Kamu Suka Begadang? Eits, Jangan Melalaikan Nasib dari Kesehatanmu Lho, Guys~

Ternyata, dampak buruk yang diakibatkan oleh begadang memang benar adanya

Pernah denger kalau begadang itu berperngaruh terhadap kesehatan nggak? Atau masih bingung apakah itu sebuah mitos atau memang fakta. Sebenarnya, bukan hanya orang-orang medis atau profesi-profesi yang berkaitan dengan perihal kesehatan yang perlu membahas atau sekedar mengetahui kebenaran tentang efek dari begadang. Karena, kita juga berhak dan bertanggung jawab atas kesehatan diri kita sendiri. Dengan membaca artikel kesehatan, bertanya kepada yang ahli di bidangnya, lalu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari maka pola hidup kita akan menjadi baik dan teratur sehingga akan memberi dampak positif untuk kesehatan jasmani.

Advertisement


Seperti lirik lagu ya kan, jangan begadang kalau tiada artinya.


Ternyata, dampak buruk yang diakibatkan oleh begadang memang benar adanya. Hal ini disebekan oleh kebutuhan tidur manusia (dewasa) normal adalah 8 jam. Jika jam tidur kurang dari 8 jam maka kondisi tubuh akan tidak maksimal. Mulai dari kesehatan mata, imun tubuh, pencernaan, pikiran, bahkan masalah kecantikan. Akan lebih parah jika begadang terus dilakukan dengan kurun watu yang sangat sering. Bahaya sekali untuk kesehatan.

Meskipun banyak sekali alasan yang membuat kita harus begadang, namun tetap usahakan lah untuk tidur di jam-jam normal. Kebanyakan tuntutan begadang ini disebabkan oleh kejar-kejaran dengan deadline, baik itu deadline pekerjaan ataupun deadline tugas bagi para pelajar. Selain itu, ada juga yang begadang dikarenakan hobi mereka. Seperti main game, nonton film kesukaan, hingga nongkrong bersama teman-teman.

Advertisement

Selain efek yang dimunculkan dapat dirasakan secara langsung, tanpa disadari bahwa efek buruk dari keseringan begadang dapat dirasakan dalam jangka waktu yang panjang, lho. Berikut beberapa permasalahan akibat begadang yang sedang marak dialami oleh kebanyaakan orang saat ini


Begadang dapat menimbulkan overthinking


Mengaktifkan tubuh dan pikiran dalam kurun waktu yang lama akan membuat alam bawah sadar kita terus merespon kejadian atau peristiwa yang telah kita alami di setiap waktunya. Respon tersebut membuat otak kita terus berfikir dan terus bekerja sehingga tidak menutup kemungkinan akan bekerja hingga overload. Maka, jika kita gunakan waktu istirahat kita untuk terjaga, otak kita akan terus bekerja hingga memunculkan dugaan-dugaan yang bahkan terjadi di luar batas kemampuan kita.

Inilah yang disebut dengan overthinking, yang belakangan ini marak terjadi di masyarakat. Sebagian besar overthinking terjadi ketika menjelang tidur dan jika kita terus menyelusuri pikiran tersebut sampai rela begadang maka akan berpengaruh besar dengan kesehatan mental kita.


Apalah daya skincare, jika masih begadang jua


Di dunia perwanitaan, tentu skincare menjadi kebutuha pokok dalam berlangsungnya kehidupan ini. Tapi, tahukah kamu, girls? Ternyata dengan kamu begadang di setiap malamnya, demi oppa atau satisfying ASMR, akan mebuat skincaremu bekerja tidak optimal. Sehingga tidak heran jika kamu sudah rajin skincare-an tapi tetap jerawatan, kantung mata hitam, atau beruntusan juga. Selain asupan makanan yang bergizi, tidur yang cukup dan say no to begadang begadang club akan membantu kamu memperbaiki atau merawat kulit cantik nan sehatmu, jika hal ini kamu abaikan maka jangan berharap kulit kamu akan glowing seperti oeni oeni yang kamu standart-kan. Singkatnya, ketika kamu tidur maka kulit kamu akan memproduksi kolagen yang sangat di btuthkan untuk kesehatan kulit wajahmu.


Hilangnya ketajaman focus dan rentan bangun kesiangan


Dengan rajin begadang kamu akan mengalami kondisi tubuh yang kurang fit dan rentan untuk sakit apalagi jika fisikmu tidak terlalu kuat dan imun tubuhmu lemah. Dengan kondisi tubuh yang demikian maka kemapuan tubuh untuk merespon suatu tindakan akan berkurang. Sehingga akan berpengaruh pada ketajaman fokus ketika berpikir dan bertindak. Selain itu juga, bangun kesiangan menjadi hal yang biasa bagi kaum-kaum kalong ini. Tidak perlu dijabarkan apa saja akibat buruk dari bangun kesiangan, yang pasti bagi yang kerja maupun yang kuliah akan merasa dikejutkan oleh jam ketika meresa sadar nanti.

Itulah segelintir permsalahan yang marak dialami orang-orang saat ini yang disebabkan oleh begadang. Tapi seringkali orang-orang menyalah artikan begadang dengan insomnia. Padahal, insomnia dengan begadang jelas berbeda. Singkatnya, insomnia adalah keadaan dimana seseorang mengalami gangguan susah untuk tidur, sedangkan begadang keadaan dimana seseorang dengan sadar memilih untuk tidak tidur dengan alasan tertentu. Maka, kesadaran untuk menjaga kesehatan adalah tanggung jawab diri masing-masing.

Meskipun bukan dari latar belakang orang kesehatan, kita juga berhak untuk belajar dan mengetahui seputar kesehatan tubuh agar kita dapat menjaga tubuh kita dari penyakit yang bisa saja menyerang. Pola hisup sehat sangat perlu dilakukan meskipun kebanyakan orang sekarang ini kesulitan untuk melakukan hal-hal tersebut dikarenakan kesibukan ataupun alsan lainnya. Tapi, tetap harus dilakukan demi kesehatan hingga usia tua nanti.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Hallo. Saya mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta

CLOSE