Makan Mie Akhir Bulan? Berikut Cara Hemat Uang Bulanan Anak Kost

cara menghemat uang bulanan anak kos

Pada artikel ini saya akan membahas tentang cara menghemat uang bulanan ala anak kos. Pasti kalian yang sedang membaca artikel ini lagi bingung mengatur uang bulanan kalian bukan? Memang bukan mahasiswa saja yang harus pintar pintar menghemat uang bulanan, tetapi kita semua harus bisa me-manage keuangan kita dengan baik dan benar.

Advertisement

Definisi hemat uang adalah hemat berarti berhati hati dalam membelanjakan uang, tidak boros, disesuaikan dengan pendapatan dan kemampuan. Dengan menghemat uang kita sediri juga yang akan diuntungkan di kemudian harinya.

Kali ini saya akan sedikit membagikan cara atau tips yang dapat membantu menghemat keuangan, lebih tepatnya untuk kalian para anak kost (mahasiswa)


  • Menghemat uang makan

Advertisement

Pada dasarnya pengeluaran terbesar yaitu dari uang makan sehari hari kita selama kita menjadi anak kos, karena makan adalah suatu kegiatan yang harus dilakukan setiap hari dan berulang ulang, maka dari itu kita harus memilih makanan yang harganya terjangkau menurut mahasiswa, opsi kedua masak nasi sendiri dan untuk lauknya bisa beli dengan begitu lebih hemat karena tidak perlu membeli nasi ini opsi untuk mahas yang sibuk tetapi masih pengen hemat.

Opsi ketiga yakni masak sendiri opsi kali ini jauh lebih hemat dari opsi opsi lainnya karena membeli bahan mentah lebih murah ketimbang bahan jadi contoh dipasar kita belanja sayur menghabiskan uang 10.000 itupun sudah bisa untuk makan sehari dan untuk beras 5kg itupun bisa untuk ±2 bulan dengan harga 50.000.

Advertisement


  • Usahakan mencuci baju sendiri

Menurut pengalaman saya mencuci baju sendiri akan lebih menghemat pengeluaran dikarenakan kita tidak perlu membayar orang untuk biaya cuci karena kita hanya perlu mengeluarkan sedikit tenaga dan membeli deterjen dengan harga 5.000 untuk 3 minggu. Bandingkan saja jika kita laundry setiap kali cuci kita harus mengeluarkan 21.000 untuk seminggu cucian, bisa dihitung selisih dari pengeluaran diatas dan kita bisa menentukan opsi mana yang bisa menghemat pengeluaran.


  • Gaya hidup sesuai kemampuan

Biasanya anak kos akan mudah terpengaruh akan gaya hidup teman lain, bergayalah sesuai kemampuan diri jangan mudah terpengaruh dan hanya ikut ikutan tetapi kantong tidak bersahabat. hal berikutnya seperti nongkrong atau bahasa kerennya nongki, nongki di cafe-cafe adalah suatu kegiatan kurang bermanfaat apabila dilakukan terlalu sering, sesekali boleh untuk refreshing dari tugas tetapi jika dilakukan terlalu sering akan menyita waktu belajar dan menghabiskan uang.

Contoh saja pengeluaran yang harus dikeluarkan setiap nongki disuatu café menu start 15.000, anggap saja kita mengeluarkan 15.000 untuk membeli minuman, jika kita dikost saja kita dapat menggunakan uang 15.000 tersebut untuk makan 1 kali atau malah kalau hanya beli lauk saja bisa untuk makan sehari atau 3 kali makan.

Jadi ketika jadi mahas hal yang kurang berfaedah tetapi dapat membuat boros hindari saja.

Jadi cara kita memperlakukan uang atau menghemat atau memanaj uang selama kita menjadi anak kos sangat banyak manfaatnya, karena kita tidak tahu pengeluaran apa yang akan kita keluarkan dihari esok baik pengeluaran yang mendesak ataupun keperluan lainnya untuk memenuhi kebutuhan kita selama menjadi anak kos.

Selain kita belajar untuk menyisihkan sebagian dari uang bulanan kita untuk ditabung atau disisihkan, dalam hal ini juga kita jadi tidak perlu khawatir makan mie instan di akhir bulan tentunya karena uang bulanan pasti tersisa banyak sampai akhir bulan. Dengan begitu kita ikut meringankan beban orang tua untuk uang bulanan kita selama hidup di rantau.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE