Kapan nikah?

Dua kata yang sering ditanyakan kepada pria atau wanita yang mungkin sudah waktunya menikah tapi belum juga menikah, yang sering ditanyakan kepada pria atau wanita yang teman temannya sudah menikah tapi dirinya tak kunjung menikah.

Advertisement

Dua kata yang sering menjadi pertanyaan, dimana terkadang maksud awal dari pertanyaan adalah hanya sebatas candaan, namun tidak menutup kemungkinan candaan tidak bisa diterima oleh yang diberi pertanyaan dan justru malah menimbulkan sakit hati yang berkepanjangan. Karena tidak semua orang mempunyai bentuk yang sama perihal sifat dan perwatakan.

Dunia ini tercipta dengan penuh perbedaan, perbedaan pun tercipta masih dengan berbagai macam jenis sub perbedaan lagi.

Salah satu contoh adalah perbedaan presepsi misal, atau perbedaan pemikiran.

Advertisement

Terkait dengan pertanyaan kapan nikah mungkin terdapat pemikiran ataupun persepsi yang berbeda antara si pemberi pertanyaan dan si penerima pertanyaan.

Jangan pernah salahkan mengapa mereka tak kunjung menikah.. Jangan. Mungkin ada sebagian dari mereka yang memang belum dipertemukan dengan jodohnya, mungkin ada sebagian dari mereka yang jodohnya belum lahir, mungkin ada sebagian dari mereka yang ingin terlebih dahulu memperbaiki karir, mungkin juga ada sebagian dari mereka yang terlalu berbelit dalam menentukan kriteria pasangan dan masih banyak lagi kemungkinan kemungkinan yang lain. Kita tidak pernah tau. Karena kembali lagi ke persoalan, kalau dunia ini penuh dengan perbedaan.

Jangan pernah menyalahkan jika seseorang tak kunjung menikah, karena semua orang tentunya tidak ingin disalahkan, sekalipun memang benar benar salah atau memang benar benar tidak bersalah..

Pada dasarnya manusia normal tidak ada yang tidak menginginkan untuk menikah. Keinginan menikah sudah pasti ada, namun menikah tidaklah semudah mengucapkan kata sah, menikah membutuhkan persiapan dan kemantapan dari berbagai sisi agar kelak keluarga yang dibangun bisa menjadi keluarga yang sakinah mawaddah dan warohmah.

Jadi untuk menghindari serta untuk mengantisipasi adanya sakit hati berkepanjangan terkait dua kata dari satu pertanyaan yang sering ditanyakan kepada pria wanita singlelillah tersebut, alangkah baiknya stop tanya kapan nikah apalagi menggurui seseorang untuk segera menikah, namun kita doakan saja agar mereka segera dipertemukan dengan jodohnya, agar segera dimantapkan hatinya, dan doakan untuk kebaikan kebaikan yang lainnya.

Selain mendoakan, kita juga bisa menghindarkan diri dari membuat sakit hari orang lain, yaitu dengan cara kita lebih berhati hati sebelum mengatakan apapun, kita jaga lidah kita jangan sampai menyakiti hati orang lain, karena kita tidak pernah tau apakah orang lain bisa menerima setiap perkataan yang kita lontarkan, kita harus menyadari bahwa setiap orang tidak selalu sama dalam hal pemikiran.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya