Setiap orang punya definisi sukses yang berbeda. Ada yang menilai sukses dari materi, pangkat, dan nilai akademik yang mereka dapatkan. Bahkan tidak sedikit orang yang bekerja keras untuk mendapatkan semua hal yang mereka sebut sukses. Hasil usaha mereka menjadi sukses diterima berbeda-beda, ada yang sukses ketika sudah masuk usia 40an ke atas dan ada juga yang usia 20an. Banyak perempuan muda yang kadang lupa tentang sukses yang satu ini: sukses menjaga diri.


Perempuan berbeda dengan laki-laki, semua perempuan ibarat kaca dan apabila kaca menjadi pecah, diberikan perekat jenis apapun tidak akan menghilangkan bekasnya bahkan sebagian serpihan kaca sulit ditemukan kembali.


Advertisement

Sebagian dari kita mungkin belum paham tentang sukses yang satu ini. Sukses menjaga diri sendiri itu penting,  apalagi sebagai perempuan di usia muda banyak sekali godaan yang mengatas namakan cinta sejati dapat menghancurkan kehormatan kita sebagai perempuan. Beberapa perempuan gagal mendapatkan sukses seperti ini di usia muda. Tapi selamat untuk semua perempuan yang masih bertahan dan bisa melewati semua godaan yang berpotensi menghancurkan kehormatan sebagai perempuan. Sebab cinta sejati adalah cinta yang tidak menghancurkan harga diri seorang perempuan.


Cinta sejati adalah cinta yang menjaga dan mendukung bahkan menolong. Kenapa perempuan muda harus menjaga diri?


Karena kalau perempuan kehilangan kehormatan sangat mempengaruhi masa depannya dan tidak sedikit dari perempuan yang kehilangan kehormatan menjadi korban kekerasan secara psikis, menerima hujatan orang lain, mudah di permainkan perasaannya oleh lawan jenis karena di anggap murah. Sebagai perempuan semua yang kita dapatkan tidak akan menjadi berarti apabila kita kehilangan kehormatan.

Advertisement

Apalagi di Indonesia ini, kehormatan seorang perempuan dinilai lebih menarik dibandingkan dengan perempuan yang sekolah dengan banyak gelar, gaji yang besar, dan indah secara fisik.

Itulah kesuksesan yang patut kita banggakan sebagai perempuan di usia muda. Belajar untuk tidak terpengaruh dengan perkembangan zaman yang mengajarkan kita untuk melepaskan kehormatan sebagai perempuan untuk orang yang bukan suami kita.

Jangan juga takut untuk terbuka kepada orang tua terutama Ibu tentang pengaruh apa yang kita dapatkan dari lingkungan pergaulan supaya orang tua membantu mencari solusi yang tepat. Tapi bagi perempuan yang telah gagal dalam menjaga diri, jangan khawatir mungkin ada sisi lain dari diri mu yang menarik dan layak untuk dibanggakan. Berdiri dan melangkah maju serta jadikan itu sebagai pelajaran, kamu juga berhak bahagia 😊

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya