Bisnis travel saat ini cukup hits di kalangan para pebisnis, hal ini tampaknya karena mulai digalakannya dunia pariwisata Indonesia. Selain itu, gaya hidup masyarakat Indonesia pun mulai bergeser, saat ini traveling nampaknya menjadi kebutuhan non-primer yang cukup digemari untuk melepaskan rasa penat pasca bekerja selama 40 jam bahkan lebih dalam seminggu.

Hal ini bisa kita lihat dari padatnya daerah wisata pada saat weekend. Hampir setiap weekend dan musim liburan daerah seperti Bandung, Malang, Yogyakarta, bahkan Bali dipadati oleh wisatawan mancanegara maupun domestik. Didukung juga dengan tiket pesawat dari dalam ke luar negeri yang terhitung lebih murah daripada tiket domestik. Menyebabkan masyarakat ingin merasakan liburan ke luar negeri daripada dalam negeri, seperi Malaysia, Singapura, Thailand, bahkan Hong Kong.

Advertisement

Persyaratan Memulai Bisnis Travel: Memulai Binis Travel Tanpa Modal

Sayangnya walaupun market dari dunia pemasaran ini sangat luas, banyak persayaratan yang harus Anda dapatkan untuk memiliki bisnis di bidang travel ini. Hal-hal yang dibutuhkan adalah seperti surat izin tur operator, surat izin pendirian agen perjalanan maupun local guide bersertifikat dan juga masalah produk-produk yang mengharuskan Anda melakukan kerjasama dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya dan juga modal finansial.

Aplikasi bisnis travel tanpa modal- Memulai Binis Travel Tanpa Modal

Advertisement

Saat ini Anda bisa merasa lega, karena banyak sekali penawaran dari aplikasi bisnis travel tanpa modal yang bisa membantu Anda memulai bisnis travel dengan lebih mudah. Tentu saja Anda harus tetap menguasai ilmu-ilmu di dunia bisnis seperti, metode pemasaran, management, pengelolaan keuangan dan juga riset pasar.

Membangun lingkaran pertemanan yang menguntungkan untuk bisnis Anda juga dibutuhkan. Mulai sekarang lebih menjadi orang yang terbuka, percaya diri mengenalkan produk Anda, dan juga manfaatkan relasi sebaik mungkin untuk menjadi rekan bisnis Anda.

Mempelajari hal-hal tersebut tentu saja bisa Anda lakukan dengan gratis maupun berbayar. Anda bisa mulai dengan search bagaimana melakukan pemasaran secara online maupun offline, bagaimana cara membuat itinerary atau bahkan bagaimana memulai memiliki relasi.

Karena sejatinya ketika bisnis Anda sudah mulai tahap berkembang, Anda membutuhkan seorang investor yang juga bisa saja Anda temukan di lingkaran pertemanan Anda. Membeli buku tentang dunia bisnis dan juga memahami pola pikir calon pembeli Anda, juga bisa menjadi langkah awal yang baik dalam memulai bisnis Anda di bidang traveling.

Selain memanfaatkan aplikasi yang sudah ada, jangan lupa untuk memastikan bahwa aplikasi tersebut dapat benar-benar terpercaya atau tidak. Anda bisa cek dengan menanyakan sertifikat izin usaha maupun alamat kantor. Selain itu juga, Anda dapat memastikannya di forum-forum dan membaca review tentang aplikasi yang akan Anda pakai.

Selain tentang kebenaran aplikasi, pastikan juga bahwa Anda tidak akan rugi menggunakan aplikasi tersebut. Jangan sampai Anda mengeluarkan uang modal yang tidak akan mudah untuk diputar. Pilih aplikasi bisnis yang bisa membantu Anda dengan modal seminim mungkin dan pastikan Anda mendapatkan banyak keuntungan. Keuntungan bukan hanya diukur dari finansial saja, tetapi seperti pendampingan usaha maupun menambah ilmu serta relasi. Selebihnya selamat mencoba dan memulai bisnis travel pertama Anda!

Sumber: Qloti

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya