#RemajaBicaraKespro-Jerawat Muncul Setiap Bulan? Yuk Kenali Penyebabnya!

Penyebab terjadinya jerawat oleh para remaja

Siapa sih yang nggak pernah jerawatan? Rata-rata di saat kita menginjak usia remaja, masalah kulit pasti selalu datang seperti jerawatan. Jerawatan adalah hal yang wajar dialami oleh remaja yang sedang pubertas, tetapi orang dewasa juga bisa dijangkiti oleh jerawat ini.

Advertisement

Sebagian besar orang tidak menyukai jika benjolan kecil ini berada pada wajah mereka karena menurutnya hal itu membuat penampilan kita menjadi berkurang apalagi pada saat kita memakai makeup. Pada saat makeup kita ingin kulit kita bersih tanpa noda dan tidak adanya benjolan-benjolan kecil yang mengganggu penampilan kita.

Sering kali kita melakukan hal-hal yang seharusnya tidak boleh dilakukan pada saat timbulnya jerawat. Seperti pencet-pencet jerawat yang sedang matang, melakukan facial dan lain-lain yang dapat memperburuk wajah kita. Namun seiring perkembangan teknologi, sudah banyak produk-produk yang dapat menghilangkan jerawat dengan instan.

Para perempuan pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya skincare. Skincare merupakan langkah-langkah yang wajib dilakukan para kaum perempuan pada saat pagi hari dan malam hari. Langkah-langkah skincare pagi yaitu menggunakan facial wash, toner, pelembab, sunscreen dan serum sedangkan skincare malam yaitu melakukan doubel cleansing, facial wash dan pelembab.

Advertisement

Hal-hal terkait skincare adalah sesuatu yang sering diperbincangkan oleh para perempuan ketika sedang bertemu. Namun tetap kita harus berhati-hati dalam memilih produk kecantikan agar sesuatu hal yang tidak kita inginkan tidak terjadi. Jangan tergiur karena harga murah dan hasil instan kalian memilih produk yang belum tentu cocok di kulit kalian.

Perlu juga kita ketahui dalam memilih produk kecantikan terutama wajah, kita perlu mengetahui jenis kulit kita terlebih dahulu agar nantinya dalam memilih produk sesuai dengan kebutuhan jenis kulit kita dan hasilnya maksimal. Walaupun kalian sudah perawatan mahal-mahal dengan produk yang bagus, tapi tetap tidak tahu mengapa jerawat muncul? Sama saja kalian belum mengetahui kenapa jerawat itu bisa terjadi di wajah kalian.

Advertisement

Pasti kalian bertanya-tanya, apakah jerawat memang selalu ada? Apakah hal itu bisa kita atasi? Yuk kenali penyebabnya!

Setiap manusia pasti akan mengalami masa peralihan anak-anak menjadi dewasa. Peralihan ini juga sering disebut sebagai masa pubertas. Baik pria maupun perempuan, semuanya pasti akan mengalami pubertas. Hal itu tidak hanya mengubah bentuk fisik seseorang, namun juga mengubah emosi serta perilaku.

Salah satu ciri masa pubertas yang dialami perempuan adalah menstruasi. Hal ini bukan sesuatu yang aneh karena menstruasi pada seorang perempuan menandakan berfungsinya organ reproduksi. Selain itu perempuan akan mengalami produksi minyak berlebih selama masa pubertas yang akan menimbulkan jerawat. Hal ini dikarenakan perubahan hormon sehingga hormon menjadi tidak stabil.

Perubahan kadar hormon ini yang bisa menjadi perubahan pada kulit kamu. Saat menjelang datang bulan, hormon estrogen dan progesteron mengalami kenaikan jumlah hormon dalam tubuh perempuan. Naiknya kedua kadar hormon ini dalam tubuh juga meningkatkan produksi sebum pada kulit.

Namun tidak hanya pada saat datang bulan saja loh jerawat bisa muncul, katanya kalau kita lagi jatuh cinta jerawat bisa muncul. Banyak orang berkata jika kita sedang jerawat dalam wajah pasti dibilang jerawat rindu. Jerawat tumbuh subur karena sebuah rasa bernama kerinduan. Rindu yang dalam dan lama terpendam adalah penyebab utama.

Perlu kalian ketahui munculnya jerawat cinta dialami kebanyakan oleh para perempuan. Karena mereka suka menyimpan rasa rindu dan memendamnya dalam lubuk hati terdalam sambil menunggu cintanya pulang. Maka tidak heran jika perempuan selalu chat duluan dengan menanyakan hal-hal yang kurang penting karena dia rindu.

Jadi seperti itu ya. Biarlah hal yang kamu yakini memang benar adanya. Kamu abaikan saja segala kemungkinan lain dia menjadi berjerawat. Seperti karena sedang alergi cuaca atau mungkin kebanyakan makanan yang mengandung banyak protein hewani. Pokoknya biar kamu tetap bahagia, anggap saja jerawat yang ada di wajah ngangeninnya itu, memang tanda bahwa dia sedang merindukan kamu.

 

Cinta tak selalu memiliki, namun cinta harus diperjuangkan. Semangat berjuang buat kalian!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE