Dalam hidup ini kau hanya ditugaskan oleh Tuhan untuk terus bermimpi. Sementara berhasil atau tidak, biar Tuhan yang menentukannya. Kau layak untuk mendapatkannya atau dialihkan dengan hal yang lebih baik apa yang sedang kau pikirkan. Terkadang kenyataannya memang jauh berbeda. Tapi percayalah, lelah itu hanya sebentar saja, dan bahagia selamanya akan kau dapatkan. Jangan katakan aku menyerah, walaupun tak mudah untuk kau jalani.

Jika harus merasakan apa yang sedang terjadi memang berat, kita telah mengerti dan memahami jika mewujudkan impian itu memang sulit. Bahkan terkadang, kamu harus dihadapkan dengan kenyataan yang berbeda dari yang kamu bayangkan sebelumnya. Wajar saja jika kamu merasa sedih dan kecewa.

Advertisement

Namun, jangan biarkan kekecewaanmu itu terus berlarut-larut kau tanamkan dalam diri. Bukankah buah impian itu justru akan semakin matang dan manis jika kamu mengerahkan tenagamu untuk meraihnya? Bukankah kau mengerti jika sesuatu itu memang harus ditanam dahulu, dirawat, dan menungu dalam waktu yang tak sebentar agar bisa dipanen?

Mengertilah, semua butuh proses dalam hidup, tak ada yang instan, tak ada yang mudah, dan tak ada yang di istimewakan Tuhan untuk mendapatkannya dengan mudah. Semua diuji dengan kemampuan yang ia miliki, dan setelah itu, barulah Tuhan member sebagaimana usaha yang telah ia jalani.

Tak perlu kau berburuk sangka jika Tuhan pilih kasih, Tuhan tidak adil. Semua orang merasaakan cobaan dan rintangan yang sama, bahkan lebih dahsyat dari apa yang kau rasakan, namun mereka tak pernah berkata jika mereka menyerah, mereka kalah, yang ada mereka makin tertantang untuk melewatinya dengan semangat pantang menyerah.

Advertisement

Jika hari ini kau belum berhasil, mungkin Tuhan masih memberimu kesempatan pada esok hari, dan seterusnya sampai kau mengerti jika semua butuh usaha, kerja keras, berdo’a dan barulah kau bisa menikmati bahagia yang sesungguhnya dalam hidup di dunia ini.

Jadi, Jangan pernah kau mengatakan kepada dirimu jika aku menyerah saja untuk melakukannya sebelum kau mencobanya, sebelum kau menjalaninya, dan sebelum nafasmu terhenti.

Lakukan hari ini dengan baik, maka esok akan kau temukan sesuatu yang baik pula. Bukankah Tuhan telah mengatakan, "Jika sesuatu yang dilakukan dengan cara yang baik, maka akan dibalas dengan kebaikan pula dari-Nya". Semoga saja tulisan ini dapat memberimu semangat saat hidup tak sesuai dengan harapan, terima kasih.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya