Makin Dewasa Makin Mengecil juga Lingkar Pertemanan. Tenang, Ini Hal yang Wajar

Makin dewasa makin sedikit teman

Pertemanan merupakan salah satu hal yang penting di kehidupan. Lewat pertemanan, dapat dilihat bahwa manusia merupakan makhluk sosial, yaitu saling membutuhkan satu sama lain kehidupannya. Selain itu, pertemanan juga dapat menjadi wadah untuk bersosialisasi. Mempunyai banyak teman merupakan salah satu kebahagiaan yang dapat dirasakan setiap individu.

Advertisement

Saat berada di lingkaran pertemanan yang cukup luas, kita akan merasakan seperti banyak orang yang peduli, sehingga tidak merasakan sendirian. Namun, seiring berjalannya waktu, kita semakin sadar bahwa memiliki banyak teman bukan hal yang kita butuhkan. Hal yang kita butuhkan ialah mempunyai teman yang dapat membawa ke masa depan yang lebih baik.


Apa penyebab mengecilnya lingkaran pertemanan?


Semakin dewasa, setiap orang pasti akan memiliki tujuan yang berbeda-beda. Hal itu membuat kita memiliki kesibukan masing-masing, seperti kuliah atau kerja, sehingga sulit menemukan waktu untuk bersosialisasi dengan teman. Jarang bersosialisasi dengan teman dapat membuat beberapa teman yang kita miliki menjauh karena sudah berbeda frekuensi dalam pertemanan tersebut.

Advertisement


Apa saja manfaat yang didapat ketika lingkaran pertemanan mengecil?


Memiliki sedikit teman bukan hal yang menyedihkan, melainkan ada manfaat yang didapat dalam hal tersebut. Lingkaran pertemanan yang mengecil akan menyadarkan kita bahwa yang dibutuhkan ialah kualitas, bukan kuantitas. Teman yang berkualitas akan mengarahkan ke hal positif yang akan membawa ke masa depan yang baik.

Advertisement

Semakin dewasa, kita juga semakin pandai dalam menyaring hal yang baik dan hal yang buruk. Pertemanan yang tidak sehat berbahaya bagi kesehatan mental. Contohnya yaitu selalu menertawakan akan kekurangan yang kita miliki. Hal itu menyebabkan kita selalu memikirkan kekurangan-kekurangan yang kita miliki dan tidak pantasnya kita menjadi menjadi manusia yang hidup di dunia ini. Seharusnya, pertemanan yang sehat itu dapat saling memberikan semangat dan motivasi terhadap hal yang membuat tidak percaya diri.

Selain itu, mengecilnya lingkaran pertemanan akan menunjukkan siapa saja teman yang benar-benar tulus dan siapa saja teman yang hanya memanfaatkan. Hal itu membuat kita sadar siapa saja yang harus dipertahankan dan diprioritaskan, sehingga tidak membuang waktu berhargamu untuk orang yang salah.

Dengan mengecilnya pertemanan juga akan membuat kita sadar bahwa sebanyak apapun teman yang kita miliki, pada akhirnya yang dapat menolong kita yaitu diri sendiri. Jadi, jangan bersedih saat kamu memiliki teman yang sedikit. Untuk apa memiliki teman banyak, tetapi hanya menambah beban? Lingkaran pertemanan itu hal yang wajar dan tidak perlu dibuat sedih, manfaatkan waktumu sekarang bersama teman-teman yang berkualitas!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Nama saya adalah Neneng Syukriya Fathimah. Saya dilahirkan di Jakarta, pada tanggal 26 Oktober 2001. Saya merupakan anak ketiga dari tiga bersaudara. Saya tinggal di Jakarta Selatan. Saya pernah menempuh pendidikan sekolah dasar di MI Unwanul Huda, Sekolah Menengah Pertama di SMPN 56 Jakarta, Sekolah Menengah Atas di SMAN 104 Jakarta, dan saat ini saya menjadi mahasiswi di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE