Museum di London yang Penuh Artefak Indonesia

Di London terdapat museum tua yang sangat terkenal yaitu Museum Tua Victoria dan Albert (yang terkenal dengan singkatan V and A). Museum ini pada awal mulanya dibuat untuk menghormati Pangeran Albert dan Ratu Victoria. Sejak berdirinya tahun 1852 dinamakan South Kensington Museum kemudian pada tahun 1980 berubah nama menjadi The Victoria and Albert Museum (The National Museum of Art and Design) oleh Sir Rou Strong.

Dengan luas 51000 m2 dengan memiliki koleksi lebih dari 4,5 juta obyek serta terdiri dari 145 galeri. Benda-benda didalam museum ini mencakup dari budaya Eropa, Asia, dan Afrika. Kebanyakan koleksi berupa tekstil, kaca, keramik, besi, perak, kostum, seni grafis, patung, perhiasan, perabotan, dan foto-foto merupakan salah satu koleksi terbesarnya.

Advertisement

Sebenarnya yang menjadi daya tarik museum ini adalah adanya kumpulan koleksi seni budaya Indonesia yang terletak di salah satu sudut museum. Misalnya seperti patung peninggalan zaman Kerajaan Majapahit di abad ke-15 dari Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Adapula koleksi bernuansa Islam yaitu di galeri baru bernama Islamic and Middle East yang meliputi kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara. Dan terdapat sebuah Al Qur'an besar berasal dari Turki yang diperkirakan memiliki usia 1600-1700.

Kebanyakan museum di London tidak dikenakan tiket masuk dengan waktu berkunjung setiap hari dari pukul 10.00 – 17.45, tetapi khusus untuk hari Jumat dibuka sampai pukul 22.00. Museum tua ini terletak di Distrik Brompton, Borough Kensington, dan Chesea. Kemudian berdekatan juga dengan Museum Sejarah Alam dan Museum Sains. Wilayah museum ini terkenal disebut dengan Albertopolis karena menjadi pusat budaya, ilmiah, dan pendidikan. Pada tahun 2001 museum ini melakukan renovasi besar sehingga menghabiskan dana sebesar £150 juta.

Advertisement

Untuk mengunjungi museum ini cukup mudah yaitu bisa naik taksi, bus, ataupun tube/underground. Adapula stasiun terdekat yaitu Stasiun South Kensington sedangkan bus yang lewat melalui nomer C1, 14, 74, dan 414. Dalam setahun museum ini hanya tutup pada tanggal 24, 25, dan 26 Desember.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya