Keseruan Ngabuburit Bermanfaat Bersama BSI Ramadhan Fest 2021. Ada Apa Aja Sih?

Ramadhan penuh berkah

Bulan ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu oleh umat islam setiap tahunnya. Ada aktivitas-aktivitas yang lekat sekali dengan bulan ramadhan, selain berpuasa menahan haus dan lapar, biasanya ngabuburit di sore hari sambil menunggu berbuka puasa dengan berburu takjil.

Advertisement

Namun sebenarnya banyak sekali kegiatan yang bermanfaat di bulan ramadhan ini, terutama mengikuti banyak kajian supaya kita banyak mendapatkan ilmu pengetahuan seputar makna dari bulan ramadhan itu sendiri. 

Walaupun bulan ramadhan tahun ini sama seperti tahun lalu, yaitu masih diliputi dengan pandemi yang belum berakhir, namun tidak menjadikan hal tersebut untuk menghentikan kita mencari berkah dan ilmu pengetahuan selama bulan ramadhan. 

Seperti acara yang diadakan Hipwee bersama BSI (Bank Syariah Indonesia) dengan tema 'Ramadhan Fest 2021'. Ini adalah Virtual fest terbesar di sepanjang bulan ramadhan 1442 H. Rangkaian dari acara ini seru banget.

Advertisement

Salah satunya kalau kalian menghadiri kajian islami yang bertema 'Menjaga Iman dan Imun Saat Pandemi'. Kajian yang disampaikan oleh Ust Zaidul Akbar ini sangat bermanfaat. Karena beliau menyampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan selama bulan ramadhan.

Ust Zaidul Akbar membahas esensi dari keimanan di bulan puasa. Bahwa bukan hanya menahan lapar dan haus saja, namun bagaimana puasa itu membuat kita harus bisa menahan seluruh anggota tubuh kita dari melakukan sesuatu yang tidak bermanfaat dna tidak mendatangkan berkah, apalagi pahala.

Selama bulan puasa, selain menahan lapar dan haus, kita juga harus menjaga imunitas dengan cara kembali ke konsep tanah yang Tuhan ciptakan. Apa itu konsep tanah? Konsep tanah adalah kita makan dan minum dari hasil tanah yang tidak diolah secara berlebihan, sehingga kandungan di dalamnya tidaklah berkurang.

Selama berpuasa, tidak jarang saat berbuka kita seringkali mengkonsumsi makanan yang hanya membuat lapar mata saja karena seharian menahan lapar dan haus, namun kita lupa tentang kandungan di dalamnya yang mungkin tidak cukup sehat untuk dikonsumsi. Sehingga ini juga harus diperhatikan, agar kita bisa memilih makanan-makanan yang sehat juga, bukan hanya nikmatnya saja. Agar kita tidak kehilangan manfaat makanan tersebut untuk tubuh kita.

Berbicara tentang imun dan iman, kita juga disuguhkan kajian islami dengan tema 'Membangun Keluarga Quran Yang Dirindukan Syurga'. Kajian tema ini disampaikan oleh Ust Wijayanto. Banyak sekali hal-hal yang disampaikan beliau yang mungkin belum kita ketahui.

Contohnya mungkin selama ini kita hanya membaca Quran saja tanpa belajar untuk memahaminya. Padahal dengan memahaminya juga bisa mendapatkan hidayah yang luar biasa, karena Quran itu merupakan sumber kemuliaan sebab Quran menjadi cahaya di dunia dan juga akhirat.

Tidak hanya menyampaikan betapa pentingnya membaca sekaligus memahami Quran, beliau juga menyampaikan bahwa rumah yang kita tempati harus menjadi mushola dan madrasah dimana tempat nilai-nilai budaya dan agama harus ada. Sehingga bukan hanya menjadi tempat tinggal saja, namun tempat belajar banyak hal.

Kajian islami yang disampaikan selama BSI Ramadhan Fest 2021 banyak sekali memberikan ilmu yang mungkin belum banyak diketahui. Sehingga acara ini membantu kita untuk lebih memahami esensi dari bulan puasa dan juga bagaimana memiliki keluarga dengan tujuan Syurga. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An independent human being.

CLOSE