnya.

Tentu saja mental health itu berbeda dengan mental illness! Karena mental health itu kondisi ketika mental kita tentram, tenang, yang memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari kita. Namun ketika mental health kita terganggu, akan muncul berbagai gangguan mental health seperti stress, depresi, gangguan kecemasan, bipolar, ADHD (Attention Deficit and Hyperactivity Disorder), dan masih banyak lagi.

Seperti kata Fearne Cotton, seorang presenter televisi dan radio "Akan ada orang-orang baik di sekitarmu, jiwa baik yang ingin membantu. Bahkan ketika tampaknya mustahil untuk membuka mulut kita untuk mengeluarkan kesedihan dan keputusasaan—rasanya beban tidak bisa diatasi—kita harus."

Advertisement

Ketika kamu mengalami gangguan mental health, kamu tidak gila, melainkan kamu sedang dalam kondisi mental yang terganggu, terlalu banyak pikiran juga bisa menjadi salah satu akibat yang membuat batin kamu jadi terganggu dan merasa sangat tertekan, tapi percayalah semua orang pasti pernah mengalami hal ini!

Selalu berpikir positif, percayalah bahwa kamu tidak sendirian, dan juga ingat bahwa the storm will pass soon! dan teruslah berada di lingkaran pertemanan yang sehat, mereka yang mendukungmu dan berada di sisimu ketika kamu sedang merasa sedih, jadi kamu ga pernah merasa kesepian lagi!

Untuk semua yang sedang merasakan gangguan dalam mental healthnya, semangat ya! Kamu pasti bisa melewati itu semua! Semoga kamu selalu kuat dan berada dalam naungan Tuhan, ya!

Di sini aku mau bilang ke kalian, stop look behind and start look forward, because there's many good things will happen if you look forward to it! God Bless You!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE