Nggak Perlu Jadi Orang Lain untuk Dicintai. Jadilah Dirimu Sendiri Maka Cinta Akan Mengikuti

mencintai diri sendiri

Perempuan-perempuan Indonesia kerapkali khawatir tentang penampilan fisik, entah itu jerawat, kulit yang tidak begitu cerah atau putih, berat badan yang belum ideal, rambut yang keriting, hingga hal-hal yang memang natural seperti bulu-bulu halus di wajah. Mengapa ya dalam hal penampilan, wanita akan lebih awas diri dan diperhatikan ketimbang laki-laki dan kerap kali yang dipuji dari seorang wanita itu adalah penampilannya.

Advertisement

Insecure, kalau orang banyak bilang, seperti filmnya imperfect yang mengisahkan kehidupan Rara yang diperankan Jessica Mila yang dikatakan kelebihan berat badan dan mulai berubah. Sebenarnya tentu saja berubah boleh-boleh saja, tapi tentu saja dalam perjalanannya niatnya ditujukan untuk diri sendiri, bukan untuk orang lain. Sayangnya dalam hal Rara dia mulai berubah untuk mendapat sanjungan dan diterima oleh kelompok lain, dan dia malah meninggalkan orang-orang yang justru menerima dia apa adanya.

Ada Dika, pacarnya yang menyukainya apa adanya, walau kata orang, yang bahkan keluarganya sendiri Rara perlu diet, Dika tidak pernah berujar seperti itu, bahkan selalu menganggap Rara itu cantik dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Sebenarnya Rara tidak perlu insecure seperti itu, karena orang-orang yang menyukainya akan tetap menyukainya selama dalamnya Rara tidak berubah, justru orang-orang seperti itu yang pantas masuk ke dalam kehidupan kita, orang-orang yang melihat dalamnya kita tanpa melihat penampilan fisik kita. Orang-orang yang akan selalu memuja kita cantik apa adanya kita. Orang-orang seperti itulah yang perlu kita keep, kita jaga, bukan orang yang sibuk mengkritisi dan mengomentari penampilan kita dengan beralasan itu semua mereka lontarkan demi kebaikan kita sendiri, agar lebih mawas diri, katanya. Orang-orang yang malah menjadikan kita merasa kalau penampilan kita ini bermasalah, bikin kita jadi enggak percaya diri, dan menganggap rendah diri kita seakan diri kita yang sekarang ini tidak cukup berharga.

Tapi bukan berarti kita tidak perlu menjaga diri, tentu saja kita harus merawat diri kita untuk kesehatan kita sendiri. Makan-makan yang seimbang dan merawat tubuh adalah salah satu cara mencintai diri kita sendiri. Tapi kalian perlu ingat jangan pernah melakukannya atas dasar alasan demi orang lain, lakukanlah demi kebaikan kalian sendiri. Selain itu, enjaga kesehatan pikiran dari orang-orang yang membuat kita insecure juga penting, itu salah satu cara juga untuk mencintai diri kita sendiri. Jadi jangan terlalu dimasukkan hati dan pikiran omongan orang-orang yang seperti itu. Bahkan kalau bisa orang-orang seperti itu tidak perlu kita masukkan dalam inner circle kita, sayangnya kadangkala justru orang-orang seperti itu berasal dari lingkaran terdekat, seperti keluarga. Satu-satu yang mungkin bisa kita lakukan adalah sebisa mungkin mengontrol pikiran kita agar tidak terlalu menganggu kesehatan mental kita dan menghilangkan kepercayaan diri diri.

Advertisement

Jika kamu ingin berubah menjadi lebih baik lakukanlah untuk dirimu sendiri. Tidak perlu lah sampai menyesuaikan diri hanya agar perlu dianggap oleh mereka yang memberikan justifikasi dengan standar yang sama kepada semua orang, seperti kulit harus putih, badan harus montok, wajah harus glowing dan lain sebagainya. Kita bukanlah para artis seperti Dian Sastro atau Julie Estelle kok yang penampilannya memang harus dijaga karena mereka adalah public figure. Selama bagimu menyenangkan menjadi dirimu tetaplah menjadi dirimu apapun yang orang lain katakan.

Jadi yuk belajar mencintai diri sendiri! Nggak perlu insecure lagi soal penampilan, yuk percaya diri dengan bagaimanapun penampilan kamu! Orang yang mencintaimu akan tetap mencintaimu bagaimanapun rupamu, wajahmu yang mungkin berjerawat, badanmu yang mungkin tidak ideal ataupun kulitmu yang mungkin tidak seputih orang lain. Orang yang mencintaimu akan selalu menganggapmu cantik di matanya, orang yang mencintaimu tidak akan peduli anggapan orang lain tentangmu, orang yang mencintaimu akan selalu membantumu merasa percaya diri bukan justru merendahkanmu dengan kritikan mengenai bentuk badan atau penampilanmu.

Yuk belajar lebih dan lebih meyayangi dirimu karena cuma ada satu kamu di dunia ini, dan karena itulah kamu berharga! Karena kamu cukup berharga, carilah orang yang juga menghargai dan menyayangi dirimu dengan cara yang sama seperti kamu menghargai dan menyayangi dirimu sendiri! Jadilah apa adanya kamu sehingga orang yang benar-benar mencintai dan menerima dirimu apa adanya bisa kamu temukan!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE