Masih Mahasiswa? Jangan Takut Memulai Investasimu Sekarang

Dengan adanya segala kemajuan dari masa ke masa kegiatan ekonomi terus berjalan. Kegiatan ekonomi telah berkembang secara signifikan, beragam ide-ide ekonomi yang berinovasi terus bermunculan. Dari yang awalnya sekedar kegiatan menyediakan atau membutuhkan barang dan jasa sekarang telah berkembang secara kompleks. Pertumbuhan perekonomian tersebut tidak lepas drai gaya hidup dan cara hidup manusia modern saat ini. Salah satu kegiatan perekonomian modern yang telah menjamur dikalangan masyarakat adalah investasi.  Investasi adalah menaman aset atau modal ke dalam suatu perusahaan, Lembaga, atau ke dalam suatu benda yang mempunyai nilai jual yang tinggi agar dapat menghasilkan return dalam kurun waktu tertentu. Pengertian singkat dalam KBBI sendiri investasi diartikan sebagai penanaman uang atau modal di suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan dalam jangka waktu tertentu.

Advertisement

Menurut Sukirno investasi merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat secara menerus akan meningkatkan kegiatan ekonomi dan kesempatan kerja. Tidak hanya itu namun, dapat meningkatkan pendapatan nasional dan meningkatkan kemakmuran masyarakat. Investasi merupakan salah satu metode menyimpan yang dapat digunakan dalam mempersiapkan cadangan dana di masa yang akan datang menjadi pendorong, meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta keuntung mengurangi kesenjangan sosial dan mendorong dari tercapainya target atau goals yang dimiliki masing-masing investor. Salah satu pribadi yang berperan sebagai investor adalah mahasiswa  yang saat ini dominanan oleh generasi z. Adam Smith berpendapat bahwa pembangunan ekonomi merupakan proses perpaduan antara pertumbuhan penduduk dan kemajuan teknologi (Sudirman & Alhudhori, 2018). Berdasarkan pertumbuhan penduduk saat ini, dimana mahasiswa merupakan usia produktif yang mempunyai presentase besar mengambil andil dalam pertumbuhan ekonomi ditambah lagi dengan kemajuan teknologi.

Hal ini dapat dilihat dari program Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Fakultas ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang sebagai wahana pembinaan sifat entrepreunership dan profesionalisme mahasiswa. Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (BEI) FEB yang disediakan oleh Universitas Muhammadiyah Malang ini menyediakan data-data penting berupa laporan keuangan perusahaan yang telah listing di BEI, kode perusahaan, listing date, Data-Data Nama Perusahaan, Harga Perdana (IPO), Earning Per Share (EPS),IHSG, LQ 45, ICMD, financial ratio (DER, ROI, ROE, NPM,  OPM). Galeri investasi BEI UMM bukan hanya investasi melainkan juga melayani real trading atau perdagangan efek. Galeri BEI Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah malang merupakan acara yang diadakan oleh IDX yang bertempat di Jakarta dan Surabaya tempatnya di Grand City Mall &Convex Surabaya, investasi ini bukan hanya mahasiswa Muhammadiyah saja tetapi juga bisa untuk dosen Universitas Muhammadiyah dan umum.

Di era serba teknologi digital segala sesuatu dapat kita cari dan temukan di dalamnya. Sama halnya dengan berinvestasi. Segala sumber media maupun pihak-pihak berlomba-lomba memaparkan maupun menjajakan tentang dunia investasi. Tidak jarang pula kita dapat menemukan banyaknya konten kreator yang didominasi oleh kaum muda yang menjadikan investasi sebagai bahan konten. Sehingga peluang untuk memahami, belajar, dan memulai berinvestasi bagi masyarakat umum sangat besar. Namun dari banyaknya informasi tentang investasi yang tersebar di media digital tidak semuanya dapat dipercaya atau valid. Buktinya banyak sekali masyarakat indonesia yang salah memulai berinvestasi bahkan sampai menjadi korban penipuan investasi bodong. Mahasiswa sebagai generasi yang menjadi bagian dari masa demografi bagi Indonesia untuk memberikan perubahan yang lebih dinamis dengan memanfaatkan kemajuan teknologi demi memprediksi peluang yang akan terjadi di masa mendatang sehingga aksi yang dilakukan oleh mahasiswa memberikan dorongan terhadap masyarakat umum akan memberikan pengaruh yang cukup besar. Adam Smith berpendapat bahwa pembangunan ekonomi merupakan proses perpaduan antara pertumbuhan penduduk dan kemajuan teknologi (Sudirman & Alhudhori, 2018).  

Advertisement



Referensi:

Sudirman, S., & Alhudhori, M. (2018). Pengaruh Konsumsi Rumah Tangga, Investasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Jambi. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 2(1), 81-91.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE