Makanan Mentah Jepang yang Menjadi Trend Budaya Baru di Kalangan Generasi Muda Indonesia.

Globalisasi yang terus terjadi saat ini menjadikan negara Indonesia mendapat banyak akses dengan mudah dalam menikmati budaya negara lain. Salah satunya ada pada bidang makanan. Setiap negara memiliki makanan khas masing-masing yang dapat mencerminkan keunikan dari negara itu sendiri. Seperti, Jepang yang terkenal dengan makanan yang serba mentah.

Advertisement

Keunikan tersebut diakibatkan karena adanya faktor geografis yang membuat segala hal yang ada di Jepang meskipun terlihat dalam kondisi mentah namun layak dan siap untuk dinikmati. Berbeda dengan Indonesia yang dimana pada dasarnya masyarakat Indonesia hanya mengenal bahwa makanan yang layak untuk dimakan adalah makanan yang telah melalui proses memasak dan diolah sedemikian rupa sehingga terlihat matang saat disantap.

Namun hal itu tidak lagi berlaku bagi generasi muda saat ini  yang justru menyukai makanan yang serba instan dan bahkan cenderung mentah atau tidak matang. Dimana makanan tersebut tentunya bukan berasal dari negara Indonesia. Contohnya saja Sushi,  makanan yang berasal dari negara Jepang ini memiliki daya tarik tersendiri untuk memikat lidah masyarakat Indonesia dalam menyantap kuliner yang satu ini. Tercatat pada tahun 1969 Sushi pertama kali masuk ke Indonesia. Tepatnya di Kikugawa – Jakarta. Namun, sekarang makanan sushi di Indonesia sangat mudah dan sering dijumpai hampir di seluruh wilayah ibukota Indonesia. 

Makanan yang beraneka ragam bentuk dan variasi rasa ini menjadi satu hal yang patut untuk di soroti. Selain mentah dan proses olahan yang sederhana serta rasa yang lezat. Membuat makanan ini banyak disukai generasi millennial di Indonesia. Tidak sedikit pula masyarakat menyebut sushi sebagai makanan favoritnya. 

Advertisement

Dengan semakin maraknya makanan sushi ini di Indonesia yang terus memunculkan produk-produk baru lainnya yang sejenis. Membuat budaya yang awalnya tabu terhadap makanan mentah  menjadi patah begitu saja. Justru sekarang makanan ini yang menjadi budaya baru yang begitu akrab dengan lidah orang Indonesia.

Pada dasarnya hal ini terjadi dikarenakan adanya pergeseran dan perubahan yang terus menerus terjadi pada budaya. Oleh karena itu budaya bersifat dinamis. Dengan adanya perkembangan zaman melalui globalisasi semakin mendukung adanya banyak perubahan pada budaya bangsa tidak terkecuali pada bidang kuliner. Dengan adanya sifat alami manusia dimana tidak pernah merasa puas dan suka mencari tahu serta mencoba hal-hal baru.

Membuat Sushi dengan segala komposisinya yang cenderung mentah ini menjadi suatu hal yang tak terelakkan bagi masyarakat Indonesia untuk mencicipinya. Sehingga tidak sedikit pula orang Indonesia yang bahkan membuka restoran dengan masakan Jepang di Indonesia dengan menyesuaikan selera masyarakat Indonesia. Sehingga seluruh generasi dan kalangan dapat menikmati makanan khas Jepang ini dengan lebih baik. (MAV)

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

CLOSE