Mengapa banyak artis memilih bersekolah di Inggris ya?

Kenapa ya banyak artis yang melanjutkan pendidikannya di luar negri, khususnya di negara Inggris, atau United Kingdom, emang apasih bedanya sama di Indonesia? Kenapa mereka sampai jauh banget buat pendidikan aja, siapa aja sih artis Indonesia yang sekolah di sana dan gimana sih negaranya, sebelum tahu lebih lanjut, kita kenalan dulu yuk sama negara United Kingdom ini.

Pada umumnya banyak yang mengira bahwa negara United Kingdom adalah negara Inggris, banyak yang salah mengartikan bahwa United Kingdom dan Inggris adalah sama, padalah berbeda, belajar sejarahnya yuk.

Advertisement

1. England

England atau Inggris merupakan negara bagian terbesar dan terpadat penduduknya bila dibandingkan dengan negara-negara bagian yang membentuk Persatuan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara lainnya. Negara-negara lainnya adalah Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara. Seringkali nama Inggris dipakai untuk menyebut keseluruhan negara ini.

2. Great Britain

Advertisement

Great Britain (GBR) adalah sebutan untuk kerajaan kesatuan antara England, Scotland, dan Wales. Dengan wilayah terluas adalah England. Kerajaan ini diciptakan di bawah Undang-Undang Persatuan tahun 1707 dengan tujuan untuk menciptakan sebuah kerajaan tunggal yang terdiri dari seluruh pulau Britania Raya. Kerajaan mempunyai sebuah parlemen tunggal dan pemerintahannya berpusat di Westminster, London. Kerajaan ini kemudian digantikan oleh Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia pada 1801 ketika Kerajaan Irlandia dimasukkan dengan diberlakukannya Undang-Undang Persatuan 1801.

3. United Kingdom

United Kingdom adalah nama baru Great Britain setelah Irlandia Utara ikut bergabung dengan kerajaan kesatuan ini. Meskipun Irladia sudah merdeka tapi Northern Ireland (Irlandia Utara) masih bagian dari UK. Nama resmi Inggris yang sebenarnya adalah “United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland.” Jadi anggotanya itu England, Scotland, Wales and Northern Ireland, makanya disebut United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland.

Jadi kesimpulannya seperti ini. Inggris merupakan negara bagian dari UK, sedangkan Britania Raya terdiri dari Inggris, Skotlandia, dan Wales. UK meliputi Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara dan nama lengkapnya adalah “The United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland.”

Sudah jelas bukan dari sisi sejarah singkatnya sekarang.

Sekarang kita kenalan lagi dengan kebudayaan barat yang dianut oleh negara United Kingdom atau UK dari yang mulai postif untuk kita tiru untuk kita tiru, yaitu antara lain:

1. Budaya memberikan tip

Jika mereka makan di restoran atau kafe, memberikan tip sekitar 10% merupakan kebiasaan yang sudah umum dan sudah setiap orang melakukannya.

2. Bertanya tentang gaji adalah tabu

Di dalam budaya orang Inggris, mereka tidak suka berbicara atau bertanya tentang gaji mereka. Karena bagi mereka, bertanya tentang gaji orang lain merupakan sesuatu yang tidak sopan, karena itu sesuatu yang privasi dan sedikit sensitif.

3. Banyak mengucapkan terimavkasih, maaf, tolong

Di Inggris kata terima kasih, tolong, maaf dan lain-lain adalah normal di ucapkan untuk hal-hal yang kecil dalam percakapan. Tidak di haruskan di mana untuk mengatakan kata-kata ini, namun orang-orang Inggris akan merasa nyaman bila kata-kata sopan itu digunakan dalam percakapan dengan mereka.

4. Patuh terhadap peraturan

Orang-orang Inggris mereka selalu mengikuti peraturan yang ada. Bila peraturan itu tidak boleh menyentuhnya, mereka tidak akan menyentuhnya ke hal tersebut. Bila di tempat itu ada aturan no camera, no phone, no talk dan lain lain, mereka benar-benar tidak akan melakukan hal yang dilarang itu.

5. Selalu bawa tas belanja atau plastik sendiri

Mereka selalu membawa tas atau plastik belanja bila ingin belanja. Pada saat anda akan belanja, selalu bawa plastik atau tas belanja sendiri. Jika tidak, anda akan di minta membayar untuk plastik bila membutuhkannya.

Kemudian mengenai pendidikan, pendidikan di Inggris menawarkan metode pengajaran yang variatif dan menginspirasi, fasilitas unggulan, serta lingkungan penelitian kelas dunia. Kalau kamu sekolah di Inggris, metode pengajaran yang segar dan efektif akan membuatmu terinspirasi, kebebasan untuk menjadi kreatif, dan banyak dukungan dari sekolah atau kampus yang kamu butuhkan untuk mencapai yang terbaik ada di sini.

Universitas dan perguruan tinggi Inggris berinvestasi dalam fasilitas, mulai dari dari perpustakaan, komputer dan ilmu laboratorium untuk pusat olahraga, teater dan studio seni. Ukuran kelas dibatasi untuk memastikan bahwa kamu memiliki akses ke peralatan dan cukup waktu untuk berbicara dengan tutor dan dosen.

For Your Information:


  • Empat dari enam universitas terkemuka di dunia berada di Inggris

  • Lebih dari 88% lulusan pendidikan tinggi internasional menyatakan mereka puas dengan pengalaman belajar mereka di Inggris

  • Lebih dari 92 % menilai kualitas pengajaran secara positif

  • Inggris adalah bangsa riset terkemuka di dunia

  • 54% dari penelitian yang dilakukan oleh universitas dan perguruan tinggi Inggris digolongkan sebagai 'terkemuka di dunia' atau 'unggul secara internasional'

Dan setelah melihat fakta yang menarik dalam dunia pendidikannya, kita refreshing dulu yuk, nggak afdol rasanya ke luar negri atau keluar kota sekalipun, kalo nggak icip-icip makanan khasnya, mari simak yuk siapa tahu kita bisa tiru di rumah.

1. Muffin

Muffin merupakan sejenis makanan tradisional berbentuk gulungan, bundar dan tipis. Bahan dasarnya terbuat dari adonan roti yang diberi ragi. Paling enak, kue manis ini dinikmati saat musim dingin dan disajikan bersama minuman hangat seperti teh atau kopi. Cara makannya pun unik, harus disobek dulu dan diberi olesan mentega kemudian dipanggang lagi.

2. Yorkshire Pudding

Puding selalu identik dengan makanan bercitarasa manis dengan lelehan coklat dan susu. Namun di Inggris, ternyata ada pudding yang menggunakan toping daging serta sayuran. Pada dasarnya pudding di Inggris terbagi menjadi dua rasa yaitu manis dan gurih. Pada umumnya disantap pada acara Sunday Lunch. Pudding ini biasanya dihidangkan bersama makanan utama. Ini adalah cara tradisional menyantap pudding dan masih umum di bagian Yorkshire sampai saat ini. Sausnya yang kaya ditambah dengan irisan daging panggang akan menambah rasanya. Selain daging tentu saja sayuran dengan peterseli atau saus putih juga sering disajikan.

3. Fish and Chips

Fish and chips adalah makanan yang berbahan dasar ikan dan kentang yang digoreng. Makanan ini pertama kali diperkenalkan di Inggris pada tahun 1860-an. Ukuran chips yang lebih besar daripada kentang goreng cukup membuat Anda kenyang. Meskipun digoreng fish and chips sangat lembut, ini karena ikan yang digunakan dihaluskan terlebih dahulu

Sudah icip-icip kenyang rasanya melihat makakan yang sangat lezat yang belum kita rasakan, melihatnya saja udah ngiler banget, gimana rasanya, apalagi nyobain langsung, pasti bakalan sekali lahap langsung abis nih, makan enak, terus belajar juga asik, gimana nggak makin asik tuh dunia serasa tanpa beban kalo gitu ya guys, haha. Dan yang paling dan harus dikunjungi untuk feed Instagram makin kece adalah tempat instagramable di Inggris adalah, yuk simak lagi.

1. Big ben

Rasanya nggak afdol kalau ke Inggris tapi nggak menyempatkan diri mengunjungi Big Ben. Big Ben sendiri adalah landmark dari kota London yang sudah berusia sekitar 150 tahun

2. Stonehenge

Stonehenge adalah tempat wisata di Inggris yang tidak boleh Anda lewatkan dan merupakan salah satu situs prasejarah yang paling penting di dunia.

3. Windsor Castle

Sering disebut sebagai bangunan benteng terbesar dan tertua di dunia. Ini adalah salah satu tempat tinggal resmi Ratu Elizabeth II

4. York Minster

Adalah salah satu katerdal Gothic terbesar di Eropa utara. Gereja ini adalah gereja tertinggi di Inggris

5. Cotswolds

Adalah salah satu daerah tujuan favorit para wisawatan di Inggris, Cotswolds sendiri sering digunakan sebagai lokasi syuting film British seperti ‘The Casual Vacancy’, ‘Wolf Hall’, dan ‘Poldark’.

Belajar sudah, perut juga udah kenyang, foto-foto buat Instagram udah lalu yang paling terakhir adalah siapa saja artis yang memilh inggris untuk melanjutkan sekolahnya disana dan mungkin bisa jadi inspirasi kita, yuk, simak sekali lagi, guys.

1. El Rumi

Putera kedua pasangan musisi Ahmad Dhani dan Maia Estianty, El Rumi memilih untuk melanjutkan pendidikannya di salah satu perguruan tinggi di London, Inggris. El diketahui akan mengambil jurusan bisnis di University of London.

2. Shallom Razade

Wulan Guritno harus merelakan putri sulungnya, Shaloom Razade, untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri, remaja cantik ini diterima di jurusan marketing, di Coventry University, London, Inggris.

3. Gita Gutawa

Putri sulung dari maestro Erwin Gutawa ini melanjutkan pendidikan S1 nya di Birmingham University, Inggris beberapa tahun yang lalu. Setelah menyelesaikan pendidikan S1-nya, Gita langsung meneruskan pendidikan S2 di London School of Economics and Political Science, Inggris.

4. Teuku Rasya

Teuku Rasya merupakan anak tunggal dari pernikahan aktris Tamara Blezynski dengan mantan suaminya, Teuku Rafly Pasya. Saat ini, Rasya sedang menempuh pendidikan di universitas yang sama dengan Shaloom, yaitu Coventry University, Inggris.

5. Valerie Thomas

Valerie Thomas merupakan putri bungsu dari pasangan Jeremy Thomas dan Ina Thomas. Saat ini, dara berusia 18 tahun tersebut sedang menjalani pendidikan S1 nya di London, Inggris.

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya