Akibat Pandemi Covid-19, Banyak Mahasiswa yang Terhambat dalam Merintis Karirnya

mahasiswa terhambat karier akibat covid

Banyak sekali yang mengeluhkan perekonomian ditengah pandemi Covid-19 ini. Tidak hanya orang tua yang sedang menafkahi anaknya, tetapi para mahasiswa yang sedang menjalankan magang dan merintis karirnya pun ikut terkena imbasnya.

Advertisement

Kuliah langsung pulang merupakan hal yang tidak patut untuk dicontoh, karena masa-masa kuliah adalah waktu kita untuk mencari relasi dan merintis karir.

Dalam dunia kerja, HRD tentunya akan melihat CV kita. Namun, saat ini IPK tinggi bukanlah jaminan seseorang akan mendapatkan kerja. Karena pengalaman kita lebih penting untuk menentukan diterima atau tidaknya kita disuatu perusahaan.

Hal ini yang membuat kita harus banyak mencari pengalaman kerja ataupun pengalaman organisasi semasa kuliah, untuk membantu CV kita agar terlihat menarik ketika melamar kerja.

Advertisement

Tak jarang saat ini kita melihat mahasiswa yang kuliah sambil bekerja, seperti magang di perusahaan, menjadi barista di cafe, driver ojek online, freelance wedding organizer dan lainnya, guna untuk mencari pengalaman kerja serta menambah uang jajan dan meringankan beban orang tua.

Akan tetapi, munculnya pandemi Covid-19 ini membuat semua hal itu terhambat. Banyak sekali anak magang yang kontraknya tidak berlanjut, pengurangan karyawan diberbagai cafe dan restoran, pernikahan yang ditunda karena corona membuat WO tidak bisa berjalan.

Advertisement

Pandemi ini tentunya membuat para mahasiswa kebingungan. Mahasiswa rantau yang tadinya bisa membeli makan dengan uang sendiri sekarang harus meminta dengan orang tua, yang tadinya selalu ada pemasukan, sekarang ATM mereka kosong.

Saat ini hanya pekerjaan online yang bisa dikerjakan untuk menghasilkan uang sendiri, seperti online shop. Semenjak Covid-19 ini banyak online shop bertebaran di media sosial, tidak hanya masyarakat biasa, artis papan atas pun kini mulai merintis bisnis online untuk bertahan hidup.

Tidak hanya mengganggu perekonomian masyarakat, pandemi ini juga mengganggu jenjang karir yang telah dibangun oleh mahasiswa yang sedang semangat untuk berkarir.

Namun, dengan adanya musibah seperti ini jangan membuat kita menjadi tidak semangat lagi untuk merintis karir, karena masih banyak yang bisa kita lakukan agar kita tetap produktif. Melakukan hobi baru yang menghasilkan uang, seperti masak, membuat kerajinan, skincare alami, dan masih banyak produk yang bisa kita jual secara online dan menghasilkan uang.

New Normal akan membuat perubahan baru untuk Indonesia, kita harus lebih kreatif dan kritis dalam menjalani kehidupan baru ini. Buatlah New Normal menjadi hal yang menyenangkan agar kita nyaman menjalankannya, karena sesuatu yang dijalankan dengan hati akan terasa lebih indah.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Enjoy your article

CLOSE