Indahnya bulan suci ramadan tahun ini disambut suka cita oleh seluruh umat islam dari Indonesia, luar negeri dan seluruh dunia setiap tahun. Dari hasil sidang itsbat yang telah dilaksanakan pada hari Minggu, 5 Mei 2019 maka ditetapkan puasa pertama jatuh pada hari Senin tanggal 6 Mei 2019. Dalam bulan ramadan ini banyak sekali nilai nilai pancasila yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari selama bulan suci ramadhan.

Pada sila petama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Kita sebagai umat islam yang melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadan yang penuh berkah ini menjadikan momen bulan puasa untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, waktu untuk memperbanyak amalan baik dan juga perbuatan yang mendapatkan ridha dan pahala tentunya. Karena pada bulan suci ramadan ini kita dituntut untuk memperbaiki segala amal dan perbuatan kita agar medapatkan berkah yang banyak.

Advertisement

Sila kedua yaitu Kemanusian Yang Adil Dan Beradab. Sila ini berhubungan dengan kemanusiaan karena pada bulan ramadan banyak hal yang dapat kita lakukan untuk membantu sesama seperti membagikan takjil atau makanan untuk berbuka bagi orang yang membutuhkan dan orang-orang sekitar yang sedang melaksanakan puasa. Kegiatan in juga dapat menumbuhkan rasa kekerabatan antar sesama.

Sila ketiga adalah Persatuan Indonesia. Banyak yang sudah mengetahui bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan suku, agama dan ras. Maka nilai yang dapat kita ambil dari pancasila sila ketiga dalam bulan ramadan yaitu dengan saling menghargai satu sama lain. Bagi yang sedang tidak melaksanakan puasa untuk menghargai umat yang sedang berpuasa dengan cara tidak makan atau minum di depan orang yang sedang berpuasa tersebut. Sebaliknya, kita sebagai umat yang berpuasa juga bisa menghargai orang-orang yang sedang tidak berpuasa, jangan menghakimi mereka. Hal ini dilakukan atas dasar rasa menghargai satu sama lain agar tercapai Persatuan Indonesia karena perbedaan bukanlah sebuah penghalang.

Sila keempat yaitu Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan dan Perwakilan. Nilai yang terkandung dalam pancasila sila keempat ini terdapat dalam kehidupan sehari hari tepatnya saat bulan ramadan tiba yaitu dengan membuat rencana untuk buka bersama dengan teman-teman. Sebab, dalam menentukan tanggal untuk buka puasa bersama membutuhkan suatu musyawarah bagi seluruh peserta atau pelaksana acara buka bersama agar tercipta sebuah rencana yang disepakati bersama.

Advertisement

Sila kelima adalah Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Nilai yang terkandung dalam pancasila sila kelima di bulan suci ramadan dapat dipraktikan dengan adanya zakat fitrah yang hukumnya wajib bagi seluruh umat islam yang mampu. Dengan mengeluarkan zakat fitrah ini akan dapat menumbuhkan nilai sosial bagi sesama.

Jadi, bulan ramadan merupakan waktu yang tepat untuk melaksanakan pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, pada dasarnya pancasila merupakan pedoman dan juga dasar bagi bangsa Indonesia yang isi dan nilainya merupakan sebuah perilaku yang tidak dapat diragukan lagi kebenarannya dalam kehidupan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya