Semua masalah ialah bukti kita hidup. Jangan menyerah!

All is well. Kita sering mendengar kata tersebut bukan? Bahwa segalanya akan baik-baik saja. Meski terdengar sederhana dan naïf, percayalah bahwa semuanya akan membaik. Seberapa sulitnya jalan yang kita lalui saat ini, akan selalu ada jalan keluar dan seburuk apapun keadaan kita, akan selalu ada secercah harapan, karena Tuhan tidak akan pernah meninggalkan kita dan tidak pernah memberi sebuah masalah tanpa solusi. Jika saat ini, kamu masih belum menemukan pelangi dari setiap masalahmu, bersabarlah karena saat itu masih belum akhir dari masalahmu. Karena setiap ending has a beautiful story.

Advertisement

Justru kita bisa bersyukur untuk setiap masalah kita yang ada, bukti bahwa kita masih hidup, masih menjalani kehidupan di dunia ini. Masalah ada untuk pendewasaan kita, selalu ada pelajaran dan makna di dalam sana, memang terdengar aneh, bagaimana bisa kita bersyukur atas masalah yang sering membebani kita dan sering membuat kita lelah dan muak? Disini lah, Tuhan mau kita tidak melihat dari kacamata kita saja, Tuhan punya rencana, dan rencananya selalu indah meski kita sering tak mampu memahami. Dan disinilah Tuhan mau kita mengandalkanNya, berjalan bersamaNya, dan meletakkan harapan kita hanya padaNya. JanjiNya yang tak pernah diingkari, bahwa Ia akan selalu ada untuk kita, selama kita selalu membuka hati kita untukNya.


Let’s open your heart and hear His whisper.


Pernahkah kamu menoleh ke belakang, saat kamu mengalami masa-masa sulit kemarin, rasanya kamu ingin menyerah dan mungkin membenci dirimu sendiri, tetapi life must go on, saat ini kamu bisa berdiri dengan kedua kakimu sendiri dan masa sulit itu pun sudah berhasil kamu lalui. Rasa sakit yang merongrong hatimu dulu sudah menjadi suatu kenangan yang mungkin kamu akan tersenyum jika mengingatnya. Percayalah all is well. Dan disana Tuhan bekerja memulihkanmu dan menguatkanmu.

Advertisement

Ketika masalah itu datang dan kamu mengalami kesulitan, hampa, dan terpuruk, ingatlah Tuhan berdiri di sampingmu dan belajarlah bersyukur, karena setiap harinya kita dihadapkan oleh pilihan, pun untuk menghadapi masalah kamu diberi pilihan untuk mengeluh atau tetap bersyukur dan berpikir positif. Dengan mengeluh, masalahmu tidak akan pernah selesai, justru akan memperburuk suasana hatimu dan ingat bahwa aura yang kamu bawa akan menyebar di sekelilingmu. Tidakkah lebih baik membawanya dalam pikiran positif, dan hal positif akan menghampirimu seperti magnet.

Mudah untuk mengatakannya tetapi aku yakin sulit untuk dilakukan terutama jika ini hal yang baru untukmu. Aku pun juga pernah mengalaminya berulang kali. Selalu ada pertama untuk setiap fase. Dan teruslah mencoba sampai menjadi kebiasaan. Tidak ada seorang yang terlahir ahli dan sempurna dalam segala hal. Walau sulit, tetap bisa dilakukan. Rajin-rajinlah berlatih, dari hal yang kecil. Bersyukurlah untuk setiap pagi kamu bangun dan masih dianugerahi nafas kehidupan, untuk sarapan yang bisa kamu santap, untuk hari-harimu di sekolah dengan setumpuk tugas, atau pekerjaan kantor yang tiada pernah habis serta teman sekantormu yang selalu mencibirmu. Karena disaat yang sama, ada orang lain yang mungkin terbaring koma di ICU, ada orang lain yang tidak bisa sekolah karena masalah ekonomi dan harus mencari nafkah yang hanya cukup untuk makannya hari itu, dan ada banyak pengangguran di luar sana yang tidak memiliki kesempatan seberuntung kamu.

Jadi apakah kita masih pantas untuk bersungut-sungut atau mengeluh? Tidakkah masalah-masalah itu membuat hidup kita menjadi lebih berwarna? Ingatlah juga jika tidak ada pelangi jika hujan tidak turun. Dan tidak ada arti sebuah bahagia, jika tidak ada masa sulit dan air mata.

God bless you abundantly

See me on www.cherislillife.wordpress.com

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya