4 Tips Memberikan Nilai Plus Pada Sebuah Cafe Melalui Pencahayaan

Design is defined by light and shade, and appropriate lighting is really important - unknown

Apa yang menarik bagi seseorang untuk mendatangi sebuah café? Ternyata kebanyakan orang datang ke sebuah café bukan untuk menikmati hidangannya melainkan untuk bersantai dan menikmati suasana café. Tetapi pada saat ini, sudah terdapat banyak sekali café yang bermunculan di kota besar. Oleh karena itu, sangat penting bagi sebuah café untuk memiliki suatu nilai plus serta sesuatu hal yang menarik bagi public untuk terus menerus datang. Salah satu aspek penting yang dapat memberikan nilai plus tersebut adalah bagaimana cara mengatur pencahayaan.

Advertisement

Pencahayaan tentunya merupakan aspek penting dalam pembuatan interior, baik rumah tinggal sampai dengan ruang public. Tentunya hal ini juga berlaku pada pembuatan suatu café. Seperti yang kita tahu, pada saat ini banyak orang yang menjadikan café sebagai tempat hiburan, tempat bersosialisasi, bahkan tempat untuk mengerjakan tugas/ pekerjaan. Hal ini menunjukkan bahwa suatu café dikatakan menarik bukan hanya karena makanan serta service yang memuaskan, tetapi kenyamanan juga menjadi poin penting yang harus diperhatikan.

Kenyamanan suatu café bisa dibentuk melalui pencahayaan yang baik. Bahkan tidak hanya menghasilkan kenyamanan, pencahayaan yang baik juga bisa menarik orang baru untuk datang dan bahkan menjadikan mereka menjadi pelanggan tetap. Berikut merupakan tips-tips untuk mengatur pencahayaan pada café anda.

#Tips 1 :

Advertisement

Mengetahui dan menetapkan brand image pada café anda

Sebelum menentukkan suatu pencahayaan yang akan digunakan pada sebuah café, sangat penting untuk mengetahui terlebih dahulu identitas seperti apa yang akan diperkenalkan kepada customer. Identitas dalam suatu café biasa ditentukan melalui konsep atau gaya desain yang akan diwujudkan. Konsep desain dalam suatu interior tentunya terdapat banyak jenis, misalnya bohemian, kontemporer, modern, minimalis, classic, industrial, dan lain-lain.

Pemilihan konsep sangat perlu untuk dilakukan karena akan berpengaruh pada pemilihan jenis lampu. Misal, jika memilih gaya desain industrial tidak mungkin akan menggunakan jenis lampu chandelier yang biasa digunakan pada rumah dengan gaya desain classic

#Tips 2 :

Memanfaatkan pencahayaan alami sebanyak mungkin pada siang hari

Sinar matahari memiliki Color Redering Image (CRI) alami yang paling baik. Dengan adanya CRI yang baik mengakibatkan setiap barang yang terkena cahaya matahari memunculkan warna aslinya secara maksimal. Hal ini tentunya menjadi nilai plus karena menjadikan café lebih eye-catching dan menunjukkan kehangatannya.

Untuk itu, sangat diperlukan bagi suatu interior untuk memiliki jendela ataupun skylight yang besar sehingga cahaya matahari dapat masuk dengan mudah. Tetapi bukaan yang besar juga perlu dipertimbangkan untuk café pada iklim tropis, karena cahaya matahari yang masuk terlalu banyak  juga dapat menyebabkan penghawaan yang kurang sejuk. Jadi, akan lebih baik jika bukaan yang besar juga didukung dengan adanya penggunaan tirai atau blindfold.

#Tips 3 :

Pemilihan warna cahaya

Aspek pencahayaan lain yang tentunya juga memiliki peranan penting dalam sebuah café adalah pemilihan warna cahaya. Banyak orang yang seringkali sedikit meremehkan pemilihan warna cahaya. Padahal, warna cahaya merupakan hal yang perlu diperhatikan karena sangat berpengaruh pada ambience suatu café. Pada umunya warna cahaya dibagi menjadi 2. Yang pertama cool-toned, yang berarti warna cahaya yang dihasilkan lebih mengarah ke warna biru. Sedangkan yang lainnya disebut warm-toned, yang menghasilkan warna cahaya yang lebih mengarah ke warna kuning. 

Pemilihan warna cahaya biasanya ditentukan melalui konsep café yang di inginkan. Tetapi pada umumnya, café memiliki pencahayaan yang lebih hangat dikarenakan warna yang hangat lebih menciptakan suasana yang nyaman. Pada umumnya, pencahayaan pada café berkisar antara 3000-4000K. Keseluruhan area café disarankan untuk menggunakan warna pencahayaan yang konsisten agar tidak mengganggu pemandangan.

Selain itu, pemilihan warna pencahayaan juga penting karena akan mempengaruhi visual keseluruhan area. Misalnya, area makan yang kurang terang akan membuat nafsu makan customer menjadi turun Karena diketahui bahhwa pencahayaan berperan penting pada nafsu makan manusia.

#Tips 4 :

Membuat Seni Melalui Pencahayaan

Adanya seni atau yang biasa kita sebut sebagai sisi estetik sangatlah penting bagi sebuah café. Apalagi di jaman modern ini dimana semua orang menggunakan social media sebagai sebuah platform untuk mempromosikan suatu tempat, intagrammable space tentunya menjadi aspek yang penting untuk dipenuhi. “Instagrammable Space” dapat dibentuk melalui banyak hal, salah satunya adalah dengan menempatkan dan mengatur pencahayan sehingga membentuk suatu aksen yang menarik. Jenis pencahayaan yang seperti ini biasanya hanya digunakan untuk sisi estetik dan titik focus untuk menyorot area tertentu dalam suatu café dimana digunakan untuk mengarahkan perhatian pelanggan.

Pencahayaan dapat difungsikan sebagai aksen atau titik focus. Kombinasi dari beberapa titik lampu dihubungkan antara yang satu dengan yang lainnya sehingga membentuk suatu seni. Pencahayaan seperti ini memang tidak difungsikan sebagai pencahayaan utama dan seringkali ditempatkan pada area yang tidak terllau terang sehingga aksen yang dihasilkan mendapatkan perhatian pelanggan.

KESIMPULAN

Dengan adanya empat tips ini, anda tentunya dapat menentukkan sendiri jenis pencahayaan yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis anda. Empat tips ini merupakan langkah awal bagi para bisnis pemula yang ingin menciptakan suatu café, sehingga sangat disarankan untuk dapat mempertimbangkan untuk menggunakan pedoman yang telah ditulis.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE