Step by Step Bikin Kaus Tie Dye Sendiri. Mudah dan Hemat Pengeluaran, Pasti!

DIY kaus tie dye

Semenjak menjadi tren di Tiktok, teknik pewarnaan ini yang sebenarnya sudah lama ada ini kini kembali naik daun. Tren ini muncul sejak diunggah tantangan pengguna dan diikuti oleh pengguna lainnya.

Advertisement

Teknik pewarnaan ini juga tengah ramai memenuhi panggung peragaan busana, bahkan rumah mode sekelas Prada juga mulai memproduksinya. Dengan tie dye kamu bisa mendapatkan kesan santai dan keren pada outfit-mu. Motif-motif yang dihasilkan oleh teknik ikat celup sangat beragam, tergantung pada pola dan cara mengikat kainnya.

Mudah sekali, ayo buat tie dye ala kamu sendiri, berikut caranya:


  1. Siapkan kaus putih polos kemudian basahi dengan air bersih. Kamu bisa menyiapkan kaus putih yang sudah tidak terpakai atau kamu juga bisa menggunakan hoodie atau totebag kamu.

  2. Kareti atau ikat kaus tadi sesuai dengan pola yang ingin kamu mau. Pilih desain pola dan motif untuk tie dye-mu, kamu bisa memutar, melipat dan menempatkan karet gelang pada kausmu. Dengan cara ini kamu bisa mendapatkan motif classic spiral, bullseye dan striped look.

  3. Tuang pewarna tekstil sesuai yang kamu mau. Kamu bisa gunakan warna- warna pastel yang sedang trend, seperti biru, pink, hijau, dan cotton candy. Saat memberi warna ini kamu bisa menggunakan wadah plastik atau botol dengan ujung yang kecil agar warnanya tidak berantakan.

  4. Masukkan kaus yang sudah kamu warnai tadi ke dalam plastik agar bisa warna dapat menyerap dengan cepat dan maksimal. Tutup rapat plastik tersebut dan diamkan selama setidaknya 4 jam. Jika kamu ingin hasil yang maksimal kamu bisa mendiamkannya semalaman.

  5. Setelah didiamkan, bilas kemudian jemur. Diperlukan tiga kali pembilasan untuk mengeluarkan pewarna yang tidak melekat ke serat kain. Tanpa melepas karet gelang, letakkan kaus di bawah air dingin sampai warna yang berlebihan itu benar-benar bersih. Ulangi dengan air hangat, dan kemudian bilas kembali dengan air panas. Setelah itu, lepas karet dan motif yang kita inginkan pun terbentuk sempurna. Tahap terakhir, cuci dengan air panas, kemudian Jemur kaus untuk mengunci warna.

  6. Kini kamu memiliki tie dye buatanmu sendiri, padukan dengan outfit favoritmu. Jika kamu mau, tie dye ini juga bisa menjadi ide bisnis kamu.

Itu dia cara membuat kaus tie dye ala rumahan. Cukup mudah dipraktikkan kan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE