Kalau Mimpimu Membuatmu Takut, Berarti Ia Layak Untuk Diperjuangkan!

Rasa takut akan mendorongmu untuk berjuang.


Kuliah di luar negeri. Kerja di perusahaan start-up dengan gaji tinggi. Punya rumah dan mobil sebelum menikah. Punya usaha dengan omset berlimpah.


Advertisement

Mungkin salah satu kalimat diatas merupakan mimpimu yang saat ini sedang kamu kejar. Atau kamu sudah ada diposisi yang kamu impikan? Kalau belum, jangan menyerah dan tetap semangat. Semua orang tentu mengharapkan kehidupan yang layak. Kalau hanya sekedar membayangkan, semua orang tentu bisa. Tapi banyak dari mereka takut dan pesimis untuk memimpikannya. Padahal mimpi itu gratis. Kenyataanlah yang mahal.

Dalam kanal Youtube-nya, Najwa Shihab pernah mengatakan “Kalau mimpimu tidak membuatmu takut, berarti mimpimu tidak terlalu besar.”

Bukankah seharusnya kita senang kalau kita merasa takut dengan mimpi kita? Perasaan takut dan khawatir yang kita rasakan itulah yang akan mendorong kita untuk terus berusaha. Bekerja keras supaya apa yang kita impikan menjadi kenyataan. Semakin kamu takut seharusnya kamu semakin berjuang untuk menjauhi sumber ketakutanmu, yaitu kegagalan.

Advertisement

Hal yang terpenting saat kamu sedang berjuang adalah jangan pernah membandingkan dirimu dengan orang lain. Karena setiap orang memiliki kecepatannya masing-masing. Membandingkan dirimu dengan orang lain hanya akan membuatmu gegabah dan ingin secepat mungkin mencapai tujuanmu. Membandingkan dengan pencapaian orang lain juga terkadang membuat kita marah dengan diri kita sendiri. Membuat kita tidak bisa menerima proses yang sudah dilalui. Jadikan kesuksesan orang lain untuk penyemangatmu, jangan jadikan itu sebagai sumber stressor.

Jika sekarang kamu pontang panting mencari pekerjaan sedangkan temanmu sudah punya usaha dengan pendapatan yang tinggi, sabar dulu. Belum waktunya untuk kamu ada ditempat yang sama. Wajar kalau kamu juga ingin seperti temanmu itu. Gak perlu repot mendengar komentar orang. Gak perlu repot cari uang untuk mencukupi kebutuhan. Sedangkan kamu masih jadi pengangguran dan berkali-kali di-php perusahaan.

Advertisement

Hal yang perlu kamu tahu, untuk bisa ada diposisi temanmu itu tidak mudah dan murah. Perlu banyak perjuangan dibelakangnya. Tapi bukan berarti kamu mustahil untuk bisa sukses seperti dia.

Daripada hanya sekedar membayangkan, mulai sekarang buat list rencana masa depan. Lakukan hal-hal yang perlu dilakukan untuk menunjang mimpimu. Jangan pernah menunda pekerjaan, karena hal itu akan menghambatmu sampai ditujuan.

Berharap, berusaha dan yang terakhir serahkan hasil akhirnya kepada yang kuasa. Yang maha tahu segala yang baik untukmu disaat yang tepat bukan disaat yang cepat. Kalau usaha dan doamu belum menjadi nyata, itu artinya Tuhan sedang menyelamatkanmu dari rencana yang akan menghancurkanmu.

Jadi, tetap optimis dan terus berjuang bagi kalian calon orang hebat masa depan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Afifah Iftah merupakan sarjana psikologi yang juga menyukai membaca berbagai genre buku dan saat ini sedang mempelajari content writing.

CLOSE