Mengenal Tanaman Herbal Binahong dan Manfaatnya Sebagai Penyembuh Jerawat

Indonesia sebagai salah satu negara tropis maka tidak heran jika banyak tanaman herbal yang kaya manfaatnya. Salah satunya ialah tanaman binahong. Tanaman binahong yang terkenal oleh masyarakat ada dua jenis tanamanya yaitu binahong hijau dan binahong merah.

Advertisement

Daun yang bentuknya hampir mirip dengan daun sirih memiliki segudang kandungan yang tentunya bermafaat untuk kesehatan dan kecantikan, hal ini dikarenakan kandungan daun binahong antara lain zat besi, kalsium, vitamin C hingga vitamin A, saponin, alkaloid, polifenol, flavonoid, dan homopolisakarida.

Flavonoid berperan sebagai antibiotik, sementara daun binahong sangat tinggi akan antioksidan, asam askrobat, senyawa fenolik yang mampu melawan bakteri garam positif dan garam negatif yang rentan terhadap efek penghambat salah satu terapi nonfarmakologis acen vullgaris.

Manfaat daun binahong selain bisa digunakan untuk sebagai obat pascaoperasi, ternyata daun binahong sangat bermanfaat untuk kecantik yaitu antara lain: mengencangkan kulit wajah, menghilangkan komedo, mencerahkan wajah, mengahaluskan kulit wajah, dan mengatasi jerawat.

Advertisement



Sesuai dengan judul yang kita buat ialah membeuat masker wajah menggunakan daun binahong yang terkenal banyak manfaatnya. Untuk cara pembuatanya ikuti langkah-langkah berikut ini agar dapat membantu dalam mengatasi jerawat anda. Oke tidak usah berlama-lama mari kita buat step by stepnya:

1. Ambil lima lembar atau lebih daun binahong setelah itu daunya bisa dicuci terlebih dahulu.

2. Tumbuk lembut daun binahong. opsi anda bisa menumbuk kasar saja agar masih terlihat bentuk daunnya yang terlihat hanya sedikit terkoyak ini memudahkan untuk lebih cepat diaplikasikan pada wajah.

3. Sebelum teman-teman mengaplikasikanya di wajah maka pastikan teman-teman telah mencuci wajah terlebih dahulu, jika sudah dicuci mukanya jangan lupa untuk dikeringkan terlebih dahulu wajahnya menggunakan handuk atau tisu wajah

4. Aplikasikan masker daun binahong pada wajah teman-teman. Ratakan masker tersebut terutama pada jerawat yang sedang meradang. Setelah diaplikaskan dengan sempurna maka tunggu 10-15 menit untuk memastikan masker daun binahong kering

5. Setelah maskernya kering maka bilaslah dengan air biasa atau menggunakan air hangat. Untuk hasil yang maksimal pada jerawat yang sedang parah-parahnya bisa gunakan masker tersebut sehari 2 kali yaitu pagi dan malam hari.

Selamat mencoba teman-teman semoga bermanfaat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswi angkatan 2020

Editor

CLOSE