Memilih Jurusan Kuliah Jangan Ikut-ikutan Teman. Ini 5 Tips Memilih Jurusan Agar Nggak Menyesal

tips menentukan jurusan kuliah

Hayo siapa yang saat ini lagi galau dan pusing milih prodi untuk lanjut kuliah?  Kamu tidak sendirian, ada banyak remaja seusiamu yang saat ini pasti juga lagi merasakan hal yang sama denganmu. Tenang, ini fase biasa yang akan dialami oleh setiap manusia yang ada di jenjang SMA/SMK sederajatnya, terutama mendekati bulan-bulan untuk pendaftaran kuliah seperti saat ini.

Advertisement

Sebelumnya, yuk kenalan sama apa itu prodi. Prodi atau program studi biasanya lebih dikenal  dengan istilah jurusan kuliah. Ada banyak sekali prodi yang ada pada  setiap fakultas di perguruan tinggi. Ada prodi Kesehatan Masyarakat, Bimbingan dan Konseling, Kehutanan, Hukum, Pertanian, Kedokteran, dan lain sebagainya. Dari pada kalian tambah pusing menentukan prodinya, menurutku ada beberapa hal penting yang bisa membantu kamu dalam  memilih prodi kuliah agar nantinya tidak asal pilih dan menyesal  saat perkuliahan.

Hal pertama yaitu kenali minat dan bakat diri. Hal ini penting, karena biasanya setiap orang itu memiliki minat dan bakat yang berbeda dan unik. Kenali minat dan bakatmu dari hal-hal kecil yang membuatmu merasa nyaman dan senang ketika melakukannya meskipun harus menyita beberapa saat waktu dan pikiranmu, namun ketika setelah selesai melakukannya kamu merasa puas dan tidak terbebani. Kamu juga bisa ikut beberapa kegiatan ekstrakulikuler yang ada di sekolahmu sesuai minatmu. Kembangkan dan asah diri. Mungkin diawal kamu akan merasa bingung dan susah menentukan  bakat dan minat apa dalam dirimu. Tetapi dengan kamu aktif mengikuti dan berusaha menggali potensi dari dirimu perlahan-lahan kamu akan menemukan bakat dalam dirimu. Sebaiknya sobat mengikuti ekskul dengan baik dan rutin serta kurangi rasa malas dalam mengikutinya karena ini merupakan bekal awal untuk kamu dalam menentukan prodi kelak.

Lalu, berdiskusilah dengan keluarga dan orang-orang terdekat. Poin ini tidak kalah penting sobat, mengapa? Karena dari pengalaman-pengalaman pribadi, berdiskusi dengan keluarga terutama dengan orangtua itu merupakan hal yang cukup krusial dalam menentukan prodi kuliah selanjutnya. Sebisa mungkin berdiskusi dan terbukalah dengan kedua orang tuamu. Jika orangtuamu memiliki pilihan prodi yang berbeda atau berseberangan dengan pilihanmu berikan pengertian dan alasan yang kuat serta logis kepada orang tua secara perlahan-lahan agar bisa menerima serta mendukung pilihan prodimu. Jika orang tua tetap kekeuh dengan pilihannya maka jangan pesimis dahulu, kamu bisa berbagi dengan sahabat atau guru di sekolah. Dengan demikian ,mereka bisa membantumu menyakinkan orang tua bahwa prodi pilihanmu memang cocok untukmu. Terkadang orang tua itu sebenarnya menginginkan yang terbaik untuk anaknya tetapi mereka lupa bahwa anaknya memiliki pemikiran serta pilihan yang patut mereka hargai dan pertimbangkan. Dan juga sepantasnya kita sebagai anak juga harus berusaha menghargainya pendapat orang tua. Usahakan gunakan bahasa yang sopan bila ingin menyanggah pendapatnya.

Advertisement

Selanjutnya, perhatikan pilihan prodi utama dan  prodi cadangan. Mempersiapkan cadangan prodi yang tentunya juga kamu minati tidak boleh sampai kamu lupakan dan remehkan karena jika kamu hanya memiliki pilihan prodi satu saja tanpa ada cadangan maka kamu akan cenderung malas menggali potensimu dan akan terlalu berekspektasi tinggi untuk satu prodi saja. Kamu perlu memperhatikan cadangan prodimu karena banyak orang yang kadang hanya minat dan berambisi pada prodi pilihan pertama dan kurang memperhatikan pilihan prodi keduanya. Alhasil saat mereka diterima di pilihan kedua mereka sedih dan memilih untuk tidak mengambilnya. Jadi sebisa mungkin pikirkan dengan matang pilih prodi pertama dan prodi cadangan yang benar-benar kalian minati dan inginkan bukan sekedar asal pilih saja.

Untuk memantapkan pilihan prodi, coba cari informasi dan kenali setiap mata kuliah yang ada di dalam prodi pilihanmu. Ini juga perlu sobat perhatikan sebab kebanyakan dari kita terkadang memilih prodi tanpa memerhatikan mata kuliah yang ada didalamnya. Jadi meskipun kamu minat terhadap prodi itu sebaiknya cari juga informasi terkait mata kuliahnya. Hal ini akan membantumu mengurangi risiko kebosanan dan miss persepsi terhadap prodimu. Selain itu dengan kamu mengetahui mata kuliahnya kamu bisa mempersiapkan diri untuk memelajarinya lebih dini.

Advertisement

Last but not least yaitu berdoa dan meminta restu dari Tuhan. Hal ini sangat penting sobat karena dengan berdoa kamu akan lebih tenang dan lebih mantap lagi dalam menentukan pilihan prodi yang kamu inginkan. Dengan berdoa kamu akan dituntun secara tidak langsung oleh Tuhan dalam memilih prodi yang benar-benar sesuai untuk dirimu. Jadi belajarlah mengurangi ekspektasi dan perbanyak doa dan usaha, syukur-syukur prodi yang kamu inginkan sesuai dengan takdir dari Tuhan. Tetapi bila tidak, jangan pesimis dan bersedih, sebab kamu tentu pernah mendengarkan bahwa rencana Tuhan itu lebih baik dan indah dari rencana hambanya.

Itulah beberapa hal penting yang aku harap bisa membantumu menentukan prodi pilihan dalam perkuliahan. Terus gali informasi kamu tentang prodi-prodi, buatlah lis prodi-prodi yang menurutmu sesuai dengan dirimu, teguhkan dirimu dan jangan terpengaruh untuk ikut-ikutan teman. Luangkan waktu dan pikiranmu dalam menentukan hal ini. Karena prodi yang kamu pilih dalam berkuliah akan membantumu menentukan pilihan masa depanmu kelak. So, jangan asal-asalan kalau mau memilih prodi. Baca, pahami, dan telaah. Semoga menambah pengetahuan sobat  dan bermanfaat bagi banyak orang.


"Hidup itu pilihan, karena itu pikirkan terlebih dahulu sebelum kamu memilih. jangan sampai asal dan menyesal di akhir nanti. Pilihanmu adalah tanggung jawabmu."


Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE