Kenali Dirimu dan Kenalkan Dirimu Kepada Orang Lain Untuk Mengungkapan Diri Kita yang Sebenarnya

Self Disclosure merupakan suatu proses untuk membuka diri atau mengenalkan diri kepada dunia atau orang lain saat berkomunikasi dan mendapatkan informasi tentang informasi dirinya sendiri dari perspektif orang lain. Dengan adanya pengungkapan diri kita dapat mengetahui pandangan orang lain terhadap diri kita, apakah mereka benar-benar mengenal diri kita atau sekedar mengetahui diri kita, apakah mereka mengetahui diri kita secara personal atau biasa saja. Dan kita juga mengetahui apa yang dipikirkan seseorang.

Advertisement

Self Disclosure menurut ahli :


  1. Sidney Marshall. Pengungkapan diri adalah ekspresi seseorang dalam memberikan sebuah informasi tentang diri mereka dan bagian dari proses komunikasi interpersonal yang ada proses berbagi informasi tentang diri sendiri dengan orang lain sehingga dapat mengetahui apa yang sedang dipikirkan, dirasakan, dan dinginkan oleh seseorang.

  2. Joseph A. DeVito. Jenis komunikasi yang mengungkapkan informasi seorang individu tentang informasi pribadi yang disembunyikan.

  3. Joseph Luft. Dalam pengungkapan diri setiap individu bisa dan tidak mengetahui dirinya sendiri bahkan orang lain” seperti yang dijelaskan dalam teori Johari Window.



Teori Johari Window

Advertisement


  • Open Self. 

    Orang lain mengetahui kepribadian diri kita, dan kita mengetahui kepribadian diri kita sendiri

  • Blind Self. 

    Orang lain mengetahui kepribadian diri kita, dan kita tidak mengetahui kepribadian diri kita sendiri

  • Hidden Self. 

    Orang lain tidak mengetahui kepribadian kita, tapi kita mengetahui kepribadian diri kita sendiri

  • Unknown Self. 

    Orang lain tidak mengetahui kepribadian diri kita, dan kita tidak mengetahui juga kepribadian diri kita sendiri



Dalam mengungkapkan diri pastinya mempunyai manfaat dan risiko baik kepada diri kita sendiri ataupun kepada orang lain, berikut manfaat dan risiko membuka diri. Manfaat:

Advertisement


  • Mempererat persahabatan

  • Menambah kepercayaan diri

  • Meningkatkan self-esteem

  • Mendapatkan kepercayaan orang lain

Risiko:


  • Orang lain menganggap kita memberikan impresi yang buruk

  • Kita dianggap sebagai pribadi yang aneh oleh orang lain

  • Dapat terjadinya sebuah pengkhianatan. Kita juga harus mempunyai tujuan untuk mengungkapkan diri kita, lantas apa yang harus dipersiapkan sebelum kita mengungkapkan diri kita kepada orang lain?

  • Dapat menerima diri. Kita harus dapat menerima diri kita sendiri dengan apa adanya, seperti kita harus terima apa adanya jika tinggi badan kita pendek, tinggi, besar, kecil, dan sebagainya karena itulah diri kita.

  • Dapat merencanakan masa depan. Tentunya kita harus bisa membuat sebuah rencana untuk dilakukan ke depannya untuk masa depan diri kita sendiri, seperti sebelumnya jika kita pendek maka kita harus berusaha untuk melakukan sesuatu agar bisa menjadi lebih tinggi.

  • Membuat target yang realistis. Mirip dengan sebelumnya selain membuat sebuah rencana untuk di masa depan kita juga harus membuat sebuah target yang realistis, maksudnya adalah kita membuat sebuah target yang sekiranya dapat kita raih dengan kemampuan diri kita.

  • Mengembangkan kemampuan dan potensi. Kali ini kita harus mengembangkan kemampuan dan potensi kita karena itu merupakan salah satu hal penting untuk diperhatikan

Selain itu kita juga harus memperhatikan beberapa hal seperti :


  • Selektif dalam berinteraksi dengan seseorang. Ketika akan berinteraksi dengan seseorang kita harus bisa selektif, maksudnya memilih seseorang yang Anda pikir cocok untuk diajak berinteraksi.

  • Selektif dalam memilih situasi. Kita harus dapat membaca dan memilih situasi yang cocok untuk memulai sebuah interaksi dengan seseorang

  • Bangun kepercayaan diri. Kepercayaan diri harus dibangun dan dipertahankan karena itu merupakan kunci penting dalam melakukan interaksi dengan seseorang

Jika Anda telah menemukan situasi yang tepat maka Anda bisa melakukan interaksi dengan tenang tapi jika sekiranya situasi sedang tidak mendukung sebaiknya tunda terlebih dahulu. Semoga setelah membaca artikel kita semua dapat menjadi seseorang yang bisa mengungkapkan dirinya sendiri dengan baik dan tanpa ada kendala apa pun.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE