Menciptakan Generasi Milenial yang Cinta Lingkungan

Alam

Lingkungan atau alam merupakan sebuah karya Tuhan yang sangat indah untuk kita jaga dan rawat dengan sepenuh hati. Manusia dengan lingkungan adalah suatu hubungan erat yang tidak dapat dipisahkan. Karena lingkungan yang sehat dan indah tercipta dari manusia yang mau menjaga dan merawat keindahannya. 

Advertisement

Di era saat ini, lingkungan haruslah menjadi perhatian dunia. Kerusakan alam yang terjadi akibat ulah manusia semakin hari semakin meningkat. Jika terus dibiarkan, hal ini akan mengakibatkan kerusakan lingkungan serta keseimbangan ekosistem terganggu.

Maka dari itu, sudah menjadi tugas dan tanggung jawab bagi setiap individu untuk menjaga dan merawat lingkungan. Dalam memenuhi tugas dan tangung jawab tersebut, sangatlah diperlukan manusia yang memiliki karakter baik (cinta alam). Terlebih karakter tersebut ada pada generasi mendatang. Lalu bagaimana membentuk karakter tersebut pada generasi millenial?

 Dalam membentuk sebuah karakter yang baik maka diperlukan sebuah pedidikan karakter. Pendidikan karakter sendiri bermakna upaya penanaman nilai-nilai karakter kepada individu, yang wajib dikenalkan dan ditanamkan sejak usia dini. Nilai-nilai yang ditanamkan yaitu pengetahuan, kesadaran, kemauan, dan tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut. Salah satu karakter yang wajib diterapkan terhadap generasi milenial yaitu karakter cinta lingkungan.

Advertisement

Saat seseorang mencintai lingkungan itu berarti ia memiliki sikap peduli terhadap lingkungan. Sikap inilah yang nantinya membuat kelangsungan alam terjaga, menjadi upaya pencegahan kerusakan di alam sekitarnya serta menjadi pengembangan dalam memperbaiki kerusakan lingkungan yang sudah terjadi. 

 Pendidikan karakter ini dapat diterapkan dalam lingkungan pendidikan seperti sekolah, universitas, dan lainnya. Pihak kampus atau sekolah dapat mengadakan program atau kegiatan alam seperti Go Green and Clean dengan melibatkan anak didiknya secara langsung. Program ini tidak hanya menciptakan karakter peduli pada lingkungan atau mencintai dan merawatnya, namun juga mengajak generasi muda dalam praktek dan terjun secara langsung agar generasi mendatang dapat mengetahui bagaimana cara menjaga dan merawat lingkungan di sekitarnya.

Melalui program ini diharapkan dapat memberi manfaat serta melatih anak didik disekolah maupun kampus agar mencintai lingkungan sejak dini, dengan cara memelihara lingkungan yang diawali dengan lingkungan pendidikan. Adapun kegiatan-kegiatan yang bisa diterapkan dalam lingkungan pendidikan seperti kegiatan olah sampah, kegiatan piket pagi dan kerja bakti, kegiatan mencuci tangan dengan baik dan benar, kegiatan kerapian diri, serta kegiatan perawatan taman dan lingkungan sekolah. Kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin di sekolah maupun kampus agar terciptanya nuansa lingkungan yang asri nan indah yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar dengan baik.

 Demikianlah beberapa ulasan mengenai pembentukan karakter guna terciptanya generasi yang cinta dan peduli terhadap lingkungan. Saya berharap generasi muda atau yang akrab dengan sebutan milenial, akan membawa perubahan baik dengan mau menjaga dan merawat alam dimasa yang akan datang. Karena alam merupakan titipan Tuhan yang harus kita jaga dan rawat dengan baik. Maka, sudah selayaknya kita berbuat baik terhadap alam dengan tidak berbuat kerusakan yang lebih besar dimasa mendatang.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE