Masa depan yang cerah milik pengambil resiko. Itu yang dikatakan Brian Tracy, seorang ahli pengembangan diri dunia.


Masa depan dimiliki oleh para pengambil resiko, bukan pencari keamanan. Semakin Anda mencari keamanan, justru akan semakin sedikiti keamanan yang Anda miliki dan semakin mengejar peluang, semakin banyak keamanan yang akan Anda raih. ~Brian Tracy.


Advertisement

Saya setuju dengan Brian Tracy, bahwa masa depan adalah milik mereka yang berani mengambil resiko. Hanya orang yang berani mengambil resiko akan mencapai hal yang besar.

Semakin besar resiko yang diambil, akan semakin besar hasil yang menanti. Resiko kecil, atau yang disebut dengan keamanan menjanjikan hasil yang kecil juga. Hukum resiko dan imbalan sudah seperti itu.


Inilah pentingnya mengapa kita harus berani mengambil resiko.

Advertisement

Mengapa Harus Berani Mengambil Resiko?

Tapi tetap harus perhitungan bukan?


Yah, tentu saja. Kita perhitungkan sebelum bertindak. Kita lihat risikonya. Kita bisa menerima risikonya? Jika bisa maka, ambil tindakan. Apakah resikonya bisa diantisipasi? Maka ambil tindakan.

Bukan seperti orang yang hanya mencari pembenaran untuk tidak mengambil resiko, mereka mengatakan beresiko sambil diam tidak bertindak. Perhitungkan resikonya, kemudian tetaplah ambil tindakan untuk mengambil resiko. Itu baru namanya risk taker.

Definisi berani mengambil resiko bukan asal bertindak. Saya setuju itu. Bukan nekat tanpa perhitungan dan mempersiapkan diri. Bukan itu yang dimaksud berani.

Perhitungan boleh, namun jangan sampai terlalu menghitung dengan berharap pasti berhasil. Karena Anda tidak akan pernah menemukannya. Perhitungan boleh tetapi jangan berlebihan sehingga Anda tidak pernah bertindak.

Sebuah kenyataan tentang keberhasilan yang membentuk mental pebisnis

Tidak ada. Sekali saya katakan tidak ada yang bisa menjamin dan memastikan keberhasilan sebuah proses. Saat Anda mau minum, Anda mengambil gelas kemudian mendekatkan ke mulut Anda, apakah dijamin berhasil? Tidak.

Apa lagi dalam kegiatan yang lebih kompleks seperti bisnis, dimana faktor yang menentukan keberhasilan tidak sepenuhnya di tangan kita. Ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi keberhasilan.


  • Tidak ada satu bisnis yang dijamin berhasil

  • Tidak ada satu iklan yang dijamin menghasilkan penjualan tinggi

  • Tidak ada satu strategi yang memastikan memenangkan persaingan

  • Tidak ada jaminan karyawan Anda akan loyal 100% selamanya

  • Tidak ada jaminan pelanggan tidak berpindah ke produk lain

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya