Berbicara di depan umum atau yang biasa disebut juga dengan public speaking merupakan salah satu soft skill yang wajib dimiliki semua orang. Hal ini di karenakan setiap orang pada saatnya pasti akan membutuhkan dan menggunakan kemampuan tersebut. Bahkan public speaking sendiri sudah sering kita praktekkan sejak masih berada di bangku sekolah, contohnya saja dalam melakukan presentasi.

Namun ternyata ketika harus berbicara di depan umum, masih banyak orang-orang yang merasa gugup bahkan sampai ketakutan, hal tersebut pun akan merugikan kita. Untuk itu, yuk simak tips-tips berikut untuk membantu kamu berani bicara di depan umum

Advertisement


  • Siapkan materi dengan matang: Mempersiapkan materi adalah salah satu hal yang wajib kita lakukan. Jika kita sudah tau apa yang ingin kita sampaikan maka kita akan merasa lebih tenang. Susunlah materi yang ingin kita sampaikan agar ketika sudah di depan kita sudah tidak bingung mau bicara apa terlebih dahulu.

  • Berpikir positif: Banyak orang yang merasa takut berbicara di depan umum dikarenakan pikiran negatif mereka sendiri. Belum maju bicara, sudah berpikir bahwa kita akan gagal, akan ditertawakan, akan dikritik oleh orang lain. Solusi paling tepat adalah hilangkan pikiran tersebut dan ubah menjadi pikiran positif. Dengan berpikir secara positif maka secara tidak langsung akan mensugesti diri kita untuk berhasil dan lebih percaya diri.

  • Miliki gaya bicara sendiri: Banyak orang yang tidak percaya dengan dirinya sendiri sehingga pada akhirnya mengikuti gaya bicara orang lain meskipun ternyata gaya tersebut tidak cocok dengan dirinya. Hal tersebut pun akan membuat kita terlihat kurang baik di depan umum. Jadi diri sendiri adalah solusi terbaik. Kita tidak perlu berpura-pura menjadi orang lain sehingga kita bisa lebih nyaman saat berbicara di depan umum.

  • Kenali audiens: Dengan mengenali siapa audiens kita maka cara penyampaian kita pun akan berubah satu dengan yang lainnya. Gaya bahasa kita akan menyesuaikan dengan situasi yang ada. Contoh ketika kita bicara di depan pimpinan perusahaan maka kita akan lebih formal, berbeda ketika kita menyampaikan materi di depan teman-teman sendiri. Dengan mengenali audiens, kita juga akan lebih mengetahui batasan-batasan kita sebagai pembicara dan hal tersebut akan membantu kita dalam berbicara di depan umum.

  • Latihan berulang kali: Semua tips di atas tidak akan maksimal hasilnya tanpa adanya latihan. Dengan berlatih kita akan semakin terbiasa dan lama kelamaan rasa takut kita pun juga akan hilang. Latihan bisa dimulai dari langkah kecil seperti latihan bicara di depan cermin, sampai meminta beberapa teman kita untuk mendengarkan kita latihan bicara.

Yuk jadi pribadi yang lebih baik lagi dengan berani bicara di depan umum!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya