Surat Terbuka untukmu yang Masih Membandingkan Diri dengan Orang Lain. Hey, Kamu Itu Istimewa!

untukmu yang masih membandingkan diri

Jika sekarang kamu membaca ini, berarti kamu sedang tidak berada dalam fase baik-baik saja dan kamu sedang merasa bahwa kamu tidak cukup baik, entah itu terhadap dirimu sendiri atau terhadap orang lain. Semua orang pasti pernah merasakan hal ini ketika mereka merasa bahwa mereka tidak cukup baik. Itu merupakan perasaan yang wajar ketika kita memilikinya. Yang tidak wajar ialah ketika kita terlalu larut dalam perasaan tersebut. Banyak faktor yang membuat kita bisa merasakan hal itu dan ada pula faktor yang mesti diperhatikan dan dipikirkan ketika kita ingin larut dalam perasaan tersebut,

Advertisement


Semua orang yang kita bandingkan dengan diri kita, mereka juga membandingkan diri mereka dengan orang lain.


Ketika kita merasa kita tidak cukup baik, salah satu alasannya ialah pasti karena kita membandingkan diri kita dengan orang lain yang kita lihat mereka punya segalanya, entah itu wajah yang cantik, badan yang langsing, dll.

Padahal ketika kita melihat orang lain dan mencoba untuk benar-benar mengerti mereka, daripada kita hanya melihatnya lewat penilaian dan kecemburuan, alangkah lebih baiknya kita bisa melihat mereka sebagai diri mereka—seorang manusia. Mereka memang terlihat cantik, terlihat langsing, terlihat memiliki segalanya tetapi mereka sebenarnya sama saja seperti kita, mereka juga pasti memiliki dan sedang melewati fase-fase atau ujian-ujian hidup yang datang kepada mereka.

Advertisement


Kamu perlu dengan sepenuhnya menerima dan berdamai dengan waktu ‘sekarang’ sebelum kamu meraih waktu ‘esok’


Ketika kita merasa diri kita tidak baik mungkin karena ada hal-hal yang kita coba lakukan tetapi gagal, dan bahkan kegagalan tersebut selalu terjadi, misalnya seperti ingin merubah diri kita sendiri. Satu hal yang berkaitan dengan membuat perubahan atau meraih fase selanjutnya ialah kamu tidak akan merasa benar-benar puas dengan ke mana kamu akan pergi sampai kamu bisa menerima, memahami, dan mengapresiasi di mana kamu sekarang.

Advertisement

Yang bisa kamu lakukan yaitu merangkul dan berdamai dengan di mana kamu sekarang, menerima kegagalan tersebut dan mencoba untuk memperbaiki jika ada sesuatu hal yang dirasa emang salah. Maka perjalanan mu untuk mencapai fase selanjutnya akan terasa lebih mudah dan lebih berharga.


Kamu tidak bisa membenci bagaimana cara kamu mencintai dirimu sendiri


Dengan berkata ke diri kita sendiri bahwa kita adalah suatu kegagalan, bahwa kita sangat tidak baik untuk diri kita sendiri ataupun untuk orang lain, hal tersebut tidak akan bisa membawa kita kemana-mana. Dan berkata ke diri sendiri bahwa kita tidak hidup semaksimal mungkin pun juga tidak akan bisa membawa kita meraih tempat maksimal tersebut. Dan juga berkata ke diri kita sendiri bahwa kita tidak berharga dan kita tidak dicintai, tidak akan membuat kita merasa kita lebih berharga ataupun dicintai.

Ini mungkin terdengar simple, tetapi satu-satunya cara untuk mendapatkan self-love ialah ketika kita bisa mencintai diri kita sendiri, terlepas dari siapa diri kita dan di fase apa kita sedang berada.

Kita semua cukup hanya dengan menjadi diri kita sendiri. Dan self-love akan terasa lebih mudah kita dapatkan jika kita selalu mengingatkan diri kita tentang hal tersebut, maka kita tidak akan merasakan perasaan bahwa kita tidak cukup baik lagi kedepannya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

une femme libre

CLOSE