Menemukan Arti Hidup dengan Bermanfaat bagi Hidup Orang Lain

Bermanfaat bagi orang lain

Hari demi hari menjadi semakin sulit. Hari-hari ini, mencari pekerjaan semakin sulit, banyak usaha terpaksa harus tutup, virus Corona pun semakin bermutasi. Tekanan kehidupan semakin meningkat, baik itu dalam keluarga, sekolah apalagi dalam pekerjaan. Ketimpangan sosial ekonomi memberi dampak pada akses kesehatan, sehingga pandemi Covid-19 semakin rumit.

Advertisement

Terlepas dari semua kerumitan hidup ternyata di balik semua penderitaan ini terdapat sebuah arti hidup yang mendalam. Pada masa Corona ini, kita yang dulunya boros menjadi lebih hemat, kita yang dulunya menjadi karyawan kini memutar otak dan memulai sebuah usaha, kita yang dulunya pelit dan suka pamer akhirnya mengerti arti memberi. Corona telah banyak mengubah kita, terutama tentang menjaga kesehatan. Kita yang dulunya makan dengan tangan yang tidak dicuci sekarang sering cuci tangan. 

Di masa sulit seperti ini, memiliki makanan, pakaian, dan tempat tinggal sudah bisa dikatakan sangat sejahtera bila dibandingkan dengan mereka yang kelaparan, tidak punya pakaian, dan tidak punya tempat tinggal. Kesehatan menjadi hal yang paling berharga dibanding apapun. Pengorbanan keuangan takkan mampu membayar keadaan sejahtera tubuh dan jiwa. 

Sesulit apapun masa ini, carilah orang yang dapat kita bantu. Kerelaan hati kita menolong orang lain akan membuat kita mengerti arti hidup ini. Bahwa kita tidak hanya hidup buat diri kita sendiri tapi bagi orang lain juga. Bantulah orang menurut kerelaan hati bukan karena terpaksa atau karena imbalan. Bantulah sedapat mungkin meskipun mereka tidak dapat memberi balas sebagai imbalan. Hidup ini bukan buat kita sendiri saja namun kita hidup untuk membuat hidup orang lain berarti. Melalui pemberian kita, hidup seseorang terubahkan. Jangan pernah menyerah menjadi orang yang rela membagikan arti hidup kepada mereka yang tertolak dan tidak terpandang.

Advertisement

Seberapa pun pemberian kita, baik besar atau kecil pastinya akan memberi dampak yang besar bagi seseorang. Hidup ini akan menjadi indah jika mereka yang lapar bisa mendapat makanan dan kenyang, mereka yang tak memiliki pakaian bisa mendapat pakaian yang memberi kehangatan, mereka yang tidak punya tempat untuk pulang diberi ruang untuk tinggal dan bertahan hidup.

Sesulit apapun pandemi ini namun hati kita harus selalu mudah untuk membantu orang lain. Jadilah seseorang yang berdampak pada duniamu, lingkungan yang dapat kamu jangkau. Memberi tidak selalu harus uang, bagilah ilmu yang kamu miliki pada mereka yang tidak mengenal angka dan huruf. Bersahabatlah dengan lansia yang hidup sebatang kara. 

Dalam hidup ini kita dapat menemukan arti hidup melalui hidup orang lain. Hari demi hari mungkin semakin sulit namun percayalah semua hal akan menjadi lebih baik. Kesulitan ini memberikan hikmah yang berharga bagi kita.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

I am a learner

CLOSE