Kuliah sambil jualan. Kenapa gengsi?

Jangan membiarkan rasa gengsimu menaklukkan dirimu!

Setiap orang pasti menginginkan bisnis usahanya berhasil dan sukses. Namun itu harus dimulai dari nol dulu dalam memulai suatu usaha. Kita tahu bahwa suatu usaha tidak bisa dibangun secara instan bukan? Semua harus membutuhkan proses yang baik dan terencana. 

Advertisement

Banyak orang yang berangan-angan mendirikan sebuah bisnis usaha, tetapi terhalang dengan rasa gengsi, malu dan takut untuk memulainya. Sehingga niat untuk membuka bisnis menjadi gagal. Hal tersebut dikarenakan kurangnya rasa percaya diri mengenai usaha yang akan dijalankan. 

Dalam memulai suatu bisnis supaya menjadi lancar dan sukses kedepannya. Hal yang paling penting yaitu dapat menghilangkan rasa gengsi. Karena sifat tersebut dapat menghancurkan dan merugikan diri sendiri. Selain itu juga dapat membuat kita terlambat untuk mencapai kesuksesan atau impian yang diharapkan. 

Orang yang memiliki sifat gengsi ini terlalu memikirkan hal yang belum terjadi atau mempunyai pikiran negatif dulu. Seperti terlalu memikirkan omongan orang lain dan berpikir apabila mendirikan suatu bisnis kecil-kecilan dari nol nanti memikirkan hasilnya sedikit, tidak ada yang membeli dan lain sebagainya. Pesimis diawal sebelum mencoba itu tidak baik. 

Advertisement

Hal tersebut harus dapat dihilangkan dalam benak pikiran. Karena diluar sana banyak yang memulai usaha dari nol bisa menjadi sukses. Mengapa demikian? Karena mereka menghiraukan rasa gengsi, menghilangkan rasa malu dan takut. Mengabaikan omongan orang lain dan memiliki prinsip keteguhan dalam menjalankan usaha. 

Menjalankan suatu usaha dari nol itu pasti membutuhkan perjuangan yang keras. Dan disertai dengan niat yang tulus untuk berjualan. Karena kita tahu segala niat baik kita pasti akan diberikan kelancaran dalam menjalankannya. Asalkan mau bersungguh-sungguh dan pantang menyerah. 

Advertisement

Jangan biarkan rasa gengsi memadamkan semangat kita dalam memulai usaha bisnis. Terutama di kalangan mahasiswa. 

Mahasiswa yang memanfaatkan waktu senggangnya untuk berjualan makanan atau usaha lainnya, tentu akan menghadapi yang namanya rasa malu, takut dan gengsi dengan teman dan orang lain. Tetapi jika rasa malu itu dapat dihilangkan akan memberikan dampak positif bagi diri sendiri. Melatih mental keberanian dan melatih jiwa berwirausaha sejak awal.

Semenjak memasuki dunia perkuliahan saya mencoba berjualan secara online. Tapi sebelumnya mulai dari SD kelas 3 sampai SMA saya sudah mempunyai bakat berjualan. Seperti jualan es, jajanan dan gorengan. Disini saya mencoba hal baru dengan memulai jualan makanan seperti cireng mix, risol, dessert box dan produk makanan lain secara online. 

Awal mula saya berjualan online hanya modal nekat dan ikut-ikutan sama teman. Dengan kondisi keuangan yang kurang tapi dengan usaha dan keinginan untuk memulainya tidak menghalangi niat saya untuk memulai berjualan online. Karena saya melihat teman saya berjualan online mendapat penghasilan dari jualan onlinenya ternyata sangat menguntungkan, sehingga membuat saya tertarik dan malah ketagihan berjualan. Karena menurut saya berjualan itu asyik selain mendapatkan uang juga dapat menambah kenalan teman, dan melatih mental kita untuk berani mencoba hal yang baru. 

Selain itu saya juga berjualan donat di kampus, dimana donat yang saya jual bukan buatan sendiri. Saya mengambil donat dari orang lain kemudian saya jual secara langsung di kampus waktu jam istirahat sehingga tidak mengganggu perkuliahan. Selain itu saya juga menjual secara online dengan membuat status di media sosial seperti di Whatsapp, dan Instagram. 

Penggunaan media sosial dalam dunia usaha sangat penting untuk promosi suatu produk makanan atau produk lain. Sehingga mempermudah proses penjualan oleh karena itu saya manfaatkan dengan sebaik-baiknya. 

Hal itu saya lakukan untuk memperoleh cuan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Awal jualan di kampus memang sedikit malu tapi saya berpikir kenapa harus malu toh pekerjaan itu halal dan hasilnya nanti bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. 

Dengan berjualan tersebut Alhamdulillah saya memperoleh keuntungan yang lumayan dimana bisa saya gunakan untuk makan sehari-hari dan dapat saya tabung untuk masa depan. 

Untuk memulai usaha dari nol sangat diperlukan mental yang kuat agar usaha yang didirikan dapat berjalan dengan lancar. Perlu kita ketahui Kuliah bukan sekedar mencari ilmu pengetahuan saja. Tetapi bagaimana cara memanfaatkan peluang yang ada. Karena ketika lulus kuliah tanpa pengalaman itu sulit untuk mencari pekerjaan, bukan? 

Dengan menambah pengalaman seperti memulai bisnis dari nol, terus menjalaninya penuh dengan ikhtiar dan pantang menyerah InsyaAllah bisa menjadi peluang untuk menjadi ladang penghasilan sendiri, dapat membantu keuangan keluarga dan dapat menjadi pengusaha sukses dan berhasil nantinya. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswa Universitas Sebelas Maret

CLOSE