Menanyakan Kabar kepada Diri Sendiri, Salah Satu Cara Paling Mudah untuk Mencintai Diri Sendiri

menanyakan kabar diri sendiri

Menanyakan kabar biasanya dilakukan untuk menyapa seseorang yang lama tidak kita jumpai. Terkadang juga hanya sebatas ritual basa basi. Tapi pernahkah kamu menanyakan kabarmu sendiri? Baik itu secara tersirat maupun tersurat?

Advertisement

Pasti kebanyakan dari kita jarang┬á┬ámelakukannya bahkan belum pernah sama sekali. Kamu tahu tidak, menanyakan kabar pada diri sendiri merupakan upaya untuk mencintai diri sendiri lho! Cobadeh ┬álakukan sebelum tidur saat akan menutup hari ini. ÔÇťApa kabar diriku? Apakah kamu baik? Ataukah kamu sedang merasa burukÔÇŁ. Faktanya, kebanyakan manusia paling susah untuk jujur pada diri sendiri bahwa dirinya sedang tidak baik-baik saja.┬á

Padahal dengan menyakan kabarmu sendiri setidaknya kamu sudah jujur dengan dirimu sendiri. Jika seharian kamu sudah menampakkan senyum untuk menutupi kesedihan dan kelelahanmu, maka setidaknya dengan bersikap jujur pada diri sendiri akan melegakan. Ketika harimu sedang baik, maka kamu akan lebih bersyukur dengan apa yang sudah kamu lalui hari ini. Nggak heran kalau kamu jadi merasa hidupmu lebih bermakna.

Jika kamu sangat peduli dengan orang lain dengan selalu menanyakan kabarnya, kamu juga harus melakukan hal itu untuk dirimu sendiri. You should love your self first. Untuk diri kita sediri, yang jarang kita pedulikan dengan tidak pernah menanyakan kabar sama sekali, yourself is your priority. Kasarnya siapa sih yang akan peduli pada diri kita kalau bukan kita sendiri? Siapa pula yang akan mencintai diri kita kalo bukan diri kita sendiri? 

Biarkan saja orang lain tidak suka kepada kita, tapi jangan sampai diri kita ikut membenci dirinya sendiri. Mencintai diri sendiri adalah tameng agar kita tidak mudah dijatuhkan oleh orang lain. Sering mendengar kata-kata jangan pernah gantungkan harapan kepada orang lain kan, kalo tidak ingin kecewa.  

Nah, untuk meminimalisir rasa kecewa atau ketergantungan kita akan harapan pada orang lain, salah satu caranya kita harus bisa mencintai diri sendiri. Mungkin bagi sebagian orang mencintai diri sendiri itu susah bahkan sangat susah, terus bingung harus memulai dari mana. 

Advertisement

Mulai sekarang, cobalah dengan menanyakan kabarmu sendiri. Tidak perlu menunggu pertanyaan tersebut keluar dari mulut orang lain. Toh, kebanyakan dari kitapun, ketika ditanya kabar akan menjawab kalo dirinya baik-baik saja bukan? Beberapa orang mungkin enggan jujur mengatakan bahwa dirinya sedang tidak baik-baik saja. Sebaliknya, mereka mungkin hanya menceritakan kepada orang-orang yang paling di percaya dan orang yang membuat nyaman.  

Untuk itu, cobalah untuk menanyakan kabarmu sendiri mulai malam ini ya. Kalau memang harimu terasa berat, tak apa. Jujurlah pada diri sendiri. Kalau harimu indah, jangan lupa bersyukur. It's okay to be not okay.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

une femme libre

CLOSE