Masih Perlukah Menghormati Orang Tua?

Terkadang kita harus sedikit gila di semesta yang terlalu waras.

Advertisement

Keluarga merupakan tempat untuk menyatukan rasa cinta dan kasih sayang. Orang tua berperan penting dalam sebuah keluarga, tugas sang  ibu melahirkan, menyusui, dan mengatur keuangan, sedangkan sang ayah menafkahi dan bertanggung jawab terhadap keluarganya. Bagaimana jika peran orang tua tidak diterapkan di dalam keluarga? Kita ambil salah satu contoh, ketika peran sang ayah yang tidak menafkahi anak dan istrinya, menurut agama "Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada anak yang dilahirkan dengan cara ma'ruf." (QS. Al-Baqarah : 233). 

Apakah ada seorang ayah yang tega menelantarkan anaknya? Tentu saja banyak. Lalu apakah beliau menyadari perbuatannya itu dosa?

Apakah seorang anak tetap harus menghormati?

Saya bingung dengan permasalahan seperti itu, semua orang tahu bahwa tidak menghormati orang tua itu hukumnya dosa, dengan alasan karna orang tua sudah melahirkan, membesarkan dan mendidik dari kecil. Apakah si anak ingin di besarkan? Apakah berharap dilahirkan?

Banyak orang tua yang ingin anaknya baik, sukses, pintar padahal mereka tidak menyadari dirinya sendiri. Menuntut anaknya untuk gemar mengaji tetapi dirinya sendiri tak bisa mengaji, menyuruh anaknya untuk sekolah yang pintar tetapi mereka tidak mengajarkan apapun kepada anaknya. 

Sangat lucu sekali dipaksa sehat di keluarga yang sakit. Sudahlah! Mau sampai kapan menunggu pohon durian berbuah rambutan?

Saya tidak tahu kapan cerita ini berakhir, saya tidak tahu ke depannya keluarga saya akan seperti apa, saya tidak berharap keluarga ini lebih baik lagi kepada semesta dan saya juga tidak mengharapkan kejutan spesial dari Tuhan. Apakah dunia sekejam ini? Apakah dewasa itu luka?

Advertisement

Pesan saya untuk semua orang tua di dunia ini, jangan sampai kalian mengambil keputusan terlalu cepat, jaga anugrah yang tuhan berikan kepada engkau. Tentu tidak mudah untuk merawat, mendidik dan membesarkan anak kalian, banyak upaya yang harus dilakukan, banyak keringat yang bercucuran, tetapi ingatlah, Tuhan menjaminkan surga untuk para orang tua yang menjadikan anak nya menjadi anak yang soleh dan solehah.

Terimakasih untuk orang tua yang telah berkontribusi besar terhadap anaknya dan teruntuk orang tua yang tidak menafkahi anaknya. Apakah anda tidak malu kepada sang pencipta yang telah menitipkan nyawa serta jasad kepada engkau, akan tetapi engkau tidak bisa menjaga nya dengan baik? Maka bersiaplah akan ada hari yaumul jaza yang dimana semua perbuatan manusia di dunia akan dipertanggungjawabkan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE