Drama Korea Di Tengah Pandemi, Fenomena yang Terjadi Di Masyarakat Indonesia

Drama korea semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia, terutama saat terjadi pandemi.

Disaat pandemi Covid-19 membuat banyak masyarakat harus tinggal di tempat kediaman mereka dikarenakan pemerintah harus membatasi masyarakat beraktivitas diluar rumah. Masyarakat akhirnya banyak melakukan aktivitasnya dirumah dan mempunyai banyak waktu luang untuk melakukan kegiatan yang mereka sukai. Tidak bisa dipungkiri bahwa kepenatan dirumah membuat masyarakat mencari kegiatan atau hobi baru untuk menghilangkan rasa bosan, salah satunya pilihan atau alternatif masyarakat yang sedang marak di saat pandemi ini adalah kecanduan menonton film drama Korea. 

Advertisement

Banyak sekali masyarakat yang merasakan kejenuhan akibat dirumah dan bosan dengan acara televisi nasional yang monoton, hal ini membuat banyak masyarakat berpindah ke film drama Korea ditambah lagi dengan drama Korea yang selalu popular dari tahun ke tahun. Film drama Korea ini berasal dari Korea Selatan dimana terkenal industri hiburannya yang sudah mendunia. Tidak hanya musik atau K-pop saja yang mendapatkan tanggapan yang baik dan positif dari masyarakat Indonesia, Drama Korea pun tidak kalah dengan tanggapan yang positif juga.

Film drama Korea sendiri bisa ditonton dengan aplikasi tertentu, banyak penggemar film drama Korea rela membeli akses aplikasi untuk streaming film drakor, ditambah lagi dengan mudahnya kita menonton drakor bisa menggunakan handphone sehingga memudahkan masyarakat untuk menonton kapan saja dan dimana saja. Hal ini membuat industri dari aplikasi tersebut menjadi terkenal dan omset pendapatnya melonjak tinggi walaupun di tengah pendemi ini.

Salah satu alasan kuat masyarakat Indonesia menggemari film drakor adalah pemain atau aktor yang rupawan. Aktor film drama Korea terkenal dengan kecantikan atau ketampanan dari aktor film tersebut yang membuat masyarakat betah dan sangat menyukainya. Selain itu plot atau alur cerita dari film drakor yang menarik, susah tertebak, dan pengemasan yang bagus menjadi salah satu daya tarik tersendiri dan membuat penonton menjadi penasaran. 

Advertisement

Tentunya film drama Korea berbeda jauh dengan tayangan film serial yang ada di Indonesia atau yang biasa disebut sinetron atau FTV. Cukup banyak faktor yang membuat drakor lebih unggul dibandingkan dengan sinetron Indonesia,mulai dari cara akting dari pemain. Akting pemain sinetron sudah sangat bisa di diduga dimana kita bisa menebak apa peran dari pemain tersebut yang membuat kita tidak terlalu tertarik dan sudah memahaminya bagaimana kedepannya alur dari pemain tersebut.

 Berbeda dengan akting drama Korea dimana kita sering kali kita menemukan karakteristik yang berbeda-beda hal ini membuat kita susah menebak atau bisa disebut plot twist dari karakter tersebut yang membuat kita sebagai penonton menjadi penasaran akibat karakteristik yang beragam. Drama Korea telah memberikan kepada penonton dengan actor yang beragam dan akting yang bagus. Drama Korea juga memberikan genre yang beragam juga seperti; romantis, perang, horor, fantasi, medis, tentang kehidupan persekolahan, dan lain-lain. 

Advertisement

Hal ini membuat penonton bisa memilih banyaknya sajian genre ini, membuat mereka seolah bisa merasakan berbagai kehidupan yang menarik. Drama Korea juga tidak menayangkan acaranya setiap hari, namun setiap dua minggu sekali dan mempunyai episode yang singkat. Cara ini telah membuat para pencinta drama Korea menjadi antusias dan selalu menanti serial yang akan keluar. Dengan naiknya drama Korea di Indonesia juga menambah wawasan kita tentang budaya Korea sendiri. Selain memberikan hiburan, secara tidak langsung kita mengetahui kehidupan mereka sehari-hari juga seperti apa. Selain itu juga kita juga bisa mengetahui tentang berbagai nilai, norma, dan praktik budaya di Korea Selatan.

Setelah memberikan informasi seputar naiknya penonton drama Korea di Indonesia. Genre film Korea yang beragam tentunya telah memberikan masyarakat hiburan di saat pandemi ini yang membuat masyarakat tidak jenuh atau merasa bosan saat dirumah selain itu, drama Korea telah memberikan banyak aktor cantik atau tampan, alur cerita yang menarik, dan episode yang singkat. Hal ini membuat banyak masyarakat kecanduan dalam menonton film drama Korea.

Drama Korea telah sukses menaikan industri filmnya walaupun sedang di tengah pandemi covid-19. Selain dengan suksesnya industri filmnya drama Korea juga telah memberikan kita wawasan kebudayaan di Korea Selatan. Sebagai warga Negara Indonesia tentunya ini bisa menjadi referensi untuk indsutri film Indonesia untuk menaikan acara televisi di Indonesia yang monoton dan membosankan agar industri film di Indonesia tidak kalah dengan film drama Korea Selatan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE