Apa yang anda pikirkan saat mendengarkan kata Lebaran? Tentu pasti baju baru, bertemu keluarga besar, dan pastinya banyak kue. Biasanya saat lebaran tiba banyak rumahan yang menyajikan aneka kue kering di meja tamu dengan hiasan bunga dan lainnya. Kue kering yang menjadi salah satu primadona saat lebaran ini memiliki banyak penggemarnya. Alasannya simpel, ya karena enak, manis, dan lezat, saat dinikmati bersama keluarga dan teman di saat momen Lebaran.

Di Indonesia terkenal dengan aneka kue keringnya atau jajanan tradisionalnya, bagi anda yang hendak membeli atau membuat kue kering sendiri tantu bingung mau buat apa saja yang sesui uang belanja dan tentunya enak dan lezat. Mungkin 10 resep kue kering ini bisa jadi inspirasi untuk anda yang sedang mempersiapkan kue Lebaran.

Advertisement

1.) Resep Kue Nastar

Ya, untuk yang pertama anda bisa bikin kue nastar, selain murah dan lezat kue satu ini bisa bertahan lama tanpa bahan pengawet, cukup simpan di tempat yang kering dan tertutup (toples). Sekarang kue nastar tidak hanya isi selai nanas saja, Namun sekarang ada kue nastar yang sudah di modifikasi dengan berbagai rasa seperti isi strawberry, blueberry, dan masih banyak lainnya.

Apabila Anda bermaksud membuat kue nastar untuk sajian saat hari raya, Anda bisa membuat resep ini sekitar seminggu sebelum hari H. Nastar bisa tahan hingga 2 bulan lho, asalkan ditempatkan di wadah kedap udara.

Advertisement

2.) Kue Putri Salju

Resep kue putri salju ini cukup mudah untuk anda buat. Yang perlu diperhatikan adalah saat mencetak adonan membentuk kelereng, jangan terlalu besar ya, bila adonan terlalu besar bisa tidak matang merata. Namun bentuk itu kurang menarik, biasanya kue putri salju memiliki bentu bulan sabit. Bagi anda yang mau membeli kue ini sebaiknya perhatikan karna rasa yang enak itu adalah hasil kerja tangan kitas sendiri dan di sini saya anjurkan untuk membuatnya saja :D

Kue putri salju ini bisa bertahan cukup lama kurang lebih 1 bulan dalam stoples kedap udara tanpa bahan pengawet. Namun jika stoples sudah dibuka, biasanya gula halus akan cepat menjadi lembab. Jadi sebaiknya segera dikonsumsi si putri salju ini setelah stoples dibuka.

3.) Resep Kue Sagu Keju

Mungkin ini menjadi salah satu resep kue kering yang unik saat lebaran, mengapa karna kue satu ini bisa anda buat sendiri. Selain itu kue sagu keju merupakan kue primadona saat lebaran selain kue kastengel dan kue nastar. Untuk bahan-bahanya hampir mirip dengan resep kue semprit, seperti yang sudah saya katakan di atas tadi.

Jika kita lihat dari teksurnya kue sagu keju ini sangtlah lembut karna memiliki bahan dasar tepung sagu, sehingga saat kue ini digigit akan lumer dengan sendirinya di dalam mulut dan balutan keju cheddar yang gurih akan semakin menambah cita rasa yang lezat.

4.) Resep Kue Lidah Kucing

Kue lidah kucing bisa menjadi kue selanjutnya yang bisa anda buat untuk mengisi toples kosong anda. Mengapa?? karna kue satu ini sangatlah enak dan lezat. Kue lidah kucing ini diadaptasi dari kue khas Belanda ‘kattetong’ yang secara harfiah artinya lidah kucing. Jika dilihat secara langsung, kue ini memang mirip dengan lidah kucing, namun jika anda ingin membuat bentuk lain silahkan saja, karna tidak akan menghilangkan cita rasanya.

5.) Resep Kue Keju atau Kastengel

Tak lengkap rasanya apabila saat momen hari raya lebaran tanpa ada cemilan kastengel. Yapss, kue keju atau yang biasa disebut dengan kue kastengel ini sudah menjadi salah satu ikon kue kering pada hari Lebaran. Cita rasa yang dimiliki kue keju ini begitu gurih dan asin. Jadi wajar apabila kue satu ini menjadi favorit banyak orang apa lagi anak-anak.

Biasanya untuk adonan kue memang menggunakan keju edam, Namun kalau keju edam sulit ditemukan atau harganya terlalu mahal, anda bisa menggunakan alternatif lain seperti dengan keju cheddar. Bagaimana mama muda, mau membuat kue keju atau kastengel sendiri saat Lebaran Silahkan jawab sendiri dan mulai membuatnya.

6.) Resep Kue Semprit

Jika ditanya lebih suka mana kue semprit atau 5 kue yang sudah saya list di atas? Tentu saya akan memilih kue semprit. Mengapa? Karena rasanya yang begitu manis dan memiliki tampilan yang begitu indah dengan bentuk bunga dan berhiaskan sukade (irisan buah kering) pada bagian tengahnya. Sukade yang digunakan ini adalah sejenis manisan kering dari labu. Jika kita beli di pasaran, biasanya terdapat tiga warna sukade yaitu merah, hijau, dan kuning. Jadi silahkan pilih warna yang mana yang lebih anda suka untuk mempercantik kue anda ini.

Dari segi bahan bakunya tidak relalu rumit, kue kering ini hampir mirip dengan kue keju sagu, Jadi jika sudah pernah membuat kue keju sagu, anda tidak akan kesuliatan saat membuat kue yang satu ini, Hanya bedanya pada penggunaan tepungnya saja. Kue semprit ini lebih banyak menggunakan tepung terigu, sedangkan kue sagu hanya menggunakan tepung sagu saja.

7.) Resep Kue Kering Kacang Mede

Untuk resep kue kering lebaran lainnya yang wajib anda sajikan adalah kue kering kacang mede. Kue berbahan dasar kacang ini memiliki cita rasa yang gurih, wangi, dan tekstur yang menggigit di lidah, maka dari itu tak jarang orang menggunakan kacang sebagai bahan campuran kue kering. Namun kue ini juga sering di sajikan saat hari raya karna mudah dibuat dan mudah didapat.

8.) Resep Kue Jahe

Sebenarnya kue jahe lebih enak di nikmati saat bersantai dengan segelas kopi atau teh.Namun kue jahe juga merupakan resep kue kering yang wajib kita sajikan saat momen lebaran. Kue asli Eropa ini sudah di turunkan dan di nikmati sejak jaman penjajahan, dan sampai sekarang kue jahe sudah banyak di temukan di berbagai daerah Indonesia.

Kue Jahe, atau yang lebih dikenal dengan sebutan ‘Gingerbread‘ menjadi salah satu kue klasik yang telah mendunia yang hadir untuk menghangatkan suasana dan tubuh Anda dengan cita rasanya yang manis, serta sensasi pedas-hangat yang berasal dari jahe.

9.) Resep Kue Kering Coklat Kopi

Citarasa dari kopi dan manisnya coklat membuat kue kering satu ini banyak di sukai oleh penggemar coklat dan kopi. Meskipun rasa kopi yang tidak terlalu pekat, tapi aroma kopi dari kue kering ini menggugah selera dengan rasa yang tidak terlalu manis sangatlah pas di lidah. Jadi tidak heran banyak yang menyediakan kue coklat kopi saat Lebaran.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya