Kelor atau dikenal dengan nama canggih-nya, Moringa, merupakan salah satu tanaman ajaib yang sudah dibudidayakan selama berabad-abad di Indonesia. Namun, banyak masyarakat yang belum mengetahui khasiat dari Moringa dan tidak memanfaatkannya karena keterkaitannya dengan hal-hal mistis.

Fakta membuktikan bahwa Moringa memiliki segudang khasiat yang bermanfaat bagi manusia. Dari sejak peradaban Mesir kuno, Moringa telah dimanfaatkan untuk memurnikan air kotor menjadi air bersih yang layak dikonsumsi.

Advertisement

Di zaman moderen, para ahli dan organisasi kesehatan dunia telah melakukan penelitian terkait gizi yang dikandung dan mengakui bahwa tanaman ini memang ‘mistis’ karena memiliki zat besi yang 3 kali lipat lebih tinggi dari bayam, 5 kali lipat potassium yang dikandung pisang, serta 2 kali lipat vitamin C dari jeruk!

Selama ini, Moringa cenderung dimanfaatkan untuk bahan baku obat-obatan, terutama produk perawatan kulit. Beberapa saat yang lalu, pakar kecantikan wanita Indonesia, meluncurkan set kosmetik Beauty Queen Series yang memanfaatkan Moringa sebagai bahan baku utamanya.

Para ahli mendapatkan fakta bahwa tanaman moringa memiliki manfaat bagi kecantikan dengan kandungan lebih dari 30 jenis antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas. Ekstrak biji Moringa juga mengandung vitamin C yang tinggi, membantu tubuh memproduksi kolagen yang dapat mengurangi kerutan dan garis halus serta memperkencang kulit wajah yang telah mengendur.

Advertisement

Penelitian juga menemukan bahwa kulit manusia memiliki anti-irritant alami yang meningkatkan mekanise pertahanan kulit sehingga tidak mudah terserang penyakit kulit, penuaan, dan bintik-bintik coklat pada wajah.

Tidak hanya bagi kulit wajah, ekstrak biji moringa juga punya khasiat bagi kesehatan rambut. Moringa dapat membersihkan rambut dari polusi, debu dan kotoran, serta zat kimia yang diaplikasikan pada rambut. Namun, masih sedikit produk perawatan rambut yang memanfaatkan moringa sebagai bahan bakunya.

Seperti pepatah “Sambil menyelam minum air,” kosmetik dan alat kecantikan yang menggunakan ekstrak biji moringa dapat mempercantik penampilan sekaligus merawat kulit wajah. Girls, kamu bakal untung banyak dengan menggunakan alat kosmetik dan make up berbahan baku tanaman Moringa alias kelor!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya