Jatuh hati memang sangatlah menyenangkan. Namun kali ini bukan tentang asmara dengan lawan jenis yang mengalihkan duniaku. Melainkan pesona dari Britain Raya. Britain Raya, bisa disebut sebagai salah satu wisata luar negeri yang paling menarik bagi wisatawan mewakili Eropa. Pesona Britain seakan tidak ada matinya. Terlebih kota London yang membuat wisatawan seakan ingin datang lagi dan lagi untuk menyapanya.

Nah, kira-kira hal apa saja yang membuatku jatuh hati pada Britain? Cek penjelasan berikut.

Advertisement

1. Daya Tarik Istana

Pembaca pasti sudah sering mendengar atau menonton berita dari keluarga kerajaan Inggris, bukan? Nah, pasti nama Buckingham Palace sudah tidak asing lagi di telinga. Walaupun istana, namun Buckingham Palace juga bisa menjadi salah satu tempat wisata saat berkunjung ke Britain. Memang ada yang menarik dari sebuah istana? Eits, jangan salah. Walaupun istana, tapi ada daya tarik yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Britain. Namanya Changing The Guardian.

Advertisement


Pembaca pernah melihat salah satu kisah Mr. Bean yang kerepotan untuk berfoto dengan prajurit berseragam merah hitam lengkap dengan topi hitamnya? Merekalah prajurit yang bertugas di Buckingham Palace.


Prajurit berseragam militer berwarna merah hitam dan bertopi bulu, yang disebut juga bearskin, lengkap dengan senjatanya ini bisa menjadi salah satu daftar wisata saat ke Britain. Upacara Changing The Guardian inilah momen dimana wisatawan dapat melihat pergantian prajurit penjaga istana Buckingham. Wisatawan dapat menyaksikan upacara pergantian penjaga istana ini pada pukul 11.30 waktu setempat.

2. Kota Tenang


Kota yang tenang? Memang masih ada ya?


Kota yang tenang akan selalu ada pastinya. Bagiku kehidupan di kota itu sangatlah penat dengan segala hingar bingarnya. Walaupun pesona kota masih akan selalu menarik dalam kesempatan yang berbeda. Tapi kesibukan di kota sangatlah melelahkan bagiku. Sama halnya dengan kota London. Ibukota Inggris ini memiliki keseharian yang sama dengan kota-kota besar lainnya. Walaupun aku belum pernah tinggal untuk beberapa waktu di London, tapi sedikit aku bisa membayangkannya. Untuk itu, mari ikut saya beralih mengunjungi kota yang sedikit lebih tenang dari kota London, saat berkunjung ke Britain. Kemanakah? Ke Edinburgh (baca: Edinbrah).

Yap, Edinburgh. Salah satu kota di negeri Skotlandia ini patut untuk dikunjungi saat ke Britain. Apa yang menarik dari Edinburgh? Mari simak ceritaku, tentang hal yang membuat Edinburgh menarik. Benua Eropa adalah benua kedua favoritku setelah Asia tentunya. Hal yang membuat Eropa spesial adalah ciri khas bangunannya. Ya, kota Edinburgh dapat menjadi salah satu representasi bangunan ala Eropa yang saya kagumi.

Edinburgh, kota dengan penduduk yang tidak sampai 1 juta orang ini, memiliki pesona budayanya sendiri. Penduduk setempat dikenal dengan keramahannya, ketertiban dalam kesehariannya, dan komitmennya dalam mempertahankan bangunan megah di kota mereka. Dengan penduduk yang tidak begitu padat dan katanya mereka selalu patuh dalam berlalu lintas, sepertinya cocok denganku yang mulai jengah dengan suara klakson. Selain itu, suasana kota Edinburgh, yang masih terdapat bangunan-bangunan megah layaknya kastil ini, membuat wisatawan seakan berada di negeri dongeng.

Pembaca pasti mengetahui film Harry Potter, kan? Nah, sang penulis, yakni J.K. Rowling, menyempatkan waktunya untuk melakukan riset pada salah satu bangunan di kota Edinburgh ini. Bangunan bernama The Fettes College merupakan bangunan yang menginspirasi J.K. Rowling dalam menciptakan sekolah sihir Hogwarts. Selain bangunan megah ala kastil, wisatawan juga dapat mengunjungi tempat wisata lainnya di kota Edinburgh. Salah satunya adalah danau indah, bernama Loch Menteith.

Itulah satu dua pesona dari kota Edinburgh yang sukses embuat saya jatuh hati. Bangunan megah dan klasik bisa menjadi tangkapan nikmat kamera wisatawan sekalian.

3. Dunia Budaya

Negara manapun, kota manapun di dunia, hal pertama yang menarik wisatawan adalah budayanya. Ya, budaya yang dimiliki oleh penduduk setempat bisa menjadi daya tarik yang luar biasa. Sama seperti negara lainnya, Britain Raya juga memiliki daya tariknya sendiri dalam aspek kebudayaan. Hal pertama yang menarikku adalah dunia sastra dan perfilman.


Mendengar nama Inggris dan berkaitan dengan sastra dan film, pastilah akan tercetus Harry Potter.


Bagi generasi milenial sepertiku, Harry Potter mungkin akan menjadi kenangan yang berkesan. Walaupun aku mengenalnya melalui film, namun sang penulis, yakni J.K. Rowling tak akan luput dari bahasan mengenai Harry Potter. Ada lagi film dari negeri Britain yang membuatku jatuh hati, sebut saja The Lord of The Ring, James Bond, dan Narnia. Walaupun terbilang Science-Fiction, namun film-film tersebut bisa dijadikan sebagai alternatif untuk belajar bahasa Inggris dengan aksen british tentunya.

Beralih dari novel yang dibuat versi film, ada juga yang berupa novel dan masih ku baca. Kisah detektif kondang Sherlock Holmes juga membuatku jatuh hati. Sang penulis yang berasal dari Skotlandia, yakni Sir Arthur Conan Doyle, berhasil menyumbangkan karyanya di dunia sastra melengkapi kebudayaan negeri Britain Raya.

Mari tinggalkan dunia Sastra dan beralih ke musik. Musik yang berkaitan dengan Inggris? Tentunya The Beatles. Tapi, kali ini aku akan membicarakan One Direction. Boy grup yang ku kenal sejak tahun 2010 hingga kini ini, berperan penting dalam meningkatkan bahasa Inggrisku. Dari lagu-lagu mereka, aku belajar kosakata baru dan cara pelafalannya. Mungkin pembaca mengenal Coldplay, Adele, The Rolling Stone, Queen, Radiohead, bahkan, Spice Girl? Apapun yang pembaca suka, selalu ada kesempatan untuk belajar bahasa Inggris dengan menyenangkan.

Ada hal lain yang membuatku bergairah kala membahas tentang Britain. Beralih ke dunia olahraga, aku ingin sekali bisa menonton pertandingan bola di stadion keren di Britain. Wah, membayangkannya saja aku sedikit kesulitan. Bisa saja, aku berkesempatan untuk menonton pertandingan bola di Stadion Wembley.

Itulah ketiga daya tarik Britain Raya bagiku. Keseluruhan memang berasal dari kebudayaan. Namun, budaya memanglah kekuatan terbesar bagi negara dan penduduknya untuk ditunjukkan pada dunia. Kalau menurut kamu, pesona apa yang membuatmu jatuh hati pada Britain?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya