Jangan Takut Untuk Kuliah di Kota Besar, Toh Kamu Akan Mendapat Manfaat yang Jauh Lebih Banyak

Cocok dibaca buat kamu, yang masih ragu kuliah di kota besar.

Banyak mungkin dari kita menginginkan kehidupan dan suasana yang baru, apalagi bagi pelajar yang baru lulus SMA pasti di benaknya sangat ingin untuk merantau melanjutkan study-nya ke jenjang perguruan yang lebih tinggi. Namun tidak banyak dari mereka yang merasa takut berkuliah di kota besar. Apa lagi mereka yang berasal dari perkampungan tempat yang tidak seramai apa yang ingin dituju, rasa khawatir terharap pengeluaran yang besar, gaya hidup yang mahal dan penyesuaian yang butuh waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan.

Advertisement

Namun semua itu bisa disiasati dengan keinginan untuk menggapai cita-cita. Pada dasarnya kita di perantauaan berniat untuk menggapai cita-cita bukan untuk bergaya atau menghabiskan uang orangtua. Mungkin dari kita bisa mencari beasiswa, banyak tawaran-tawaran beasiswa yang dapat kita ambil untuk meringankan beban orang tua dan demi menggapai cita-cita. Dan masalah kedua, adaptasi. Intinya kita sebagai manusia adalah mahluk sosial, yang tidk bisa hidup sendiri jangan takut jangan malu untuk beradaptasi di kota besar. Mungkin awalnya kita sedikit heran atau takjub dengan perbedaan cara bergaul atau beradaptasi, terhadap lingkungan kita, namun dengan seiring waktu berjalan kita akan terbiasa dengan keadaan yang ada, semua itu butuh proses, ada yang membutuhkan waktu yang lama adapun yang cukup singkat, itu semua dari dirikita sendiri cara pembawaan terhadap lingkungan sekitar kita. Mungkin dari kalian ada yang membutuhkan tips atau cara-cara untuk beradaptadi di lingkungan kampus.


  1. Kenalilah lingkungan di sekitar kamu melalui program-program yang ditawarkan di kampus. Seperti : BEM, HM, dan lainnya.

  2. Jangan menjadi orang yang tertutup, selalulah membuka diri dari hal-hal yang positif.

  3. Mau terlibat dengan kegiatan-kegiatan kampus. Namun, jangan semuanya kamu ikutin, sehingga tidak mengganggu pelajaran.

  4. Carilah informasi sebanyak-banyaknya dengan cara bergaul dan bertanya kepada teman, senior dan alumni, bahkan dosen. Sebab, ada pepatah yang mengatakan “tak kenal maka tak sayang”.

Jadi untuk para sahabat di luar sana, yang masih takut atau kurang percaya diri untuk menggapai cita-citamu di kota besar, jangan takut jangan khawatir kamu tidak sendiri di luar sana. Banyak orang baik, selagi niat awal kita merantau demi tujuan menggapai cita-cita yang baik, maka hasilnya akan baik, mulai sekarang kuatkan tekatmu untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya dan jangan lupa libatkan Allah dan terus berdoa maka akan dibukakan jalan kemudahan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE