#DiIndonesiaAja-Megahnya Masjid 99 Kubah di Makassar

Masjid 99 kubah yang kini menjadi salah satu ikon Kota Makasar

Masjid 99 Kubah sebagai ikon baru Kota Makassar, Sulawesi Selatan, tidak hanya menghipnotis masyarakat setempat namun juga para wisatawan yang tentunya datang berkunjung ke Makassar. Sesuai dengan namanya, masjid ini dipercantik dengan puluhan kubah. Kubah-kubah berbagai ukuran, mulai dari kecil hingga besar menghiasi bagian atas masjid. Mereka ditata bertingkat dengan warna-warna terang, seperti merah, jingga, dan kuning.

Advertisement

Bangunan yang cantik, unik, megah, dan berlokasi di atas laut menjadi daya tarik tersendiri bagi warga lokal dan wisatawan.

Saya sangat  terkesan dengan arsitektur Masjid 99 Kubah ini yang begitu unik dan sulit dilupakan. Pemandangannya yang menghadap laut, dengan bangunan yang didirikan di atas tanah reklamasi memberinya nilai tambah. Masyarakat Makassar-pun sangat terkesima dengan Masjid 99 Kubah rancangan dua arsitektur ternama di Indonesia, yakni Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan mantan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto.

Hingga banyak orang mengaku bahwa masjid ini akan menjadi titik wisata di Sulsel bagi seluruh pengunjung utamanya wisatawan yang sulit untuk dilewatkan. Masjid ini bukan saja dapat menampung begitu banyak jamaah, namun juga akan menjadi titik wisata yang sulit dilewatkan.

Advertisement

Masjid milik pemprov Sulsel ini didesain oleh Ridwan Kamil dengan mengikuti jumlah Asmaul Husna yang luas bangunannya 72×45 meter. Masjid ini diperkirakan menelan biaya Rp 170 miliar yang berasal dari APBD, jadi tidak heran jika hasilnya memang mengagumkan dan juga yang nantinya dapat menampung 13.075 jamaah.

Awalnya, Masjid 99 Kubah ini akan selesai dan bisa digunakan pada bulan Ramadhan 2019. Namun sampai saat ini masih belum bisa digunakan. Bahkan, pembangunannya disebut belum memenuhi standar. Sebagai ikon baru sekaligus bangunan monumental, Masjid 99 Kubah ingin menjadi bangunan yang dikenang sepanjang masa. Masjid 99 Kubah ini menjadi kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan.

Advertisement

Ada fakta menarik dari masjid ini, yakni tidak menggunakan pendingin ruangan. Alasan masjid ini tidak menggunakan pendingin ruangan tentu karena faktor ramah lingkungan. Namun, yang menjadikan masjid ini tidak dilengkapi pendingin ruangan adalah karena desainnya menggunakan konsep ruang terbuka.

Masjid 99 Kubah yang berdiri di kawasan Center Point of Indonesia (CPI) Makassar ini akan menjadi salah satu dari 30 masjid terunik di dunia dan untuk di Indonesia sendiri. Masjid ini akan masuk dalam daftar 10 masjid terbaik

 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswa Unhas Pemerhati Sepakbola Human Rights

CLOSE