Ada banyak jajanan khas Bandung yang enak dan terkenal. Makanan-makanan ini sangat melegenda karena ada sejak zaman dulu hingga kini masih lestari. Di sudut-sudut kota kembang kita akan mudah menjumpai berbagai cemilan beragam yang mempunyai cita rasa yang enak. Tentunya harganya juga terjangkau untuk kalangan mahasiswa yang suka ngemil.

Mau tahu apa aja jajanan kha Bandung yang meleganda itu? Yuk simak ulasannnya berikut ini.

Advertisement


  • Surabi atau Serabi

Surabi merupakan jajanan khas Bandung yang melegenda hingga kini masih mudah kita jumpa Sepintas jajanan ini mirip pancake hanya saja surabi ini dibuat dengan cara di bakar di atas tungku. Tungku dan cetakan untuk membakar surabi ini terbuat dari tanah liat. Sederhana bukan? Namun alat inilah justru yang menjadi cita rasa surabi terasa asliannya. Untuk topingnya kamu bisa pilih sendiri, ada beragam varian diantaranya nangka, duren, pisang, sosis, keju, cokelat, dll.


  • Peuyeum Bandung

Advertisement

Makanan khas Bandung yang populer dan masih lestari hingga kini adalah peuyeum Bandung. Kudapan ini merupakan salah satu jajanan khas Bandung yang sering dijadikan buah tangan oleh orang-orang yang berkunjung ke Kota Kembang. Jika kamu belum pernah ke Bandung tentu belum familiar dengan makanan ini. Peuyeum sejenis tape yang terbuat dari singkong.


  • Wajit Cililin

Jajan Khas Bandung selanjutnya adalah wajit cililin. Ini merupakan cemilan khas yang terbuat dari beras ketan, gula merah dan kelapa yang dimasak menjadi satu. Makanan ini adalah oleh-oleh asli dari Cililin, Kabupaten Bandung Barat. Terdapat banyak macam wajit di Bandung, namun wajit cililin ini memiliki keunikan tersendiri, yakni dibungkus dengan cangkang jagung.


  • Cilok

Cilok merupakan jajanan khas Bandung yang digandrungi di masyarakat Jawa Barat, khususnya di Kota Kembang. Kini cilok atau sigkatan dari “aci dicilok” sudah beragam inovasi mulai dari bentuk dan rasanya. Dahulu hanya berbumbu saus kacang, namun sekarang kamu bisa mencoba lezatnya cilok dengan saus mayonaise dan isian yang beraneka rasa.


  • Colenak

Colenak juga merupakan jajanan khas Bandung yang sangat legendaris. Jajanan ini sudah ada sejak nenek moyang kita. Colenak itu sendiri kepanjangannnya adalah dicocol enak. Bahan utama colenak yaitu peuyeum atau tape singkong yang dibakar lalu ditaburi enten (campuran gula jawa dengan parutan kelapa).


  • Bandros

Untuk makanan yang ini berbahan dasar tepung terigu. Adonan tepung di campur dengan santan kelapa lalu di masak di atas cetakan lengkung dan ditaburi parutan kelapa. Hmmm..yummy!


  • Comro

Nah kalau comro kepanjangannya “oncom di jero”, ada juga yang menyebut gemet. Jajanan khas Bandung ini terbuat dari parutan singkong diberi bumbu dan dibentuk bulat oval lalu diberi isi ulekan sambal oncom.


  • Cireng

Cireng merupakan jajanan dengan bahan utamanya tepung kanji atau tapioka (aci) yang dicampur dengan berbagai bumbu. Terdapat berbagai varian isi cireng seperti sosis, keju, ayam, sampai smoked beef.


  • Misro

Jajanan khas Bandung ini sama dengan comro hanya saja isinya bukan oncom melainkan gula merah.

Nah itulah beberapa jajanan khas Bandung yang masih lestari dan bisa kamu cicipi jika sedang jalan-jalan di Kota kembang.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya