Pada tanggal 29 Juni saya dan teman-teman dari Klub Taekwondo Pugnator Indonesia berkumpul di Bandar Udara Internasional Seokarno Hatta untuk menempuh perjalanan ke Bangkok. Saya bertanding di sana bersama 6 orang atlet lainya dan di dampingi oleh 2 orang pelatih. Kita menempuh perjalan kurang lebih sekitar 3 jam untuk pergi ke Bangkok, setelah sampai di Bangkok kita langsung ke tempat pertandingan untuk menimbang berat badan.

Seusai menimbang berat kami langsung pergi ke hotel dan check in ke dalam hotel, walaupun sudah cukup malam ketika sampai di hotel, kita semua memutuskan untuk mencari makan malam di dekat hotel. Setelah usai makan kita semua langsung pergi ke kamar masing-masing dan istirahat karena keesokan harinya beberapa dari kita akan bertanding.

Advertisement

Pada tanggal 30 juni saya dan 4 orang teman saya akan bertanding, kita disuruh untuk bangun pagi dan sudah turun untuk makan pagi pada jam 7. Setelah makan pagi kita semua berangkat ke tempat pertandingan yang terletak di Assumption University of Thailand, kita semua mengikuti pertandingan Thailand Open yang biasanya di adakan setiap tahun.

Sampai di sana kita melakukan pemanasan dan berdoa bersama sebelum turun ke lapangan. Saya kebagian jadwal tanding setelah makan siang jadi saya masih sempat memiliki waktu untuk berlatih terlebih dahulu, waktu saya bertanding tentunya merasa tegang karena ini adalah pengalaman pertama saya bertanding di negara lain tetapi doa dan usaha saya terbayar karena saya berhasil meraih medali perak. Saya kalah dalam babak final ketika melawan seorang atlet yang berasal dari India.

Hari pertama pertandingan cukup melelahkan, kita baru pulang jam 8 malam. Sebelum balik ke hotel, kita makan disebuah restoran di dekat hotel kamii. Sayangnya adalah tempat tersebut berada di ruangan terbuka atau outdoor dan di tengah-tengah kita sedang makan tiba-tiba turun hujan yang deras, kita coba untuk menunggu hujan tersebut reda tetapi semakin malam semakin deras pula hujan tersebut.

Advertisement

Akhirnya kita pun balik ke hotel walaupun masih hujan, kita pun langsung pergi ke kamar masing-masing karena besok masih ada beberapa dari teman kami yang akan bertanding dan kita pun juga sudah merasa lelah akibat bertanding hari itu. Keesokan harinya kita pun disuruh bangun pagi dan berangkat ke tempat pertandingan pada pukul 7 pagi. Walaupun beberapa dari kita sudah selesai bertanding, kita diminta datang untuk memberikan semangat kepada teman-teman kita yang akan bertanding hari itu.

Setelah semuanya usai bertanding, kita berhasil membawa pulang 1 medali emas, 3 perak, dan 3 perunggu. Disana kita juga sempat berfoto bersama dengan klub dari berbagai negara lainya. Karena sudah tidak ada pertandingan keesokan harinya kita memutuskan untuk pergi ke sebuah night market di Bangkok. Keesokan harinya kita hanya jalan-jalan kesebuah pusat perbelanjaan di Bangkok.

Pada tanggal 3 juli kita semua pun pulang ke Jakarta, kita hanya menghabiskan waktu di Bangkok selama 5 hari. Walaupun tidak lama menghabiskan waktu disana saya bisa mendapatkan banyak pengetahuan baru tentunya di bidang taekwondo, menurut saya ini adalah salah satu pengalaman yang tidak bisa dilupakan karena dari pengalaman ini saya juga jadi memiliki teman-teman baru dari satu klub ataupun teman baru dari berbeda klub bahkan berbeda negara.

Saya juga cukup bangga dengan prestasi yang saya dan teman-teman saya raih karena sesungguhnya untuk berani bertanding diluar sana kita butuh mental yang kuat dan tentunya latihan yang giat.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya