Mengenali Toxic People dan Cara Menghadapinya. Biar Kamu Nggak Merugi Karenanya

Toxic People dan Cara Menghadapinya

Ketika menjalin hubungan dengan seseorang teman atau kenalan, kamu merasa lelah dan energi terkuras habis jika terus menjalin komunikasi dengan mereka. Bisa jadi kamu sedang berhadapan dengan toxic people. Untuk menentukan seseorang tersebut toxic bisa dilihat dengan cara dia berinteraksi di kehidupan sehari-hari. Biasanya toxic people sering mengeluh tentang apapun masalah yang sedang dia hadapi, menyebarkan hal negatif, suka mengkritik, pesimis, tidak suka melihat orang lain senang, playing victim, dsb. Orang-orang toxic juga berpotensi memicu munculnya toxic relationship. Kenali tanda-tandanya dan untuk lebih jelasnya kamu bisa baca artikel Satu Persen "Tanda Lo Berada Dalam Toxic Relationship"

Advertisement

Lantas bagaimana cara berhadapan dengan toxic people? Simak tips di bawah ini.

1. Self love 

Self love dapat kamu jadikan tameng agar kamu selalu bahagia walaupun berada di lingkungan toxic. Berinteraksi dengan toxic people memang melelahkan, untuk itu perlu kamu imbangi dengan self love supaya kamu bisa recharge energi. Kamu bisa memulai hari dengan melakukan aktivitas yang bikin kamu bahagia, hal ini dapat membuat kamu memiliki banyak energi positif untuk menjalani hari.

2. Batasi waktu ketika bersama mereka

Orang toxic cenderung hanya fokus pada diri mereka dan apa yang mereka inginkan. Hal ini membuat percakapan dengan mereka menjadi tidak menyenangkan. Jadi tidak ada salahnya untuk mengurangi waktu yang kamu habiskan dengan mereka.

Advertisement

3. Keluar dari percakapan

Ketika sedang terjebak dalam percakapan toxic yang mana orang tersebut menyalahkan, menuduh, dan menjatuhkan kamu, cobalah untuk tidak menanggapi dan cukup mengamati apa yang dia katakan. Karena jika kamu membela diri sebenarnya tidak peduli apa yang kamu rasakan dan pikirkan. Respon orang tersebut seolah-olah kamu bukan diri kamu dan dia, atau menjadi netral. Menjadi netral dapat membantumu untuk mengetahui alasan mereka menjatuhkanmu atau sebagai refleksi diri.

4. Berikan komentar positif

Latihlah dirimu memberikan komentar positif untuk merespon komentar negatif yang mereka berikan. Komentar negatif kamu justru membuat orang tersebut semakin senang, karena membuat mereka dominan. Cobalah berikan respon seperti “hm menarik ya kamu bilang hidup aku gak pernah susah”. Komentar seperti ini akan membuat mereka kesal, karena tujuan mereka adalah menjatuhkan kamu, tapi kamu justru memberikan respon positif seolah-olah apa yang dia katakan tidak berarti bagimu.

5. Bicaralah dengan mereka tentang perilakunya

Hal ini mungkin membutuhkan keberanian untuk melakukannya, namun tidak ada salahnya kamu mencobanya. Karena biasanya orang toxic tidak menyadari bahwa tindakan mereka ini berdampak buruk bagi orang lain. Percakapan terbuka dapat membantu mereka menyadari bahwa perilaku ini tidak dapat diterima.

Nah, sekarang kamu sudah tau kan cara-cara untuk menghadapi orang-orang toxic di sekitarmu. Tips tersebut jangan lupa dipraktekkan ya, supaya kamu tidak terjebak dengan orang-orang toxic

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Platform tempatmu berkembang menuju #HidupSeutuhnya

CLOSE