Materi Safety Talk yang Bisa Kamu Bawakan Saat Bulan Ramadhan

Safety talk adalah sebuah acara rutin yang dilakukan Perusahaan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja

Apakah kalian pernah bekerja di proyek? Pastinya tau dong apa pengertian dari safety talk. Semua orang Indonesia yang bekerja di proyek pasti mengetahuinya, karena safety talk tersebut rutin di lakukan setiap hari sebelum pekerjaan di mulai.

Advertisement

Acara ini bertujuan untuk mengenali potensi bahaya yang ada di lingkungan Perusahaan, pengertian unsafe action dan unsafe condition serta sebagai tindakan pencegahan agar kecelakaan tidak terjadi.

Safety talk sebenarnya sudah menjadi budaya bagi orang proyek, karena ini adalah salah satu program yang positif dan dianjurkan oleh pemerintah untuk diterapkan di lingkungan kerja.

Di dalam undang undang juga telah terdapat acuan yang dapat dijadikan referensi Perusahaan untuk melaksanakan acara tersebut yaitu UU no 1 tahun 1970 yang berbunyi pengurus wajib menjelaskan dan menunjukan risiko yang ada di proyek, penggunaan apd serta cara aman dalam mengerjakan suatu kegiatan.

Advertisement

Jadi dari acara safety talk inilah cara Perusahaan untuk menjelaskan point point tersebut agar dapat tersampaikan bagi seluruh pekerja. Lalu apakah ada contoh dalam penyampaian safety talk tersebut? Berikut adalah contoh materi safety talk.

Contoh Materi Safety Talk

Advertisement


Semangat pagi rekan semua dan salam sehat! Terimakasih sudah menyempatkan hadir dalam acara safety talk yang kita laksanakan ini. Semoga bapak dan ibu yang hadir selalu diberikan kesehatan.

Pada kesempatan safety talk hari ini izinkan saya untuk memaparkan materi tentang cara kerja aman saat melaksanakan pekerjaan di bulan Ramadhan.

1. Berdoa Sebelum Bekerja

Di bulan Ramadhan ini kita sebagai umat muslim harus tetap melakukan kegiatan rutin seperti biasa, yang pastinya kegiatan tersebut dapat menguras stamina dan kesehatan tubuh. Langkah pertama yang harus bapak ibu lakukan yaitu dengan berdoa sebelum memulai pekerjaan.

Karena hal ini sangat dianjurkan supaya apapun yang bapak ibu laksanakan tetap aman. Jangan sepelekan hal yang kecil seperti ini, karena bapak ibu semua juga perlu untuk mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wata a'la.

2. Pastikan Anda Mengikuti Safety Talk

Langkah kedua agar pekerjaan anda tetap aman dan berjalan dengan baik yaitu tetaplah mengikuti acara safety talk sebelum memulai pekerjaan.

Karena tujuan penting dari acara safety talk adalah untuk mengingatkan rekan semuanya mengenai potensi bahaya apa saja yang akan kita hadapi dalam melakukan pekerjaan. Serta dalam acara safety talk inilah sebuah komunikasi terbangun.

3. Jangan Lupa Sahur

Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan, apalagi bapak ibu semua melakukan sahur sebelum melaksanakannya. Hal ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh bapak ibu dan bisa menjadi stamina tambahan agar saat bekerja tubuh selalu fit.

Jangan sampai kita tidak melakukan sahur ini. Mengapa demikian? Coba di fikirkan saja, dalam satu hari itu kita dituntut untuk melakukan kewajiban dalam berpuasa tidak makan dan minum serta harus melakukan pekerjaan yang pastinya menguras tenaga bapak dan ibu semua.

4. Penuh Konsentrasi

Pastikan saat puasa bapak dan ibu tetap konsentrasi dalam bekerja, jangan sampai perut yang kosong serta perasaan yang sangat haus dapat menghilangkan konsentrasi.

Nah inilah salah satu fungsi sahur yang sebelumnya saya sampaikan, sahur juga bisa meningkatkan konsentrasi bapak ibu sekalian dalam mengerjakan sesuatu terutama kewajiban dalam bekerja.

5. Selalu Komunikasi

Saat tubuh terasa lelah dan tidak sanggup lagi untuk bekerja, pastikan komunikasi antara bapak dan ibu dengan pengawas tetap terjalin. Jangan paksakan diri apabila badan kurang Fit.

Agar pengawas dapat melakukan tindakan selanjutnya, apakah bapak dan ibu disuruh istirahat maupun pergi ke dokter untuk proses penyembuhan.

Mungkin dari kelima tips diatas harus bapak ibu lakukan dalam melaksanakan pekerjaan di bulan Ramadhan. Jangan sampai hal sepele yang harusnya bisa kita cegah malah dapat memicu timbulnya kecelakaan kerja.

Saya rasa penyampaian safety talk pagi ini cukup, kita lanjutkan pada pembahasan rencana kerja, potensi bahaya serta langkah apa yang harus dilakukan dalam pekerjaan yang akan kita lakukan pada hari ini. Saya kembalikan kepada moderator.




Nah, mungkin itulah contoh materi safety talk yang dapat diberikan, semoga bermanfaat dan dapat dijadikan acuan untuk disampaikan saat bulan Ramadhan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Saya adalah pemilik situs www.lulusandiploma.com dan bekerja di salah satu proyek BUMN yaitu PT. Nindya Karya (Persero), memiliki latar belakang pendidikan Diploma 3 di Akademi Minyak dan Gas Balongan jurusan Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kebakaran

CLOSE