“Jangan hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.” (Filipi 4:6).


Setiap kali saya ingin melakukan dan mengerjakan sesuatu ataupun ingin pergi kesuatu tempat, hal terutama dan utama yang saya lakukan adalah membawanya dalam doa. Doa yang sederhana tapi memiliki makna yang dalam, setiap kali kita berdoa ucapan syukur tak luput kita ucapkan serta meminta perlindungan dan pertolongan kepada Tuhan dalam hal yang akan dikerjakan.

Advertisement

Hal yang saya rasakan ketika doa tersebut selesai, perasaan dan hati saya jauh lebih tenang. Ada suatu kejadian saat saya mau melakukan presentasi dikelas. Karena presentasi itu dilakukan secara individu, fikiran saya pun mulai terpecah, perasaan gugup yang tiba-tiba muncul, takut karena tidak bisa bicara dengan lancar, takut tidak bisa menjawab pertanyaan dosen dan audiens, serta perasaan lain yang tidak dapat dijelaskan lagi.

Saat memasuki ruangan, sebelum saya maju untuk mempresentasikan hasil yang saya kerjakan, saya pun melipat tangan saya dan mulai berdoa kepada Tuhan. Awalnya perasaan gugup dan takut tersebut tetap tidak hilang, tapi saya tetap berdoa dan pasrah meminta pertolongan Tuhan dan mohon untuk diberkati.

Dan ajaib, ketika saya mempresentasikan hasil kerja saya, apa yang saya ucapkan didepan dosen dan mahasiswa lainnya, ucapan saya seperti mengalir dengan sendirinya, tak ada kritik ataupun sanggahan yang terlontar. Ketika saya kembali duduk ke kursi saya, seperti ada suara yang berbisik dalam hati saya “Kamu berhasil karena Tuhan Yesus disampingmu Ia membantu.” Jadi percaya dan yakinlah akan kuasa doa.

Advertisement


Hidup manusia akan selalu dipenuhi dengan pencobaan, maka ada pepatah yang mengatakan “Hidup ini penuh dengan perjuangan”, karena tak akan ada hasil jika tak ada usaha dan tak akan ada usaha jika tidak ada kemauan yang keras, maka perjuangan itu sangat diperlukan untuk mendapatkan hasil yang terbaik.


Tapi yang perlu diingat ketika kamu berjuang dalam kehidupanmu bawalah itu dalam doa kepada Tuhan dan ketika kamu sudah melakukan pekerjaanmu yakin dan percayalah Tuhan akan membantumu. Karena semuanya itu tidak akan menjadi keberhasilan yang sempurna, jika tidak diawali dari doa kepada Tuhan (Doa secara pribadi kepada-Nya) dan tetap ucaplah syukur untuk setiap usahamu.

Karena keberhasilan kita bukan hanya tergantung dari seberapa besar usaha kita dan seberapa kuat kemauan kita, jika kita tidak pernah meminta pertolonganNya melalui doa seperti yang tertulis pada ayat sebelumnya.

Tuhan akan selalu menjawab setiap doa kita, Jika apa yang kita harapkan atau kita inginkan belum terwujud ingatlah ini, “Tuhan memiliki tiga jawaban dari setiap doa-doa kita yaitu Ya, Tidak, dan Tunggu.” Jangan bersedih karena Tuhan tau yang terbaik untuk kamu.


Jika Tuhan belum menjawab Ya untuk doamu, itu adalah yang terbaik untuk kamu, karena setiap keinginan manusia dapat baik untuk dirinya atau malah menjerumuskannya. Tapi keinginan Tuhan dari setiap jawaban-Nya kepada kita itu adalah yang terbaik untuk kita.


“We will never know the real answer, before you try”. Trust it!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya