Keresahan Fresh Graduate di Kala Pandemi, Semangat Ya Kita, Yuk Coba Terus!

Jangan patah semangat ya~


Fresh Graduate A :Gimana ya ini, mau kerja apa ya sekarang ? Susah banget sekarang dapat kerjaan karena corona ini.

Fresh Graduate B : iya nih, sial banget kenapa ya harus lulus di tengah pandemi corona?


Advertisement

Berbagai macam keresahan pastinya banyak diungkapkan oleh masyarakat, terkhusus juga para lulusan baru. Sudahlah hampir 2 tahun menekuni perkuliahan secara online, bahkan sidangnya pun harus online. Nah ini setelah wisuda pun harus merasakan penatnya mencari kerja di kala pandemi seperti ini.

Dunia sekarang emang sudah tidak baik-baik saja, terkhusus juga di Indonesia. Banyak sekali PHK dimana-mana, dan juga banyak sekali usaha-usaha yang bangkrut, karena dapat kita lihat sendiri dampak yang benar-benar nyata ketika pemerintah memutuskan harus membuat kondisi negara terkhusus ibukota menjadi PPKM Level 3. Dimana itu mensinyalir kita harus tetap di rumah dan diharapkan jangan pergi keluar kalau tidak perlu.

Sebagai Fresh Graduate di masa-masa pandemi, haruslah rela menunggu sementara kondisi yang lagi kacau-kacaunya ini. Lamaran online sudah entah berapa banyak dikirim ke berbagai perusahaan, bahkan kadang yang tidak sedang membuka lowongan juga tetap di apply kesana dengan harapan sampai diundang ke tahap interview. 

Advertisement

Di masa-masa ini pendidikan bukanlah sebagai syarat utama untuk bisa di terima kerja, tapi harus ada kemampuan dan pengalaman yang dibutuhkan oleh tiap perusahaan-perusahaan, kadang skill-skill yang dulunya tidak pernah kita pelajari sekarang harus sudah mulai kita pelajari. Dengan adanya informasi dan internet yang bisa kita akses dimana saja, kita gampang melamar pekerjaan, tapi kita juga semakin kesulitan untuk berkompetisi dengan semua orang, karena informasi gampang di akses dimana saja.

Terkadang proses interview online sudah sering dihadapi tapi kabar baik tak juga kunjung datang, entah sampai berapa lama lagi proses ini. Tetap semangat di kala pandemi adalah hal yang mungkin sangat susah untuk para Fresh Graduate. Rasa-rasanya udah mau nyerah aja, udahlah buka bisnis aja, tapi modal juga belum ada.

Untuk para fresh graduate diluar sana, kita sama-sama menghadapi dunia yang penuh dengan derita dan dukanya sendiri, ada banyak sekali lowongan kerja tapi lebih banyak lagi penolakan yang terjadi, tapi nggak apa-apa, hidup harus tetap mencoba sampai kapanpun. Gagal itu ada batasnya, yakinlah! Hidup dengan kegagalan emang gak enak, tapi itu yang dinamakan hidup. Hidup penuh dengan proses belajar yang tidak pernah berhenti, semoga kita tetap tahan uji sampai akhirnya kita dapat pekerjaan yang kita idam-idamkan. God Bless Sobat Hipwee dan Para Pejuang Kerja diluar sana.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Yesterday is not ours to recover, but tomorrow is ours to win or lose. -Lyndon B. Johnson

CLOSE