Cerita lama tergantikan oleh cerita singkat yang baru saja dimulai, 3 tahun tergantikan oleh 3 bulan. Sosok yang seharusnya bisa mendampingiku, membimbingku namun kenyataannya adalah aku yang membimbingnya. Aku yang mendampinginya, dan aku yang membuat dia mengerti. Aku berharap sosok itu yang dapat mendampingiku dalam keimanannya, dalam istiqomahnya, dan dalam kekuatan hatinya. Tapi sayang, ekspektasi tidak sesuai dengan realita.

Aku bimbang oleh kehadiran sosok 3 bulan yang baru saja aku kenal, dia lebih dari sosok 3 tahun yang bersamaku. Tapi perasaan, keinginan kuat untuk berubah tidak bisa terlaksana ketika kami bersama selama 3 tahun. Salahkah aku? Mungkin. Salah, ketika mereka (orang-orang di luar sana) yang tidak pernah tahu cerita sebenarnya, dan kisah yang kami lalui bersama.

Advertisement

Memutuskan untuk pergi, meninggalkan sosok yang sangat dekat dengan kita selama 3 tahun tidaklah mudah. Kecuali bagi mereka yang tidak pernah tahu rasanya kehilangan. Aku meninggalkannya karena alasan yang kuat, meskipun hati bertolak belakang dengan keinginan pikiran tapi salah tetaplah salah, dan benar tetaplah benar.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya