Kampung Coklat Surganya Pecinta Cokelat, Wajib Banget Mampir Kalau Kamu Berkunjung ke Blitar

Kampung Coklat

Kampung Coklat merupakan sebuah tempat wisata yang berada di Blitar, Jawa Timur. Tempat wisata ini juga menjadi salah satu ikon wisata di Kota Blitar. Kampung Coklat telah berdiri sejak tahun 2014, dan tetap eksis sampai kini, bahkan jumlah pengunjungnya selalu bertambah dari waktu ke waktu. Kampung diidentifikasikan sebagai sebuah pemukiman yang dihuni oleh masyarakat. 

Advertisement

Namun bagaimana jika Kampung tersebut bernama kampung coklat? Apakah penghuninya juga cokelat? Oh jelas tidak. Kampung Coklat merupakan sebuah tempat wisata yang berada di Kota Blitar, tepatnya di Kecamatan Kademangan. Kampung Coklat, awalnya hanya sebuah kebun cokelat yang dijadikan tempat wisata kecil – kecilan, dimana semua produk cokelatnya diproduksi sendiri dengan hasil panennya. 

Pada awal adanya Kampung Coklat ini sudah viral, lambat laun tempat wisata ini mengalami kemajuan. Tempat wisata yang awalnya kecil, kini menjadi berkembang besar. Yang awalnya tidak banyak yang tahu pun, kini Kampung Coklat menjadi salah satu destinasi utama jika berkunjung ke Blitar. Tak lengkap rasanya bila berkunjung ke Blitar, namun tidak mengunjungi Kampung Coklat.

Selain menawarkan produk cokelat buatan sendiri dan kebun cokelatnya, Kampung Coklat juga memiliki wahana wisata lain. Tempat ini bisa dijadikan tempat bersantai dan juga piknik bersama keluarga maupun sahabat. Selain menjadi tempat berwisata, Kampung Coklat juga bisa menjadi sarana edukasi bagi anak – anak. Edukasi tersebut berupa edukasi tentang budidaya cokelat, dimana anak – anak akan diajarkan cara menanam cokelat. Lalu disana juga terdapat pelatihan bagaimana cara membuat cokelat untuk anak – anak. Hal tersebut bisa digunakan untuk melatih kreativitas pada anak.

Advertisement

Selain itu, Kampung Coklat juga menyediakan fasilitas lainnya seperti wahana permainan untuk anak – anak. Banyaknya wahana permainan membuat anak betah berada disini. Selain itu terdapat kolam renang dan wahana perahu karet. Di sini juga disediakan banyak spot tempat duduk dengan foodcourt disetiap titiknya. Makanan yang dijual pun beragam, dan yang khas di sini adalah mie cokelat dan minuman cokelatnya. Selain itu terdapat juga fasilitas terapi ikan yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan penyakit.

Di sana juga terdapat galeri cokelat yang disediakan di depan pintu masuk dan juga di bagian belakang Kampung Coklat. Galeri Coklat ini menyediakan berbagai macam produk cokelat yang diproduksi sendiri oleh kampung coklat. Terdapat berbagai macam jenis cokelat, seperti dark chocolate, cokelat susu, dan cokelat lainnya. Selain itu, di galeri ini menyediakan berbagai macam jajanan lainnya yang berbahan dasar cokelat, seperti brownies cokelat, dan kue cokelat lainnya. 

Di sana juga tedapat bubuk cokelat asli yang dapat diseduh menjadi minuman. Selain produk makanan dan minuman dalam galeri cokelat juga terdapat berbagai macam souvenir yang dapat digunakan sebagai oleh – oleh untuk keluarga di rumah atau sebagai kenang – kenangan. Karena fasilitasnya yang lengkap dan cukup memadai, Kampung Coklat pun memiliki banyak

pengunjung yang selalu bertambah dari tahun ke tahun. Biaya masuknya pun cukup terjangkau, yaitu Rp 5.000,- saat weekday dan Rp 10.000,- saat weekend. 

Tak heran jika pengunjung Kampung Cokelat tidak pernah berkurang, bahkan disaat pandemi seperti ini, pengunjung kampung coklat tetap banyak. New Normal membuat masyarakat memanfaatkan waktunya untuk berlibur ke tempat wisata. Begitu pula dengan Kampung Coklat. Bahkan, walaupun disaat pandemi seperti ini Kampung Coklat tetap memperbaiki fasilitasnya, bahkan menambah fasilitas lain. Luasnya pun kini bertambah, karena pihaknya kembali membangun sebuah tempat yang kini dijadikan sebagai galeri tanaman. Banyak tanaman lain selain tanaman coklat di sana. Hal ini menambah pula spot foto di Kampung Coklat.

Dengan bertambahnya bangunan baru, maka bertambah pula spot foto yang ada di sini. Kampung Coklat merupakan salah satu tempat wisata yang menyediakan banyak tempat berfoto yang bagus. Tempat ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk hunting dan berselfie ria. Pada masa pandemic seperti ini, pihak Kampung Coklat tetap memperhatikan protocol kesehatan. Mereka sudah menyediakan alat untuk cek suhu otomatis dan tempat cuci tangan yang memadai. Mereka juga menyediakan handsanitizer. Semuanya diletakkan di depan pintu masuk, dan tak hanya satu. Sehingga sangat efektif saat pengunjung sedang banyak, maka dari itu petugas tidak perlu mengecek suhu pelanggan satu peratu, karena sudah disediakan alat otomatis. Pengunjung juga diwajibkan memakai masker dan menjaga jarak sesuai dengan protokol kesehatan.

Oleh karena itu, Kampung Coklat merupakan salah satu tempat wisata yang cocok dikunjungi keluarga atau rombongan. Selain sangat memperhatikan protokol kesehatan, Kampung Coklat dengan harganya yang ramah di kantong, juga cocok untuk segala umur dengan segala fasilitas yang disediakan. Di sini Anda bisa menikmati sejuknya angin sawah, jauh dari hiruk pikuk kota, dan dapat dijadikan sebagai tempat refreshing dan menghibur diri.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE