Lele Bumbu Merah Favorit Keluarga

Halo, semuanya. Bagaimana ibadah puasa tahun ini? Lancar kan?

Halo, semuanya. Bagaimana ibadah puasa tahun ini? Lancar kan? Semoga ibadah puasa tahun ini khusyuk dan membawa banyak berkah bagi kita semua. Berbicara tentang puasa, seringkali kita kebingungan mencari menu yang cocok untuk menu berbuka atau sahur. Tentunya kita harus memilih menu yang kaya nutrisi guna mencukupi kebutuhan gizi kita selama puasa.

Advertisement

Namun, seringkali kita merasa bosan dengan menu yang itu-itu saja. Apalagi kalau harus memasak menu yang ribet dan memerlukan waktu lama dalam mengolahnya. Nah, kali ini saya ingin berbagi resep menu pilihan utama saat Ramadan yang jadi andalan keluarga saya. Dijamin enak dan gampang masaknya.

Resep yang akan saya bagikan adalah lele bumbu merah. Resep ini awalnya adalah hasil keisengan saya mencampur beberapa bumbu yang akhirnya malah jadi menu favorit pilihan keluarga. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan dan langkah-langkah memasaknya.

Resep Lele Bumbu Merah

Advertisement

Bahan – bahan :


  1. 1/2 kg lele segar

  2. Minyak goreng secukupnya

  3. Gula secukupnya

  4. Garam secukupnya

  5. Penyedap rasa secukupnya

  6. Kecap manis 1 sdt

  7. 1 ruas jari lengkuas, memarkan

  8. 1 lembar daun jeruk

  9. Air secukupnya

Bumbu halus :


  1. 8 siung bawang merah ukuran sedang

  2. 4 siung bawang putih ukuran sedang

  3. 6 buah cabe rawit

  4. 3 buah cabe kriting besar

  5. 2 butir kemiri

  6. 2 buah tomat ukuran kecil

Cara membuat :


  1. Bersihkan lele dan goreng sampai matang. Sisihkan. Untuk ukuran kematangan tergantung selera ya. Kalau saya lebih suka lele yang agak garing tapi masih empuk dagingnya.

  2. Haluskan bumbu halus. Untuk menghaluskan bumbu juga tergantung selera ya. Kalau saya lebih suka mengulek bumbunya karena menurut saya lebih enak nanti rasanya. Dalam mengulek bumbu saya sertakan juga gula dan garam agar lebih gampang diulek. Bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe kriting, dan kemiri saya ulek dulu bersama gula dan garam. Setelah lembut baru saya masukkan irisan tomat dan saya ulek lagi sampai halus dan tercampur. Kalau teman-teman lebih suka menghaluskan bumbu dengan cara diblender juga tidak masalah. Beri sedikit air saat mem blender. Skip gula dan garam, bisa dimasukkan nanti saat menumis bumbu.

  3. Tumis bumbu di atas wajan dengan minyak secukupnya. Tumis sampai harum dengan api sedang. Ini dilakukan agar bumbu matang sempurna dan tidak gosong.

  4. Tambahkan daun jeruk dan lengkuas. Aduk hingga rata.

  5. Setelah bumbu harum beri sedikit air secukupnya. Tambahkan kecap manis dan penyedap rasa secukupnya. Untuk penyedap rasa bisa di skip ya. Tergantung selera masing-masing. Kalau saya cukup menambahkan seujung sendok teh penyedap rasa. Buat teman-teman yang menghaluskan bumbu dengan cara di-blender tambahkan gula dan garam pada proses ini.

  6. Setelah bumbu mendidih masukkan lele yang sudah digoreng. Masak dengan api kecil agar bumbu meresap dengan sempurna. Sesekali balik lele agar lele meresap ke dalam daging ikan lele. Jarang terlalu sering membalik lele agar tetap utuh. Diamkan di atas kompor sampai bumbu menyusut.

  7. Setelah bumbu menyusut matikan kompor dan lele bumbu merah bisa disajikan.

Nah, itu tadi adalah resep lele bumbu merah andalan keluarga saya. Gampang kan? Bisa langsung dipraktekkan di rumah. Semua anggota keluarga pasti suka apalagi kalau dimakan untuk berbuka dengan nasi putih hangat. Selamat mencoba.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE