Apa yang muncul di benakmu ketika mendengar kata United Kingdom (UK)? Menara jam raksasa yang dijuluki sebagai Big Ben, sepak bola, mobil taksi berwarna hitam, Sherlock Holmes, Harry Potter, istana serta raja dan ratu kerajaan merupakan hal-hal yang sering dikaitkan dengan United Kingdom. Sebelum mengeksplor lebih dalam, sudah tahu belum apa itu United Kingdom? Apakah sama dengan negara Inggris? United Kingdom adalah suatu wilayah yang terdiri atas 4 negara, yaitu Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara. Jika berkesempatan untuk liburan ke United Kingdom, jangan lupa untuk mampir ke setiap negaranya, ya!

Berikut ini daftar tempat-tempat yang bisa menjadi inspirasi liburan kamu di UK.

Advertisement

Inggris


Inggris tentunya merupakan negara di United Kingdom yang paling populer bagi orang-orang Indonesia, di mana London merupakan ibu kotanya.


Advertisement

Di London ada banyak sekali tempat wisata untuk dikunjungi. Big Ben, London Eye, dan London Bridge merupakan landmark dari kota yang dialiri Sungai Thames ini. Saat berkunjung ke tempat tersebut, berhati-hatilah dengan orang yang menawarkan jasa foto. Pasalnya, mereka sering meminta tarif yang cukup tinggi dan tidak ragu untuk memalak para turis. Buckingham Palace, tempat tinggal dari Ratu Elizabeth II juga merupakan destinasi wajib. Jika kamu datang di waktu yang tepat, kamu bisa menyaksikan upacara pergantian penjaga istana. Di musim panas, kamu juga bisa mengikuti tour untuk masuk ke dalam istana dan berkeliling.

Tempat lainnya yang harus dikunjungi adalah Borough Market. Di sana terdapat bazar makanan yang menggugah selera. Menu yang disajikan sangat beragam dan berasal dari berbagai negara. Pokoknya tidak ada kata diet saat mengunjungi pasar yang satu ini. Bagi para penggemar Harry Potter, jangan sampai melewatkan Warner Bros. Studio Tour – The Making of Harry Potter. Di studio ini kamu akan melihat berbagai set yang ada di film Harry Potter. Ada Diagon Alley, Ollivanders, ruang kerja Professor Albus Dumbledore, rumah Harry Potter di Privet Drive, dan masih banyak lagi.

Kamu juga bisa mencicipi minuman khasnya, yaitu butterbeer. Jika kamu penikmat seni, kamu bisa menonton pertunjukan balet dan teater musikal di London. Tempat pertunjukan yang terkenal adalah The Albert Hall. Selain London, ada banyak kota-kota lain yang tidak kalah menarik lho. Ada Stradtford upon Avon yang merupakan kota kelahiran dari sastrawan Shakespeare. Di kota kecil yang cantik ini, kamu bisa mengunjungi rumah penulis buku Romeo and Juliet tersebut.

Kota lainnya yan tidak kalah cantik adalah Bath​. Arsitektur di kota ini sangat cantik, kamu akan puas berpose di berbagai sudut kota. Bath terkenal akan pemandian air panasnya yang alami. Kota ini termasuk salah satu UNESCO World Heritage Site, lho. Bagi penggemar tim sepak bola Manchester United atau Manchester City tentu wajib untuk datang ke kota Manchester. Selain ke stadion bola, kamu juga bisa berkeliling di sekitar Piccadilly untuk berbelanja atau mencoba tempat nongkrong penduduk lokal. Jika tim sepak bola favoritmu adalah Liverpool, kamu bisa berkunjung ke kota tersebut.

Di sana ada The Beatles Story juga, yang merupakan museum dari grup musik The Beatles. Lokasinya ada di Albert Dock. Tidak jauh dari kota Liverpool, ada lagi kota di pinggir pantai yang bernama Blackpool. Di sana ada taman bermain yang bisa memicu adrenalinmu. Liburanmu dijamin akan semakin berkesan.

Skotlandia


Skotlandia berada di bagian utara negara Inggris. Meskipun memiliki mata uang yang sama, jangan kaget apabila desain uang kertas di Skotlandia tidak sama dengan di Inggris. Negara ini terkenal dengan rok tartannya.


Rok ini dikenakan oleh pria, lho. Biasanya baju tradisional Skotlandia digunakan oleh para pemain alat musik bagpipes yang juga merupakan alat musik tradisional. Kota yang harus kamu kunjungi adalah Edinburgh. Di kota yang indah ini, kamu bisa mengunjungi kastil Edinburgh Castle dan mendaki bukit Arthur's Seat. Kamu juga akan sangat menikmati berjalan-jalan di Old Town sambil mencari inspirasi. J. K. Rowling, penulis novel Harry Potter, menghabiskan waktunya di Edinburgh untuk menyelesaikan bukunya.

Tidak diragukan lagi, Edinburgh adalah kota yang cocok untuk mencari inspirasi. Kota lain yang wajib didatangi adalah Glasgow. Para penikmat seni bisa melihat berbagai pameran seni di Kelvingrove Art Gallery and Museum. Di Glasgow juga terdapat banyak museum serta kastil yang bisa dikunjungi. Bagi turis yang menyukai pemandangan alam yang indah, jangan sampai melewatkan Isle of Skye yang sangat memanjakan mata. Untuk sampai di sana, kamu perlu menyebrang lautan dulu menggunakan kapal feri. Jangan lupa siapkan perbekalan yang cukup dan bersiap untuk liburan yang menyenangkan.

Wales


Negara Wales letaknya berada di sebelah barat Inggris, tidak jauh dari kota Manchester. Lambang dari negara dengan ibu kota Cardiff ini adalah naga berwarna merah.


Wales memiliki bahasanya sendiri lho, dikenal dengan Bahasa Welsh, yang cukup sulit untuk dieja. Namun, jangan khawatir, penduduk di Wales tetap menggunakan Bahasa Inggris, kok. Negara Wales terkenal dengan taman nasionalnya yang bernama Snowdonia. Kalau kamu tidak suka mendaki gunung, jangan khawatir, ada kereta yang bisa membawamu ke puncak Gunung Snowdonia. Jika beruntung, kamu bisa datang ke sana saat puncaknya bersalju.

Tempat menarik lainnya adalah desa dengan nama terpanjang di Britania (sebagaimana tercatat di Guinnes Book of Records), yaitu Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch. Bagaimana ya kira-kira cara membacanya? Ternyata nama tersebut memiliki arti, lho, yaitu Saint Mary's Church in the hollow of the white hazel near a rapid whirlpool and the Church of St. Tysilio of the red cave.

Irlandia Utara


Tidak seperti Inggris, Skotlandia, dan Wales yang berada pada satu daratan, untuk pergi ke Irlandia Utara, kamu harus menyebrangi lautan dengan kapal ataupun pesawat terbang.


Budaya di Irlandia Utara sebetulnya mirip dengan Skotlandia, di jalanan kamu bisa mendengar alunan musik dari instrumen bagpipes yang khas dan lantang. Negara ini juga terkenal dengan irish whisky-nya. Konon, rasanya berbeda dari whisky lain di dunia. Umumnya, turis akan berkunjung ke kota Belfast yang merupakan ibu kota dari Irlandia Utara. Di Belfast sendiri ada banyak tempat wisata yang menarik. Ditambah lagi, ada banyak lokasi syuting serial televisi Game of Thrones yang digemari di seluruh dunia. Ada paket turnya juga, lho. Kamu bisa memilih untuk jalan-jalan sendiri atau mengikuti tur bersama pemandu yang akan menjelaskan berbagai hal mengenai proses pembuatan serial televisi tersebut. Menarik, kan?

UK tidak melulu hanya tentang Inggris. Ada banyak sekali tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi. Penduduknya yang ramah dan sopan serta bahasanya yang umum dipahami membuat kamu akan merasa nyaman saat berjalan-jalan di sana. Sedikit tips, jangan lupa untuk membawa payung atau jas hujan karena intensitas hujan di UK cukup tinggi. Selamat berlibur ke UK!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya