Mencicip Britain? #AyoKeUK!

Apa yang terlintas dalam benak kalian bila mendengar kata “Britain”? Ratu Elizabeth? Manchester United? Oxford? Atau yang lainnya? Ya itu semua memang berkaitan dengan Britania Raya. Banyak sekali hal-hal menarik yang berkaitan dengan Britania Raya atau lebih dikenal dengan sebutan Britain. Sebut saja Charlie Chaplin, sutrada sekaligus aktor legendaris yang selalu mengundang banyak tawa disetiap aksinya ini berasal dari Inggris loh! dan Inggris juga merupakan bagian dari Britania Raya. Mungkin ada diantara kalian yang berpikir, “Kok Inggris bagian Britania Raya? Bukannya beda?”

Advertisement

Jadi, Britania Raya merupakan negara kesatuan dari empat negara lainnya, antara lain Inggris, Irlandia Utara, Skotlandia dan Wales. Itu lah penyebab munculnya istilah “negara dalam negara”. Karena persatuan empat negara tersebut, Britania Raya juga dikenal dengan sebutan United Kingdom (UK) dengan Ratu Elizabeth II sebagai kepala negara. Sistem pemerintahan di Britain -saya akan menggunakan Britain untuk seterusnya- menggunakan sistem parlementer, di mana perdana menteri bertindak sebagai kepala pemerintahan dan monarki konstitusional.

Seperti negara-negara pada umumnya, Britain memiliki ikon-ikon wisata yang amat terkenal akan keunikan dan keindahannya. Sebut saja London Eye, sebuah bianglala besar yang berada di ibukota Inggris ini sudah tak asing lagi di telinga dunia. Disebut London Eye karena bentuknya yang menyerupai bola mata besar dan terletak di London.

Para wisatawan yang datang ke London tidak akan pernah melewatkan kesempatan untuk berfoto di London Eye loh! Terlebih di malam hari dengan cahaya-cahaya yangberpendar indah.

Advertisement

Nah tempat wisata lain yang ada di Britain adalah Madame Tussauds London. Sesuai namanya, Madame Tussauds ini juga terletak di kota London. Tempat wisata ini menampilkan patung lilin dengan objek semua orang-orang ternama di dunia dan dibuat sangat mirip dengan aslinya, baik para seniman, pemimpin dunia, aktor atau aktris, penulis, atlet dan banyak lagi. Untuk para penggemar yang belum punya kesempatan untuk bertemu langsung dengan idolanya, tempat ini menjadi destinasi yang sangat cocok untuk dikunjungi.

Beralih dari bangungan-bangunan, kali ini ada sebuah tempat wisata di Britain yang bernuansa alam, yaitu Queen Mary’s Garden. Sebuah tempat di mana pengunjung dapat bersantai sambil melihat hamparan bunga mawar, yang banyaknya kurang lebih 12.000 mawar dengan berbagai warna dan jenis. Di taman disediakan tempat-tempat duduk untuk para pengunjung. Disarankan untuk datang ke taman ini pada minggu kedua bulan Juni, sebab semua bunga akan bermekaran dengan baik pada saat itu.

Walaupun bunga mawar menjadi ikon dari Queen Mary’s Garden bukan berarti tidak ada bunga lainnya loh, sebab kenyataannya ada banyak sekali bunga-bunga jenis lain yang memperindah taman ini. Di taman yang acapkali disebut taman romantis ini telah tersedia kafe-kafe sehingga para pengunjung tidak perlu khawatir apabila kelelahan maupun lapar.

Sama halnya dengan Indonesia yang memiliki Jam Gadang, Britain memiliki sebuah jam besar yang menjadi landmark kebanggan, yakni Big Ben. Sebuah jam besar yang sudah berumur (kurang lebih) 150 tahun ini terletak di kota London. Kata Big Ben sendiri merujuk pada sebuah lonceng besar yang terletak di balik besarnya jam, yang beratnya mencapai 13 ton. Tidak ada yang akan melewatkan kesempatan untuk mengabadikan momennya ketika di sini loh!

Beralih dari London, Irlandia memiliki tempat-tempat wisata dengan panorama alam yang sangat indah. Berbeda dengan London yang didominasi tempat wisata dalam bentuk bangunan, sebagian besar tempat wisata di Irlandia berwujud panorama alam.

Wisata alam yang pertama ialah Pulau Great Blasket. Pulau Great Blasket ini masih sangat asli-belum terjamah- sekali. Terdapat pegunungan yang indah dengan berbagai satwa liar yang tinggal di sana. Dari atas pegunungan para pengunjung dapat melihat hamparan air laut yang sangat menyejukkan mata. Apabila ingin menenangkan diri dari hiruk pikuk kehidupan, Pulau Great Blasket ini sangat cocok untuk didatangi. Satwa liar yang ada tidak hanya di atas pegunungan, namun juga di atas air, seperti anjing laut. Hanya bermodal makanan ringan, para pengunjung sudah dapat menikmati panorama yang luar biasa ini.

Objek wisata selanjutnya adalah Ring of Kerry atau Cincin Kerry. Disebut cincin karena bentuknya yang seperti cincin. Ring of Kerry merupakan objek wisata yang lintasannya menyerupai cincin. Ring of Kerry tidak menyuguhi satu panorama saja, tetapi ada banyak panorama yang sangat indah saat melewati cincin ini. Biasanya, mengintari Ring of Kerry menggunakan sebuah bus wisata yang sudah disediakan. Ring of Kerry sangat luas karena menggabungkan titik-titik objek wisata yang kemudian disatukan menjadi bentuk cincin. Meskipun memakan waktu yang cukup lama untuk mengintarinya, para pengunjung jarang mengeluhkan hal itu, sebab selama perjalanan mereka akan disuguhkan pemandangan yang tidak akan pernah membosankan.

Nah tadi adalah segitir kecil dari tempat wisata dengan panorama yang luar biasa di Britain-dan masih banyak sekali yang lainnya-.

Setiap negara pasti memiliki keindahannya masing-masing, baik keindahan yang berasal dari alam maupun yang tidak. Oleh karena itu, tidak ada salahnya ‘kan apabila ingin menikmati keindahan di setiap negara? Mungkin Britain?

Ayo! Segera jelajahi Britain! dan cicipi panoramanya!


#AyoKeUK #WTGB #OMGB


Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya