Kekuatan K-Popers Indonesia di Balik Kesuksesan Idola. Dedikasinya Nggak Perlu Diragukan Lagi!

kekuatan kpopers Indonesia

Potensi penggemar K-Pop Indonesia tak perlu diragukan lagi. Jangan heran apabila kamu melihat banyak idola K-Pop menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang dituju untuk mengadakan konser atau pun jumpa penggemar.

Advertisement

Sebagai negara berpenduduk besar, Indonesia memiliki potensi yang cukup menjanjikan untuk membuat karya-karya mereka melejit, salah satunya lewat kanal YouTube. Sudah menjadi hal biasa bagi penggemar K-Pop untuk menjadi penyumbang viewers dengan cara menonton music video (MV) idola mereka. Dalam hal berinteraksi, penggemar K-Pop banyak menggunakan media sosial Twitter. Tak jarang penggemar K-Pop Indonesia menjadi pelopor untuk menaikkan topik seputar K-Pop di platform tersebut.

Ternyata menjadi penggemar K-Pop atau biasa disebut kpopers tidak sesederhana menikmati musik sang idola saja. Di balik itu para kpopers menyimpan kekuatan besar untuk membantu menyukseskan idola favorit mereka. Selain lewat streaming MV di Youtube dan menaikkan tagar di Twitter, ada pula kelompok penggemar yang bersatu untuk menggalang dana dan gencar melakukan voting.



Fanpage Khusus Penggemar Indonesia

Advertisement

Setiap artis pasti memiliki fanpage atau halaman khusus untuk menyebarkan informasi dan perkembangan terkait artis tersebut. Nungky, salah satu admin dari fanpage boy group SEVENTEEN, bernama “Carat with Seventeen” mengatakan bahwa banyaknya fans Indonesia yang bergabung membuat fanpage yang awalnya berskala internasional ini membuka cabang khusus penggemar Indonesia.


“Awal terbentuknya itu karena ada beberapa member yang berasal dari Indonesia mengusulkan untuk membuat grup voting khusus untuk penggemar Indonesia,” ujarnya.


Selaras dengan yang dikatakan Nungki, Efri, admin utama dari fanpage lain, yakni “Seventeen Billboard” pun mengatakan hal serupa.



Kontribusi Penggemar Untuk Comeback Sang Idola

Seperti yang telah disebutkan di awal, para kpopers tidak hanya melakukan streaming MV di Youtube. Lebih dari itu ternyata mereka juga membagi tim berdasarkan platform streaming.


“Ada tim yang bertugas streaming di Spotify, Youtube, Melon, dan Genie setiap comeback,” ujar Efri.


Karena beberapa platform tidak bisa dinikmati secara gratis, mereka pun tak segan mengeluarkan dana untuk membelinya.

Nungky menambahkan, selain melakukan streaming di platform-platform tersebut, para anggota pun melakukan voting untuk acara musik dan poling tertentu.

Banyaknya poling yang harus diikuti membuat para kpopers harus menyiapkan banyak penyimpanan di gawai mereka serta membuat banyak akun untuk membuat sang idola menang.



Kontribusi Lain di Luar Keperluan Comeback

Tak hanya menyukseskan comeback sang idola, biasanya mereka pun melakukan hal lain seperti mengadakan selebrasi ulang tahun.


“Ketika ada anggota yang berulang tahun, kita ikut kontribusi di aplikasi Choeaedol agar anggota tersebut mendapat title Charity Fairy,” ujar Nungky.


Sebutan Charity Fairy ini akan di dapat bila para penggemar berhasil mengumpulkan 55,555,555 vote dalam satu hari untuk sang idola. Jumlah vote ini setara dengan 500,000 won yang nantinya akan diberikan pada anak-anak berkebutuhan khusus atas nama idola tersebut. Selain selebrasi ulang tahun, mereka pun pernah membuat projek amal.


“Seventeen Billboard pernah ikut menggalang dana untuk acara amal Save Our Earth,” jelas Efri.




Peran Besar Penggemar Indonesia Dalam Menyukseskan Idola K-Pop

Tak perlu dipertanyakan lagi kenapa MV idola K-Pop bisa mencapai jutaan viewers dalam satu malam dan kenapa mereka bisa memenangkan banyak kategori di berbagai ajang penghargaan. Jawabannya adalah karena ada kelompok penggemar yang tidak hanya menikmati musik mereka tapi juga menyumbang kekuatan lain, dan penggemar Indonesia menjadi salah satu penggemar yang perlu diacungi jempol atas kerja kerasnya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE